Peran Wawasan Nusantara untuk Meningkatkan Rasa Cinta Tanah Air pada Generasi Z

Main Article Content

Muhamad Dwiki Armani
Raja Oloan Tumanggor
Aisha Pramadita Kartohadiprodjo
Michael Levi Mulyawan Halim
Christ Jhon
Yonatan Hizkia Ramli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami peran Wawasan Nusantara dalam meningkatkan rasa cinta tanah air pada generasi Z di era globalisasi. Dalam konteks perkembangan teknologi yang pesat, generasi Z semakin terpapar budaya asing dan informasi global. Hal ini berpotensi menggeser perhatian mereka dari nilai-nilai budaya lokal dan rasa cinta tanah air. Wawasan Nusantara memberikan pemahaman yang komprehensif tentang Indonesia, termasuk sejarah, budaya, dan wilayahnya. Dengan memahami Wawasan Nusantara, generasi Z dapat menghargai keanekaragaman budaya Indonesia dan membangun identitas nasional yang kuat. Namun, terdapat beberapa tantangan dalam menanamkan nilai-nilai Wawasan Nusantara pada generasi Z, seperti pengaruh budaya asing yang kuat, kurangnya pemahaman terhadap budaya lokal, dan menurunnya rasa rasa cinta tanah air. Oleh karena itu, diperlukan upaya strategis untuk meningkatkan kesadaran generasi Z tentang pentingnya Wawasan Nusantara.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Armani, M. D., Raja Oloan Tumanggor, Aisha Pramadita Kartohadiprodjo, Michael Levi Mulyawan Halim, Christ Jhon, & Yonatan Hizkia Ramli. (2024). Peran Wawasan Nusantara untuk Meningkatkan Rasa Cinta Tanah Air pada Generasi Z. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(1), 1846–1853. https://doi.org/10.56799/jceki.v4i1.5745
Section
Articles

References

Amir, R. (2022). Wawasan Nusantara dalam Membangun Kesadaran Multikultural pada Generasi Z. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(1), 55-67.

Cahyono, A.S., 2016. Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Publiciana, 9(1), pp.140-157.

Hidayat, D. (2023). Pengaruh Globalisasi terhadap Identitas Budaya Generasi Z di Indonesia. Jurnal Sosiologi, 12(2), 123-135.

Manurung, S. E., Purba, A., Nainggolan, A., Simanjuntak, F. D. D., Rahmadani, P., Sari, S., & Yunita, S. (2022). Upaya Peningkatan Pemahaman dan Pentingnya Wawasan Nusantara Bagi Mahasiswa Ilmu Sosial. COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 2(8), 1462-1468.

Purnama, I., Aulia, R., & Destra, D. (2021). Civilia : URGENSI WAWASAN KEBANGSAAN PADA GENERASI Z DI TENGAH DERASNYA ARUS GLOBALISASI. Jurnal Anfa, 10(2), 336-343.

Prabowo, E., & Susilo, F. (2020). Generasi Z dan Tantangan Identitas di Era Globalisasi. Jurnal Komunikasi, 9(3), 88-100.

Rangkuti, A. (2019). Wawasan Nusantara dan Peranannya dalam Memperkuat Identitas Nasional. Jurnal Ilmu Sosial, 11(4), 102-115.

Rastati, R. (2018). Media Literasi Bagi Digital Natives: Perspektif Generasi Z Di Jakarta. Jurnal Kwangsan, 6(1), 43. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v6i1.72

Ratih, L. D., & Najicha, F. U. (2021). Wawasan Nusantara Sebagai Upaya Membangun Rasa Dan Sikap rasa cinta tanah air Warga Negara : Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 59–64. https://doi.org/10.33061/jgz.v10i2.5755

Santoso, G., Karim, A. A., Maftuh, B., & Ma’mun, M. (2023). Kajian Wawasan Nusantara melalui Local Wisdom NRI yang Mendunia dan Terampil dalam Lagu Nasional dan Daerah Abad 21. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(1), 197–209.

Saputri, S. A., & Najicha, F. U. (2023). Pentingnya Pemahaman Wawasan Nusantara Bagi Generasi Z Untuk Membangun Rasa rasa cinta tanah air. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(2), 231–239. https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i2.7474

Sari, I. (2021). Partisipasi Budaya dan Rasa Cinta Tanah Air pada Generasi Z. Jurnal Pendidikan, 10(3), 200-210.

Sofyan, F. S., & Sundawa, D. (2015). Hubungan mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan dengan peningkatan wawasan kebangsaan dan semangat rasa cinta tanah air mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 24(2), 185-198.

Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter Bandung: Remaja Rosdakarya.