Perbandingan Teori Manajemen Tradisional Dan Modern Dalam Konteks Pendidikan: Literatur Review

Main Article Content

Shelty D. M. Sumual
Joulanda A. M. Rawis
Yuliana Hartono
Jeff Lapian

Abstract

Manajemen pendidikan merupakan proses dalam suatu sistem yang mencakup perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, dan penggunaan sumber daya untuk mencapai tujuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan membandingkan dua teori manajemen pendidikan, yaitu manajemen organisasi tradisional dan modern, serta mengeksplorasi dampaknya terhadap hasil pendidikan. Teori manajemen tradisional, yang muncul di awal abad ke-20, cenderung berfokus pada hubungan vertikal dan pengambilan keputusan terpusat. Sebaliknya, teori manajemen modern menekankan kolaborasi serta keterlibatan aktif pemangku kepentingan seperti siswa, guru, dan orang tua. Studi ini menganalisis data UNESCO yang menunjukkan bahwa negara-negara maju, seperti Finlandia, telah berhasil menerapkan manajemen modern dengan otonomi sekolah yang tinggi, meningkatkan kualitas pendidikan melalui kerjasama antara guru dan siswa. Di negara berkembang, penerapan manajemen tradisional sering kali menghambat inovasi dalam pembelajaran. Dengan pendekatan deskriptif kualitatif, artikel ini menyimpulkan bahwa pemahaman karakteristik kedua teori manajemen ini sangat penting untuk merancang strategi manajemen pendidikan yang lebih efektif dan efisien, demi meningkatkan kualitas pendidikan di berbagai konteks.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Shelty D. M. Sumual, Joulanda A. M. Rawis, Yuliana Hartono, & Jeff Lapian. (2024). Perbandingan Teori Manajemen Tradisional Dan Modern Dalam Konteks Pendidikan: Literatur Review. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(1), 42–50. https://doi.org/10.56799/jceki.v4i1.6126
Section
Articles