Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penerapan LKPD Berbasis Projek Pada Materi IPAS di Kelas V Sd Negeri Gebang
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS Kelas V yang masih rendah di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pada hasil ulangan harian pada materi gaya magnet. Dari 37 siswa hanya 10 siswa yang sudah mencapai nilai tuntas KKM dengan presentase 27%. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindak kelas dengan menggunakan model Kurt Lewin, dan dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perencanaan pembelajaran (2) mengetahui pelaksanaan pembelajaran (3) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas V pada pelajaran IPAS menggunakan model Projek. Subjek yang digunakan adalah siswa kelas VA SDN 1 Gebang. Teknik pengumpalan data menggunakan data kualitatif dam kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas V setelah menggunakan model projek. Hasil belajar pada siklus I menunjukan bahwa terdapat 14 siswa tuntas kriteria belajar dengan presentase 37,84% dengan nilai rata-rata 60. Sedangkan pada siklus II 30 siswa tuntas belajar dengan presesentase 81,09% dan 7 siswa belum tuntas dengan presentase 18,91% dengan nilai rata-rata 80,00. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Peningkatan hasil belajar melaui penerapan LKPD berbasis projek pada materi IPAS di kelas V SDN 1 GEBANG.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.