Pengaruh Status Sosial Ekonomi Keluarga Terhadap Motivasi Siswa SMAN 11 Makassar Untuk Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi

Main Article Content

Moh Nurisno Kurniawan
Samirah Dunakhir
Hariany Idris

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh status sosial ekonomi terhadap motivasi melanjutkan pendidikan pada siswa di SMAN 11 Makassar. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas status sosial ekonomi (X) dan variabel terikat motivasi melanjutkan pendidikan (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XII yang berjumlah 394 siswa dan sampel yang digunakan sebanyak 79 siswa serta menggunakan teknik purposive sample. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase, uji instrumen, dan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS 29 For Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis regresi linier sederhana status sosial ekonomi diperoleh Y=40,251+0,224X. Nilai koefisien regresi sebesar 0,718 yang berarti jika status sosial ekonomi (X) meningkat satu satuan, maka motivasi melanjutkan pendidikan (Y) meningkat sebesar 0,718 satuan. Hasil uji koefisien determinasi (r2) sebesar 0,142 atau sebesar 14%. Hal ini menunjukkan bahwa status sosial ekonomi memberikan kontribusi sebesar 14% terhadap motivasi melanjutkan pendidikan, sedangkan sisanya sebesar 86% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan hasil uji t diperoleh signifikansi sebesar 0,001, nilai ini menunjukkan bahwa taraf signifikansi lebih kecil dari 5% (0,05). Hal ini menunjukkan bahwa status sosial ekonomi berpengaruh signifikan terhadap motivasi melanjutkan pendidikan. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu “status sosial ekonomi keluarga berpengaruh positif terhadap motivasi melanjutkan perguruan tinggi” dinyatakan “diterima”.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Moh Nurisno Kurniawan, Samirah Dunakhir, & Hariany Idris. (2025). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Keluarga Terhadap Motivasi Siswa SMAN 11 Makassar Untuk Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(4), 301–312. https://doi.org/10.56799/jceki.v4i4.8507
Section
Articles

References

Amiman, R., Mokalu, B., & Tumengkol, S. (2022). Peran Media Sosial Facebook Terhadap Kehidupan Masyarakat Di Desa Lalue Kecamatan Essang Kabupaten Kepulauan Talaud. Journal Ilmiah Society, 2(3), 1–9.

Amruddin. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif (F. Sukmawati (Ed.)). Pradina Pustaka.

Anggraini, D. (2020). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Minat Belajar Terhadap Motivasi Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kealas XI SMA Swasta AL-Washliyah Pasar Senen Medan.

Arianah. (2019). Utility: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi. Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Siswa Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Kelas Xii Sma Muhammadiyah 2 Karang Tengah, 3(1). https://doi.org/10.30599/utility.v3i1.556

Arikunto, S. (2018). Dasar-dasar evaluasi pendidikan.

Badan Pusat Statistik Persentase Penduduk Umur 15 tahun ke Atas Menurut Klasifikasi Desa, Jenis Kelamin, dan Jenjang Pendidikan Tertinggi yang Ditamatkan, 2009-2023 - Tabel Statistik - Badan Pusat Statistik Indonesia. (2024). https://www.bps.go.id/id/statistics-table/1/MTYxMCMx/percentage-of-population-15-years-of-age-and-over-by-urban-rural-classification--sex--and-educational-attainment--2009-2023.html

Budiman, A. (2023). Kesejahteraan Psikologis Pasien Pasca COVID-19. Pena Persada Kerta Utama.

Darma, B. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). Guepedia.

Durrotunnafisa, D., & Rosy, B. (2024). Pengaruh Pendidikan Orang Tua, Pendapatan Orang tua, dan Prestasi Belajar terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(4), 2916–2926. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i4.7025

Fair, E. (2014). Gagasan Mahasiswa Untuk Menjawab Jendela Kesempatan Bonus Demografi. Deepublish.

Firmansyah. (2021). Analisis Perbedaan Individual dan Implikasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(3). https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i3.1695

Firmiana, M. E., Rahmawati, S., & Imawati, R. (2016). “Mewah menuju Rahmatullah” : Pengaruh Status Sosial Ekonomi terhadap Persepsi Masyarakat Mengenai Trend Pemakaman Mewah Masyarakat Muslim. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 2(4), 282. https://doi.org /10.36722/sh.v2i4.176

Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25. Universitas Diponegoro.

Hidayat, R., & Abdillah. (2019). Ilmu Pendidikan “Konsep, Teori dan Aplikasinya” (M. P. Dr. Candra Wijaya, M.Pd Amiruddin (Ed.)).

Khadijah, S. (2017). Analisis Minat Peserta Didik untuk Melanjutkan Pendidikan Tinggi. JPIS: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2), 178–188. http://ejournal.upi.edu/index.php/jpis

Khairinal, K., Syuhadah, S., & Aminah, S. (2022). Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua, Potensi Diri, Dan Dukungan Teman Sebaya Terhadap Keputusan Siswa Memilih Universitas Jambi. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 754–762. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1137

Mawardi, M. M. (2020). Path Analysis Pengaruh Budaya Organisasi dan Motivasi Berprestasi terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Marinal Indoprima. Bayan Lin-Naas: Jurnal Dakwah Islam, 4(1), 1–10. https://ejournal.idia.ac.id/index. php/bayanlinnaas/article/view/930%0Ahttps://ejournal.idia.ac.id/index.php/bayan-linnaas/article/viewFile/930/669

Mona, D. (2023). Status Sosial Ekonomi Orang Tua Sebagai Faktor Risiko Terjadinya Eearly Chilhood Caries (M. Deli (Ed.)). Penerbit Adab.

Mudjiran. (2021). Psikologi Pendidikan: Penerapan Prinsip-prinsip Psikologi dalam Pembelajaran. Prenada Media Group.

Muhfizar, D. (2020). Pengantar manajemen (Teori dan Konsep). In Hartini (Ed.), Suparyanto dan Rosad (Vol. 5, Issue 3). Media Sains Indonesia.

Nanda, salsabila. (2023, December 8). Jadwal SNBP 2024, Syarat, Tahapan & Ketentuan Barunya. https://www.brainacademy.id/blog/informasi-lengkap-snmptn-snbp

Nugraha, A. (2019). Pentingnya Pendidikan Berkelanjutan Di Era Revolusi Indutri 4.0. Majalah Ilmiah Pelita Ilmu, 2(1). https://doi.org/10.37849/MIPI.V2I1. 118

Nurdin, I. (2018). Jurnal Mipa. Penerapan Kombinasi Metode Ridge Regression (RR) Dan Metode Generalized Least Square (GLS) Untuk Mengatasi Masalah Multikolinearitas Dan Autokorelasi. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php /JM/article/view/16384

Nurhadiyanti, S. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 Piyungan Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi UNY.

Nursyaidah. (2014). faktor yang mempengaruhi peserta didik. 70–79.

Permanasari, R. (2021). Scientia Sacra : Jurnal Sains, Teknologi dan Masyarakat. Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Dan Pendidikan Orang Tua Terhadap Motivasi Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi, 2(2). http://www.pijarpemikiran.com/index.php/Scientia/article/download/154/138

Rahman, S. (2021). Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar “Merdeka Belajar dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0.” Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1076

Rasyid, H. (2015). Membangun Generasi Melalui Pendidikan Sebagai Investasi Masa Depan. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 565–581. https://doi.org/10.21831/jpa.v4i1.12345

Ridho, M. (2020). Teori Motivasi Mcclelland dan Implikasinya dalam Pembelajaran PAI. Palapa, 8(1), 1–16. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.673

Riyanto, S. . (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Deepublish.

Sab’ngatun. (2022). Buku Ajar Dokumentasi Kebidanan (Sekaringtyas. (Ed.)). Deepublish.

Saleh, A. (2015). Pengertian, Batasan, dan Bentuk Kelompok. https://repository.ut.ac.id/4463/1/LUHT4329-M1.pdf

Siregar. (2021). faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi siswa melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi pada siswa SMA Negeri 2 Argamakmur Bengkulu Utara. Ekonomic Edu, 147.

Siregar, S. (2017). Metode Pemilihan Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Prenada Media.

Sitinjak, L., & Kadu, A. U. (2016). Faktor Internal dan Eksternal Yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Mahasiswa Semester IV Akper Husada Karya Jaya Tahun Akademik 2015/2016. Akademi Keperawatan Husada Karya Jaya, 2(2), 23–27.

SMAN 11 Makassar – Website Resmi SMA Negeri 11 Makassar. diakses pada April 24, 2024, from https://sman11mks.com/

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RD. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Preneda Media.

Sujarweni, W. (2014). SPSS untuk penelitian. Pustaka baru Press.

Supardi, S. (2016). Unisia. Populasi Dan Sampel Penelitian, 13(17). https://journal.uii.ac.id/Unisia/article/view/5325

Suryanti, S. (2017). Pengaruh Lingkungan Sekolah Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Motivasi Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa MAN Purwoasri Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Universitas Nusantara PGRI Kediri, 01, 1–7.

Syahputra, A. T., Nurjannah, N., & Arsyam, M. (2020). Pemberian Skor Dan Sistem Penilaian Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 2(1), 1–8.

Syahza, A. (2021). Metodologi Penelitian: Metodologi penelitian Skripsi (Vol. 2, Issue 01). UR PREES.

Syaiful, M. (2022). Pengantar Ilmu Ekonomi (H. F. Ningrum (Ed.)). Penerbit Media Sains Indonesa.

Taufan, A. M. I. (2020). Landasan Pendidikan: Hakikat Dan Tujuan Pendidikan. https://www.researchgate.net/publication/338832544

Timotius, K. H. (2017). Pengantar Metodologi Penelitian: Pendekatan Manajemen Pengetahuan untuk Pengembangan Pengetahuan (Putri). Penerbit Andi.

Umanailo, M. C. B. (2015). Masyarakat Buru Dalam Prespektif Kontemporer (Kajian Kritis Perubahan Sosial di Kabupaten Buru) (Issue March 2015). Mega Utama.

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun. (2003).

Uno, H. B. (2023). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara.

Wahyu. (2023). Pengaruh kondisi sosial ekonomi dan pendidikan orang tua terhadap motivasi melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi. Jurnal Maslahah,

Wahyuni, S. (2020). Pengantar Manajemen Aset. In cv. Nas Media Pustaka. Peerbit Nas Media Pustaka.

Warpuah. (2022). Analisi Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Umkm Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Umkm Kluban Di Banjaratma). Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 2(1), 49–57. https://doi.org/10.51903/jiab.v2i1.154

Watoni, M. S. (2017). Pengaruh Status Sosial, Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Kondisi Ekonomi terhadap Motivasi Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi pada Siswa Ma Palapa Nusantara. Jurnal Muta’aliyah, 1(1), 194–214. https://www.neliti.com/id/publications/181414/

Wijianto, W., & Ulfa, I. F. (2016). Pengaruh Status Sosial dan Kondisi Ekonomi Keluarga terhadap Motivasi Bekerja bagi Remaja Awal (Usia 12-16 Tahun) di Kabupaten Ponorogo. Al Tijarah, 2(2), 190. https://doi.org/10.21111/tijarah.v2i2.742

Yusrizal. (2016). Pengukuran & Evaluasi Hasil dan Proses Belajar. https://books.google.co.id/books?id=Sj6VEAAAQBAJ&pg=PA18&dq=skala+pengukuran+menggunakan+skor&hl=id&newbks=1&newbks_redir=0&sa=X&ved=2ahUKEwjs_YD4kI6KAxVU2jgGHS56KzcQ6AF6BAgHEAI#v=onepage&q=skala pengukuran menggunakan skor&f=false