Pengaruh Consumer Ethnocentrisme, Customer Review dan Perceived Quality Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Skincare Somethinc Di Kota Mataram
Main Article Content
Abstract
Perkembangan dunia bisnis saat ini semakin meningkat, salah satunya dalam bisnis kecantikan atau perawatan kulit wajah yang biasa disebut juga dengan skincare yang pada dasarnya untuk merawat kulit wajah agar terlihat lebih cerah dan sehat. Banyaknya brand skincare internasional di Indonesia dan brand-brand lokal yang mulai membuktikan bahwa brand skincare lokal mampu bersaing dengan brand internasional. Salah satu brand lokal yang mampu bersaing adalah brand skincare somethinc. Banyak konsumen menganggap bahwa menggunakan brand lokal lebih baik daripada brand internasional, hal ini dikarenakan sikap nasionalisme dan kesadaran untuk membantu perkembangan perekonomian nasional yang cukup tinggi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Pengaruh Consumer Ethnocentrisme, Customer Review Dan Perceived Quality Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Skincare Somethinc Di Kota Mataram. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 100 yang kemudian dilakukan olah data menggunakan alat SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Customer Ethnocentrisme (X1) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen (Y). variabel Customer Review (X2) memiliki pengaruh negative dan signifikan terhadap minat beli konsumen (Y), variabel Perceived Quality (X3) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli (Y). Dan variabel customer ethnocentrisme, customer review dan perceived quality berpengaruh signifikan secara simultan terhadap minat beli (Y).
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Adji, W. D. (2022). Analisis Pengaruh Customer Review dan Kualitas Pelayanan Terhadap keputusan Pembelian. Jurnal Witana.
Ahmad, P. A. (2020). Pengaruh Consumer Ethnocentrism, Brand Image dan Product Knowledge Terhadap Keputusan Pembelian Produk Buatan Indonesia. journal ekonomi.
Alamsyahbana, & Isa, M. (2023). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Media Sains Indonesia.
Amanda, F. N. (2018). Pengaruh Country Of Origin,Consumer Ethnocentrisem Consumer Involvement Dan Perseived Quality Pada Perchase Intention.
Andriani, Fitri., N., Setiawan, & Hendra., A. (2020). Analisis Preferensi Konsumen terhadap Penggunaan Produk Skincare Korea Selatan dan Lokal. Jurnal Ekonomi dan Bisnis.
Anwar, F. A. (2022). Pengaruh Brand Image, Perceived Quality, Perceived Price Terhadap Minat Beli. journal management.
Ardianti, & Widiartanto. (2019). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shoppe. jurnal ilmu administrasi bisnis.
Arqisyah, M. (2020). Analisisn Pengaruh Customer Review terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Kosmetik. journal ekonomi.
Compas.com. (2024). 10 Brand Skincare Lokal Terlaris di Online Marketplace. Compas.co.ic.
Dafa, A. (2024). Pengaruh App Quality, Flash Sale, Dan Shopping Lifstyle Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen Tokopedia Di Mataram. journal management.
Darmawan, S. (2023). Ethnocentrism Konsumen, Sensitivitas Budaya, Kredibilitas Merek terhadap Niat Pembelian Merek Wardah Kosmetik Dalam Negri. Administrasi dan Manajemen.
Databoks.co.id. (2024). Daftar 10 Merek Serum Wajah Terlaris di E-Commerce. Databoks.co.id. https://databoks.katadata.co.idunikasi/daftar-10-merek-serum-wajah-terlaris-di-e-commerce-ada-favoritmu
Echdar Saban. (2017). Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis.
Elida, S. S. (2015). Wajah Ethnocentrisme Konsumen Di Indonesia Di Pandang Dari Cermin CETSCALE. Proseding Konfrensi Nasional. https://courses.lumenlearning.com/wm-introductiontosociology/chapter/ethnocentrism-and-cultural-relativism/
Fimela. (2023). Survei Menunjukkan 90% Perempuan Indonesia Pilih Brand Makeup Lokal. Fimela Reporter.
Firdaus, M., Aisyah, S., & Farida, E. (2023). Pengaruh Customer Review, Customer Rating, Celebrity Endorser terhadap minat beli melalui kepercayaan di online Shop Shoppe. journal management.
Hamzah, N. (2019). Cintai Brand Lokal, Yuk Kenalan dengan Produk “Somenthinc” yang Terinspirasi dari Kaum Milenial. Beautynesia.
Hardani, dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. CV Pustaka Ilmu.
Hernita, K. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Word Of Mouth, Destination Image dan Destination Branding Terhadap Minat berkunjung Di wisata Pantai Ria Kenjeran. Journal of Marketing Management. https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3747/1/15430100022-2019-STIKOMSURABAYA.pdf
Irvan, N. F., M, L., & H, L. M. (2024). Pengaruh Customer review Dan Minat Beli Terhadap Keputusan Pembelian Online. MARS Journal, 4.
Kotler, & Keller. (2012). Marketing Management Pearson Printice Hall. Dalam Jurnal Hernita Kurniasari. https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3747/1/15430100022-2019-STIKOMSURABAYA.pdf
Kuncoro. (2013). Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: UPP STIM YKPN. ekonomi dan bisnis.
Laraswati, C., & Harti Harti. (2022). Pengaruh perceived Quality dan etnosentrime konsumen terhadap minat beli produk lokal. Ekonomi Bisnis dan Manajemen.
Mahafi, P., & A, P. H. (2019). Pengaruh Perceived Quality, Harga Dan Lifestyle Terhadap Minat Beli Produk Oldman.Co. journal bisnis.
Mangkunegara, & Anwar Prabu. (2019). Perilaku Konsumen. Ddalam Jurnal Hernita Kurniasari. https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3747/1/15430100022-2019-STIKOMSURABAYA.pdf
Masyita, E., & Harahap, K. K. . (2020). Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Sebelum dan Sesudah Intial Public Offering (IPO). Jurnal Mirai Management.
Moningka, C., & Karuni, B. (2020). Consumer Ethnocentrisme. Buletin KPIN, 6(2477–1686).
Muhajirin. (2018). Pengaruh Ethnocentrisme Konsumen dan Persepsi Produk Domestik. jurnal humanis.
Mulyono. (2019). Matematika dan Statistik Bisnis Manajemen. Manajemen.
Muskihati, & Putri, R. (2021). Pegaruh Perceived Quality, Brand Image, dan Word of Month terhadap Keputusan pembelian produk kosmetik Wardah di Kota Pekanbaru. Jurnal manajemen dan bisnis.
Nurhasana, E., & Kryaningsih. (2021). Pengaruh Brand Image dan Perceived Quality terhadap Minat Beli Pada Website Sophie Paris. journal bisnis.
Nursalam. (2013). Metodologi Penelitian Ilmu keperawatan : pendekatan Prakti. Jakarta:Salemba Medika.
Permatasari, A. M. (2017). Pengaruh Perception Of Green Product Brand Personality Dan Perceived Quality Terhadap Minat Beli (Studi Empiris Yang Dilakukan Pada Konsumen Produk Naava Green Cabang Yogyakarta). journal management.
Permatasari, I. M. (2015). Analisis Pengaruh Consumer Ethnocentrism Dan Perceived Value Terhadap Minat Beli Konsumen Dengan Peran Brand Image Sebagai Mediator. journal ekonomi.
Purbohastuti, W. A., & Hidayah, A. A. (2019). Meningkatkan Minat Beli Produk Shopee Melalui Celebrity Endorser.
Ramadhan, I., Chan, A., & Tresna, P. W. (2020). Pengaruh Etnosentrisme Konsumen terhadap Minat Beli Serial Film Superhero Bumilangit Cinematic Universe. Bisnis dan Kewirausahaan, 16.
Ramadhani, M. D. (2018). Pengaruh Etnosentrisme Konsumen, Perceived Quality, Dan Brand Awareness Terhadap Proses Keputusan Pembelian Sepatu Specs Pada Mahasiswa Ukm Olahraga Perguruan Tinggi Di Ciputat. Journal of Marketing Management.
Ramdhani, M. . (2018). Pengaruh Ethnocentrisme konsumen, Perceived Quality, dan Brand Awereness Terhadap Proses Keputusan pembelian Sepatu Olahraga Specs. UIN Jakarta.
Riska, A. N. (2021). Pengaruh Etnosentrisme Konsumen Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Produk Kecantikan Merek Lokal Wardah. journal ekonomi.
Rohman, I. Z., Ivan, A., & Indaryadi, K. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Brand Loyalty, Dan Perceived Quality Terhadap Minat Beli Konsumen Dan Dampaknya Terhadap Intensi Rekomendasi. journal management.
Sari, P., & Dian. (2017). Pengaruh Perceived Quality dan negara asal terhadap Minat Beli SmartPhone Samsung Di Bandar Lampung. journal management.
Sari, P. V. (2018). Pengaruh Consumer Ethnocentrism Dan Citra Perusahaan Terhadap Minat Beli Dengan Citra Merek Global Sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Starbucks Coffee di Yogyakarta). journal management. https://eprints.uny.ac.id/59668/1/ViviePudyanaSari_14808141033.pdf
Septiari, D. E. (2018). Opini Wanita, Konsumen yang Perlu Dimengerti. Harian Jogja.
Somethinc. (2024). Brand Kecantikan Merek Somethinc. Beautyhaul Indonesia.
Stefany, F. E. (2022). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, Foto Produk Dan Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Konsumen. journal ekonomi.
Sugiyono. (2017a). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Sugiyono. (2020). Sampling Dalam Penelitian. " Dalam Metode Penelitian Kuantitatif.
Sugiyono, P. D. (2017b). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Alfabeta.
Sujarweni, V. W. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Pustaka Baru Press.
Syarofi, M., Rusmini, R., & Sa’diyah, H. (2022). Pengaruh Harga Produk Dan Faktor Budaya Terhadap Minat Beli Masyarakat Pada Pasar.
Tjiptono, & Chandra. (2016). Service, Quality & Satifaction. Edisi Keempat. (Andi Offse).
Welsa, S. N., & Henny. (2017). Pengaruh Country Of Origin, Perceived Quality Dan Consumer Perception Terhadap Purchasing Intention Melalui Brand Image Sepeda Motor Honda Jenis Matic Di Kecamatan Bantul.
Yani, A. M., Ikramuddin, & Rusydi. (2022). Pengaruh Variabel Consumer Nostalgic, Consumer Ethnocentrism, Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Pepsoden. journal of marketing reseacrh.