Peran Sosialisasi dalam Mencegah Bullying, Intoleransi, dan Kekerasan Seksual untuk Membangun Lingkungan Sekolah Inklusif

Main Article Content

Nur Laeli Asifah
Eliya Rochmah
Triyana Della Novita
Anggra Oktaviani
Jelita Vita Gunawan
Shofwatul Azkiya

Abstract

Masalah intoleransi, bullying, dan kekerasan seksual di lingkungan sekolah semakin menjadi perhatian serius. Ketiga isu ini tidak hanya berdampak pada kesehatan fisik dan mental siswa, tetapi juga mengganggu terciptanya suasana belajar yang aman dan kondusif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi peran program sosialisasi dan pembuatan poster dalam mencegah bullying, intoleransi, dan kekerasan seksual, serta membangun lingkungan sekolah inklusif di UPTD SD Negeri 1 Weru Lor. Latar belakang penelitian ini berfokus pada isu serius yang mengancam kenyamanan dan keamanan siswa. Rumusan masalah mencakup bagaimana program sosialisasi dapat meningkatkan kesadaran siswa tentang isu-isu tersebut dan bagaimana pembuatan poster dapat menjadi alat komunikasi yang efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melibatkan observasi, wawancara, dan analisis karya poster. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan sosialisasi berhasil meningkatkan pemahaman dan kesadaran siswa, serta menciptakan ikatan sosial yang lebih kuat. Pembuatan poster, yang melibatkan siswa secara aktif, efektif dalam menyebarkan pesan pencegahan dan mendorong perilaku positif di antara mereka. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa program ini tidak hanya efektif dalam mencegah perilaku negatif, tetapi juga mengedukasi siswa dan membangun lingkungan sekolah yang saling menghormati dan inklusif.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Asifah, N. L., Eliya Rochmah, Triyana Della Novita, Anggra Oktaviani, Jelita Vita Gunawan, & Shofwatul Azkiya. (2025). Peran Sosialisasi dalam Mencegah Bullying, Intoleransi, dan Kekerasan Seksual untuk Membangun Lingkungan Sekolah Inklusif. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(3), 661–668. https://doi.org/10.56799/jceki.v4i3.7851
Section
Articles

References

Astuti, B., Rachmawati, I., Mumpuni, S. D., & Mitta Kurniasari. (2024). Penyuluhan Soft Skill Pencegahan Bullying Bagi Guru Bimbingan Dan Konseling SMP Untuk Menciptakan Sekolah Damai. Jurnal Abdimas Dewantara, 196-206.

Dewi, P. Y. A. (2020). Perilaku School Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 39.

Fatimah, U., Rachma, A., Balaqis, T. L., Sakti, R., Gaol, L., & Amelia, T. (2024). Pentingnya Edukasi Tentang Bullying Untuk Mencegah Kejahatan Di Sekolah SMP Negeri 29 Medan. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 3(3), 238–243. https://doi.org/0.59025/js.v3i3.228

Mustaqimah, N., Usman, N. F., & Nurhayati. (2024). Upaya Pencegahan Tiga Dosa Besar Dalam Dunia Pendidikan Melalui Kegiatan Sosialisasi Di SDN 25 Kota Gorontalo. Jurnal Transformasi Pendidikan Indonesia, 206-213.

Nurhijriah, Israfil, & Imaniar. (2024). Sosialisasi Sekolah Anti Perundungan, Kekerasan Seksual dan Intoleransi Di SMKN 2 Kota Bima. JOMPA ABDI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 146-154.

Nuriafuri, R., Rakhmawati, D., & Handayani, A. (2024). Penanaman Nilai-nilai Karakter Siswa Dalam Upaya Pencegahan Terjadinya 3 Dosa Besar Dunia Pendidikan. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(1), 659–669.

Rahmawati, F. (2024). Kronologi Bullying di Binus School Serpong: 12 Pelaku Aniaya Korban Bergantian dengan Dalih Tradisi. Kompas. https://www.kompas.tv/regional/489424/kronologi-bullying-di-binus-school-serpong-12-pelaku-aniaya-korban-bergantian-dengan-dalih-tradisi

Rifda, F., 1 , I., Haidir, M., Alhamdani, Y., Sandow, U., Ristati, D. A., & Kawuryan, F. (2024). Upaya Pencegahan Terjadinya 3 Dosa Besar dalam Pendidikan di SD 4 Tenggeles. Jurnal Muria Pengabdian Masyarakat, 01(01), 13–24.

Sulastri, N., Anisah, A., Afifatuzzahro., Ginanjar, E., Raga, & Fitri, ⁠. W. (2024). Upaya Mitigasi Bullying, Kekerasan Seksual, Dan Intoleransi Di Lingkungan Sekolah. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 1631-1639.

Zulfa, S. Z., Wahyuni, I., Hayati, S., Safitri, Y., & Kirana, D. N. (2022). Edukasi Bullying Pada Remaja Untuk Mencegah Perilaku Menyimpang di SMPN 3 Pekanbaru. JDISTIRA (Jurnal Pengabdian Inovasi Dan Teknologi Kepada Masyarakat), 2(2), 151–157.