Analisis Eksploratif pada Faktor Sosial Ekonomi yang Mendorong Mahasiswa Beralih ke Model Bisnis Berbasis Teknologi
Main Article Content
Abstract
Perkembangan teknologi digital telah mengubah pola perilaku sosial dan ekonomi, sehingga mendorong mahasiswa untuk beralih ke model bisnis berbasis teknologi. Maka dari itu eksplorasi faktor sosial ekonomi yang mempengaruhi mahasiswa dalam beralih ke bisnis berbasis teknologi menjadi tujuan dari penelitian ini. Menggunakan metode mix method, penelitian telah diawali dengan wawancara mendalam terhadap 10 mahasiswa pelaku bisnis berbasis teknologi. Hasil analisis dengan NVivo menemukan bahwa terdapat tiga faktor utama yang mendorong mahasiswa untuk beralih ke model bisnis berbasis teknologi yaitu: 1) fleksibilitas dalam menyeimbangkan studi dan bisnis, 2) akses serta dukungan modal, dan 3) peluang pasar digital. Hasil ini diperkuat dengan survei kuantitatif terhadap 35 mahasiswa. Analisis regresi linear berganda dengan SPSS menyimpulkan bahwa fleksibilitas memiliki pengaruh paling dominan, sementara akses modal dan peluang pasar berpengaruh lebih moderat. Penelitian ini memberikan wawasan bagi pengambil kebijakan dalam merancang dukungan kewirausahaan berbasis teknologi bagi mahasiswa.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Aco, A., & Endang, H. (2017). Analisis Bisnis E-Commerce pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Jurnal INSYPRO (Information System and Processing), 2(1).
Ambarwati, A., & Sobari, I. S. (2020). Membangun jiwa kewirausahaan di era milenial bagi mahasiswa Institut Stiami Kampus Tangerang Selatan. Jurnal Komunitas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 140-144.
Beutell, N. J., & Greenhaus, J. H. (1985). Sources of conflict between work and family roles. Academy of Management Review, 10(1), 76-88.
Bukran, B., & Ramdani, R. (2024). Pengaruh kebijakan ekonomi hijau terhadap inovasi bisnis berkelanjutan di sektor manufaktur. Economist: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 1(3), 35-42.
Farida, S. I., Prasetiyani, D., Safiih, A. R., Prasada, D., & Ismanto, B. (2020). Pelatihan SDM: Usaha Konvensional menjadi Usaha Digital. Abdi Masy. Humanis, 1(2), 127-135.
Field, A. (2024). Discovering statistics using IBM SPSS statistics. Sage publications limited.
Hamdiah, V. (2024). Peran kebijakan fiskal dalam mengevaluasi zakat sebagai upaya menyikapi kemiskinan di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 10(1), 333-339.
Hardiyanto, L. (2018). Motivasi Mahasiswa Menjadi Start Up Digital Entrepreneur: Technopreneurship. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 10(1), 1-15.
Hill, J. E., Jacob, J. I., Shannon, L. L., Brennan, R. T., Blanchard, V. L., & Martinengo, G. (2008). Exploring the relationship of workplace flexibility, gender, and life stage to family-to-work conflict, and stress and burnout. Community, Work and Family, 11(2), 165-181.
Jamu, M. E. (2018). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha mahasiswa (Studi kasus pada mahasiswa manajemen Universitas Flores). INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 1(3), 305-317.
Jeewanthia, N. K., & Bhavan, T. (2020). The determinants of financial performance of small and medium scale enterprises in Badulla district.
Julien, C. (2015). Bourdieu, social capital and online interaction. Sociology, 49(2), 356-373.
Kadarsih, R., & Sumaryati, S. (2013). Faktor-faktor yang memengaruhi minat berwirausaha pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP UNS. Jupe-Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(1).
Kassa, E. T. (2021). Socioeconomic determinants of micro and small enterprise growth in North Wollo and Waghimira Zone selected towns. Journal of Innovation and Entrepreneurship, 10(1), 28.
Khalid, N. (2024). Bisnis Affiliate Marketing dalam Pandangan Hukum Islam dan Implikasinya Terhadap Kesejahteraan Mahasiswa di Kabupaten Subang. Jurnal Ekonomi Utama, 3(3), 304-322.
Liu, Y., Wu, J., & Yu, D. (2018). Disentangling the complex effects of socioeconomic, climatic, and urban form factors on air pollution: A case study of China. Sustainability, 10(3), 776.
Malecki, E. J. (2018). Entrepreneurship and entrepreneurial ecosystems. Geography compass, 12(3), e12359.
Miller, R. L. (2018). Rogers' innovation diffusion theory (1962, 1995). In Technology adoption and social issues: Concepts, methodologies, tools, and applications (pp. 1558-1571). IGI Global.
Mulawarman, L. (2025). Strategi Bertahan Bisnis Kecil dalam Ekosistem Pasar Daring: Systematic Literature Review. ECONOMIST: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 2(1), 69-79.
Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business model generation: a handbook for visionaries, game changers, and challengers (Vol. 1). John Wiley & Sons.
Purnomo, E. P., & Hidayati, E. (2022). Pengembangan Jiwa Kewirausahaan di Kalangan Mahasiswa dengan Memanfaatkan Teknologi Digital. Jurnal Ekonomi Syariah, Akuntansi Dan Manajemen, 1(2).
Setijawan, B., Anwar, N., & Suharno, S. (2021). Pengaruh Investasi, Tenaga Kerja Dan Pengeluaran Pemerintah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Jawa Tengah. J-mas (jurnal manajemen dan sains), 6(2), 332-337.
Sunarni, S., & Asral, A. (2023). Sukses Berbisnis Tanpa Bekerja Di Perusahaan: Strategi Berwirausaha Untuk Mahasiswa Non-Karyawan Di Kawasan Industri Bekasi Dan Karawang. Trending: Jurnal Manajemen dan Ekonomi, 1(2), 249-256.
Surmiak, A. D. (2018). Confidentiality in qualitative research involving vulnerable participants: Researchers' perspectives. In Forum Qualitative Sozialforschung/Forum: Qualitative Social Research (Vol. 19, No. 3). DEU.
Swedberg, R. (2009). Schumpeter’s full model of entrepreneurship: Economic, non-economic and social entrepreneurship. An introduction to social entrepreneurship: Voices, preconditions, contexts, 77-106.
Syaharani, E. P., & Mayangsari, S. (2022). Pengaruh E-Commerce, Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi, Ketersediaan Modal, Dan Dukungan Keluarga Dalam Pengambilan Keputusan Untuk Berwirausaha Pada Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Ekonomi Trisakti, 2(2), 1189-1202.
Zenk, L., Hynek, N., Edelmann, N., Virkar, S., Parycek, P., & Steiner, G. (2022). Exploring motivation to engage in intraorganizational knowledge sharing: a mixed-methods approach. Kybernetes, 51(13), 18-32.