Implementasi Program Kearifan Lokal Banyuasin untuk Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SD Negeri 20 Rambutan

Main Article Content

Irma Apriyanti
Syarwani Ahmad
Rohana

Abstract

Program kearifan lokal memiliki relasi dengan projek penguatan profil pelajar Pancasila dalam menumbuhkembangkan karakter peserta didik. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis implementasi program kearifan lokal untuk projek penguatan profil pelajar Pancasila, dampak implementasi program kearifan lokal, kendala dalam implementasi program kearifan lokal, dan  solusi mengatasi kendala implementasi program kearifan lokal untuk projek penguatan profil pelajar Pancasila di SD Negeri 20 Rambutan. Data diperoleh dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi yang di analisis menggunakan teknis analisis data model interaktif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa 1) implementasi program kearifan lokal di SD Negeri 20 Rambutan disesuaikan dengan tema projek penguatan profil pelajar Pancasila melalui  permainan dan seni tradisional Sang Purba. Implementasi program kearifan lokal melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengorganisasi sumber daya pendidikan, dan   pengawasan serta evaluasi sesuai instrumen yang disusun sekolah. 2) dampak program kearifan lokal dalam projek penguatan profil pelajar Pancasila di SD Negeri 20 Rambutan antara lain: 1) meningkatnya keterlibatan dan keaktifan guru dalam proses pembelajaran; 2) peserta didik memiliki karakter gotong royong, toleransi, kejujuran, tanggung jawab, disiplin, cinta tanah air dan rasa bangga terhadap budaya lokal. 3) kendala implementasi program kearifan lokal dalam projek penguatan profil pelajar Pancasila seperti keterbatasan sumber daya manusia, waktu untuk kegiatan pembelajaran, materi ajar yang berbasis kearifan lokal, proses adaptasi pendidik dengan materi kearifan lokal. 4) solusi mengatasi kendala implementasi program kearifan lokal dalam projek penguatan profil pelajar Pancasila antara lain meningkatkan pelatihan guru, materi yang relevan dengan program kearifan lokal  dan pengembangan materi ajar yang lebih komprehensif, memperkuat kolaborasi dengan masyarakat atau komunitas lokal, mempertegas kedudukan program kearifan lokal dalam kurikulum sekolah

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Apriyanti , I. ., Ahmad, S. ., & Rohana. (2025). Implementasi Program Kearifan Lokal Banyuasin untuk Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SD Negeri 20 Rambutan. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(2), 201–211. https://doi.org/10.56799/jceki.v4i2.7193
Section
Articles

References

Aisyah Rahmadani, Hafizah Zarga Anggrayni, Nabila Muthia Rezky Maghfirah, & Nashiro Jamila. (2023). Kearifan Lokal Sebagai Implementasi P5 Pada Kurikulum Merdeka Di SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 3(1), 145–151. https://doi.org/10.58192/populer.v3i1.1781

Andi. (2010). Mengusai Teknik-Teknik Koleksi Data Penelitian Kualitatif.

Aries, A. M. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pancasila Tema Kearifan Lokal Dengan Kontekstualisasi Permainan Tradisional. Jurnal Sinektik, 5(2), 136–146. https://doi.org/10.33061/js.v5i2.8177

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan T. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, 2.

Bahri, S., Sujanto, B., & Madhakomala. (2020). Model Implementasi Program lembaga Perjaminan Mutu. Widina Bhakti Persada.

Bastrian, N., Marmoah, S., & Adi, F. P. (2024). Kendala implementasi P5 dengan tema bhinneka tunggal ika di sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 12(1), 14–19. https://doi.org/10.20961/ddi.v12i1.79362

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. (2023). Panduan Pengelolaan Sang Purba Permaianan Tradisional Urang Bayuasin.

Ginting, siti mahara B. (2020). Peran Guru Dalam Menerapkan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Di Era Revolusi Industri 4 . 0 Pada Peserta Didik. Universitas Negri Medan, 6. https://repository.uhn.ac.id/bitstream/handle/123456789/7057/PERAN GURU DALAM MENERAPKAN NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 PADA PESERTA DIDIK.pdf?isAllowed=y&sequence=1

Haromain, H., Hariawan, R., & Tsamara, N. (2023). Implementasi Program Kearifan Lokal untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMKN 3 Mataram. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 11(1), 122–131. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/visionary

Heryana, A. (2015). Informan dan Pemilihan Informan dalam Penelitian Kualitatif. Universitas Esa Unggul, December, 1–14.

Irmayati, D. (2017). PERAN KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI ERA GLOBALISASI. http://daniairmayati.blogs.uny.ac.id/wp-content/uploads/sites/15380/2017/10/Dania-Irmayati_PGSD3E_PERAN-KEARIFAN-LOKAL-DALAM-PEMBENTUKAN-KARAKTER-PADA-ANAK-SEKOLAH-DASAR-1.pdf

Ismail, N., Siraj, & Abdurrahman. (2023). Strategi Kepala Sekolah dalam Menerapkan Manajemen Berbasis Kearifan Lokal di SDN Ujong Tanjong pada Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat. JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 3234–3249.

Jupri, A. (2019). KEARIFAN LOKAL UNTUK KONSERVASI MATA AIR. LPPM Unram press. http://eprints.unram.ac.id/31695/1/COVER BUKU kearifan Lokal %28Full buku%29.pdf Kabupaten Banyuasin. (n.d.). https://banyuasinkab.go.id/

Kholidah, L. N., Winaryo, I., & Inriyani, Y. (2022). Evaluasi Program Kegiatan P5 Kearifan Lokal Fase D di Sekolah Menengah Pertama. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(6), 7569–7577. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i6.4177

M. Irfan. (2021). Implementasi Kebijakan Administrasi Kependudukan Di Kota Bima. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 18(2), 22–41. https://doi.org/10.59050/jian.v18i2.141

Maula, A., & Rifqi, A. (2023). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SDN Sidotopo I/48 Surabaya. Journal Edu Learning, 2(3), 73–84.

Mazid, S., Prasetyo, D., & Farikah. (2020). Nilai-nilai Kearifan Lokal Sebagai Pembentuk Karakter Masyarakat. 2. http://repository.stipram.ac.id/181/1/4. Full. Nilai Kearifan Lokal_OK.pdf

Moleong. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosda karya.

Mudjia, R. (2014). Penelitian Kuantitatif versus Kualitatif.

Njatrijani, R. (2018). Kearifan Lokal Dalam Perspektif Budaya Kota Semarang. Gema Keadilan, 5(1), 16–31. https://doi.org/10.14710/gk.2018.3580

Nurasiah, I., Marini, A., Nafiah, M., & Rachmawati, N. (2022). Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3639–3648. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2727

Oktavia Rahayu, D. N., Sundawa, D., & Wiyanarti, E. (2023). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Dalam Membentuk Karakter Masyarakat Global. Visipena, 14(1), 14–28. https://doi.org/10.46244/visipena.v14i1.2035

Rahman, Abd. (2021). Supervisi Dan Pengawasan Dalam Pendidikan. Journal Innovation In Education, 1(4), 22–29. https://doi.org/10.59841/inoved.v1i4.573

Riadi, F. A., & Dewi, D. A. (2022). Antropocene : Jurnal Penelitian Ilmu Humaniora. Eksistensi Dan Penguatan Nilai-Nilai Ideologi Pancasila Di Masyarakat Pada Era Revolusi Industri 4.0, 2(9), 1–7. https://journal.actual-insight.com/index.php/antropocene/article/view/243

Rizkasari, E. (2023). Profil pelajar Pancasila sebagai upaya menyiapkan generasi emas Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 50. https://doi.org/10.30659/pendas.10.1.50-60

Rudiawan, R., & Asmaroini, A. P. (2022). Peran Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah. Edupedia, 6(1), 55–63. https://doi.org/10.24269/ed.v6i1.1332

Santoso, S. (2023). Optimalisasi Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. 9(1), 39–52.

Sariah. (2019). Peranan Kearifan Lokal Dalam pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. 1. http://seminar.uad.ac.id/index.php/ppdn/article/view/1345/678

Sarinah. (2019). Peranan kearifan lokal dalam pendidikan karakter di sekolah dasar. 304–307.

Sinyanur. (2022). Peran Pemangku Kepentingan Dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (Paradigma Baru). https://sinyanur.my.id/2022/03/13/peran-pemangku- kepen-tingan-dalam-projekpenguatan-profil-pelajar-pancasila-paradigma-baru/

Sirajuddin, S. (2017). ANALISIS DATA KUALITATIF. Ramadhan.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Cetakan ke). Alfabeta.

Sulistiawati, A., Khawani, A., Yulianti, J., Kamaluddin, A., & Munip, A. (2022). Implemtasi profil pelajar pancasila melalui pryek bermuatan kearifan lokal di SD Negeri trayu. 5(3), 195–208. http://journal2.uad.ac.id/index.php/fundadikdas/article/view/7082/3312

Umarella, S. (2020). Kearifan Lokal dan Budaya Organisas. CV. Sintesa Prophetica SINTESA BOOK.

Wiratna Sujarweni. (2014). Metodelogi Penelitian. Pustaka Baru Press.

Wulandari, A. I. (2020). Peran Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Karakter. Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, 4–5.

Zulkarnaen, M. (2022). Pendidikan karakter berbasis kearifan lokal di era milenial. AL MA’ARIEF: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 4(1), 1–11.