Dampak Viral Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Cilok Rondo Tahun 2024 (Studi pada Akun Instagram @elma_bakulcilok)

Main Article Content

Priatna Utami Ning Putri
Sri Choiriyati
Mike Meiranti

Abstract

Perkembangan pesat teknologi informasi juga memengaruhi metode atau teknik pemasaran baru yang bergantung pada kemajuan dalam bidang tersebut. Akun Instagram @elma_bakulcilok menggunakan kemajuan teknologi internet sebagai sarana pemasaran yang cepat dan efisien, serta menyediakan konten yang segar, kreatif, dan menarik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dampak viral marketing terhadap minat beli konsumen Cilok Rondo melalui media sosial Instagram. Jenis metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini berfokus pada Dampak Viral Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Cilok Rondo Tahun 2024. Hasil penelitian menyatakan bahwa dampak viral marketing terhadap minat beli konsumen Cilok Rodo sangat signifikan. Hal ini dikarenakan pemanfaatan media sosial dengan cara live streaming pada saat berjualan dan mengunggah konten yang menarik mengenai aktivitas jualan mulai dari membuat cilok, kegiatan persiapan jualan dan pada saat berjualan. Hal ini yang membuat Cilok Rondo Viral di media sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Priatna Utami Ning Putri, Sri Choiriyati, & Mike Meiranti. (2024). Dampak Viral Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Cilok Rondo Tahun 2024 (Studi pada Akun Instagram @elma_bakulcilok). J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(1), 1182–1188. https://doi.org/10.56799/jceki.v4i1.5847
Section
Articles

References

Buku

Arifianto, S. & Juditha, C. (2017). Media Sosial. Jakarta: Elek Media Komputindo.

Berger, J. (2015). Contagious: Bagaimana Produk dan Ide Menjadi Populer.

Yogyakarta: Bentang Pustaka

Bambang, A. (2012). Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita.

Haryanto, T., & Azizah, S. (2021). Pengantar Praktis pemasaran Digital.

Purwokerto: UM Purwekerto Press

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga. Kotler, P,. & Keller, L. (2016). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Indeks.

Liliweri, A. (2015). Komunikasi Antarpersonal. Jakarta: Pernamedia Gruop.

Moleong. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Morissan. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana

Prayitno, S., & Harjanto, R. (2017). Manajemen komunikasi pemasaran terpadu.

Depok: Rajagrafindo Persada

Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer.

Bandung: Alfabeta

Rohmadi, Arif. (2016). Tips Produktif Ber-Sosial Media: Memanfaatkan. Jakarta: Bina Aksara.

Shahnaz & Wahyono. (2016). Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu

Soefijanto, Amin Totok. (2012). Integretad Marketing Communication: Marketing Komunikasi di Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama,

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suharso & Retnoningsih. (2018). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Surakarta: Widya Karya

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi Yogyakarta

Titik, Wijayanti. (2012). Managing Marketing Plan (Teori dan Praktek). Jakarta: Exelmedia

Jurnal

Andini, N. P., dkk. (2014). Pengaruh Viral Marketing Terhadap Kepercayaan Pelanggan dan Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administras Universitas Brawijaya Angkatan 2013 Yang Melakukan Pembelian Online Melalui Media Sosial Instagram). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) , II, 2.

Asniar, I., & Iqbal, M. (2021). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion (Studi Pada Mahasiswi angkatan 2017-2018 Fisipol Prodi Ilmu Komunikasi dan Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Lampung Tahun 2020). Jurnal INTERCODE – Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 1 No. 1 (Maret, 2021)

Farih, A., dkk. (2019). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Terhadap Pengambilan Keputusan Kursus Bahasa Inggris Pare Dengan Viral Marketing Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol.4, No.1, Januari 2019.

Situmorang, J. R. (2010). Pemasaran Viral - Viral Marketing. Jurnal Administrasi Bisnis , 6, 62.

Wahyuni, I. (2016). Strategi Viral Marketing Melalui Instagram Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Selfie Contest Avoskin Beauty. 24.

Yuanda, A., Choiriyati, S., & Azizah, M. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Go Auto (Cuci Mobil Dan Motor) Terhadap Tingkat Kepuasan User Di Kota Bandar Lampung. Intercode-Jurnal Ilmu Komunikasi. Vol. 2 No. 2

Website

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/11/28/indonesia-jadi-negara- dengan-pengguna-instagram-terbanyak-ke-4-di-dunia (diakses pada tanggal 6 Agustus 2024)