Penerapan Model Pembelajaran Kooperarif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS pada Mata Pelajaran Akuntansi di SMA Negeri 1 Sesenapadang

Main Article Content

Ria Ria
Sahade Sahade
Fajriani Azis

Abstract

Application of the Team Assisted Individualization (TAI) Type Cooperative Learning Model to the Learning Outcomes of Class XI IPS Students in Accounting Subjects at SMA Negeri 1 Sesenapadang. Supervised by Mr. Sahade, S.Pd., M.Pd and Mrs. Fajriani Azis, S.Pd., S.E., M.Si. This research is included in the type of Classroom Action Research (PTK). This research aims to determine the application of the Team Assisted Individualization (TAI) Type Cooperative Learning Model to the Learning Outcomes of Class XI IPS Students in Accounting Subjects at SMA Negeri 1 Sesenapadang. (X) and learning outcomes as the dependent variable (Y). The population in this study was 30 students of class The data collection techniques used are observation and tests. The data analysis technique used is descriptive percentage analysis. The results of this research show that, based on the results of descriptive analysis, there is an increase in students' cognitive, affective and psychomotor learning outcomes after the implementation of the team assisted individualization (TAI) type cooperative learning model.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ria, R., Sahade, S., & Azis, F. . (2025). Penerapan Model Pembelajaran Kooperarif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS pada Mata Pelajaran Akuntansi di SMA Negeri 1 Sesenapadang. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(2), 2173–2183. https://doi.org/10.56799/jceki.v4i2.7177
Section
Articles

References

Asnawilis, (2021). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTsS Nurulfalah Airmolek

Ariani, T. (2017). Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI). Damapak Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika AL-Birunih, 6(2), 169.

Akurianto, (2015). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka cipta

Apriani Nur, (2015). Studi Eksperimen Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Pada Mata Pelajaran Akuntansi Untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Guna Meningkatkan Prestasi Siswa Kelas XI Ilmu Sosial SMA Muhammadiya Surakarta.

Cahyaningsih Ujiaty, (2018). Penerapan Model Pembelajaran Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika.

Hidayat, R. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Nubin Smart Jurnal, 2(1), 95-101.

Komang windi, (2021) Penerapan Model Pembelajaran Tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Denpasar

Khoerunnisa, P. & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran Kreatif Dan Prestatif Dalam Memahami Peserta Didik. Bandung: Pustaka Setia

Monowati dan Yamin, M. (2016). “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Lesson Study Pada Penjumlahan Pecahan di kelas IV SDN Lamsayeun”. Jurnal Pesona Dasar. Volume 3, Nomor 4.

Meylani, R.I dan Rikardo (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Volume 2

Permatasari, H. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatiftipe TAI (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sesenapadang Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Permana, E. P. (2016). “Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil belajar dan Berfikir siswa pada mata pelajaran IPS SD’. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara volume 2, Nomor 1.

Priansa, D. J. (2017). Pengembangan Strategi Dan Model Pembelajaran: Inovatif

Rusman. (2014). Model-Model Pembelaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada

Sapon. 2022. Model Pembelajaran Kooperatiftipe TAI (Team Assisted Individualization) Pada Pembelajaran IPA Materi Konduktur Dan Isolator Panas.Yogyakarta: Egaliter

Sharan, S. (2014), The Handbook of cooperative learning: Inovasi Pengajaran Dan Pembelajaran Memacu Keberhasilan Siswa di Kelas. Grup Relasi Inti Media

Slavin, R. E. (2015). Cooperative Learning, Teori, Riset, dan Praktek. Nusa Media

Sutiari, N. L. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Tata Graha. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 32-40.

Suharsimi, dkk (2015). Prosedur Peneltian : Suatu Pendekatan Praktis.

Tunisa, J. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Team Accelerated Instruction untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 14(2), 321-329.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 1999 Tetang Hak Asasi Manusia.

Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Windi Komang, (2021) Penerapan Model Pembelajaran Tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Denpasar

Wulandari, S.S. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran, Fasilitas dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi.

Zamsami F, & Naella Duta Nusa (2016). Akuntansi PEngantar 1. Yogyakarta.