Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI SMA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar di ranah kognitif siswa. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Langowan yang berjumlah 34 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I jumlah peserta didik yang tuntas sebanyak 5 peserta didik atau 14,71% sedangkan yang belum tuntas sebanyak 29 peserta didik atau 82,29% dan pada siklus II jumlah peserta didik tuntas sebanyak 28 peserta didik atau 82,35% sedangakan yang belum tuntas sebanyak 6 peserta didik atau 17,65 %. Kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar di ranah kognitif siswa kelas XI SMA Negeri 1 Langowan.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Adiputra, D. K. (2017). Pengaruh metode pembelajaran inkuiri terbimbing dan keterampilan proses sains terhadap hasil belajar ipa kelas vi di sd negeri cipete 2 kecamatan curug kota serang. Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi, 1(1), 22-34.
Agista, H., Haliza, N. A., Husaini, N. A., Setiawati, D., & Noviani, D. (2023). Aplikasi Metode Inquiry; Kelebihan Dan Kelemahannya Dalam Pembelajaran Fiqih. Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI), 1(1), 77-86.
Alfian, A. A. A. (2023). Pengaruh penggunaan android dan media pembelajaran interaktif berbasis application package kit (apk) terhadap hasil belajar mekanika teknik smk islam 1 blitar/Achmad Adam Alfian (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang)
Arzfi, B. P., Ananda, R., & Fitria, Y. (2021). Analisis Kesulitan Level Kognitif pada Evaluasi Sumatif Mata Pelajaran Sains di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 129-137.
Blantoro, R. N. (2022). Pengaruh Tingkat Penyesuaian Diri dan Dukungan Sosial terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Era New Normal (Doctoral dissertation, STKIP PGRI PACITAN).
Budiasa, P., & Gading, I. K. (2020). Model pembelajaran Inkuiri terbimbing berbantuan media gambar terhadap keaktifan dan hasil belajar IPA. Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 253-263.
Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa. Jurnal Education and development, 8(2), 468-468.
Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman, 11.
Handayani, T. W. (2018). Peningkatan pemahaman konsep IPA menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing di SD. Edutainment, 6(2), 130-153.
Hulu, P., Harefa, A. O., & Mendrofa, R. N. (2023). Studi Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 152-159.
Ilahi, S. K. (2022). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Rasa Percaya Diri Dan Tanggung Jawab Peserta Didik Dalam Belajar (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).
Jamili, J., & Muzuni, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Terhadap Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas Xi Mia Sma Negeri Amonggedo Pada Materi Sistem
Kawuwung, F. R., & Mamahit, J. A. 2023. Analysis of Classroom Action Research Studies: The Effectiveness of Inquiry Learning Models on Biology Education Undergraduate Students Problem Solving Ability. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 9 (8), 6136-6146.
Kawuwung, F.R. & Kaunang S. (2017). Guide Of Inquiry Learning Increase The Skill Of Lesson-Based Studi in Biology at Seventh Grade of State Junior High School 1 Airmadidi. International Journal of Multidiscipinary Research and Development 4(8),207-210.
Kawuwung, F.R. (2019). Validation on Learning Devices of Open Inquiry Integrated with Lesson Study-Based NHT to Improve Learning Result in Biology at Senior High School In North Minahasa. International Journal of Advanced Educational Research 4(4), 14-17.
Kurniawan, Y. D. A., Utomo, D. H., & Insani, N. (2022). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran Geografi siswa kelas X IPS SMAN 1 Genteng. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 2(1), 81-88.
Latifah, L., Zwagery, R. V., Safithry, E. A., & Ngalimun, N. (2023). Konsep dasar pengembangan kreativitas anak dan remaja serta pengukurannya dalam psikologi perkembangan. EduCurio: Education Curiosity, 1(2), 426-439.
Marzuki, M., & Santo Boroneo, D. (2023). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi ciri-ciri makhluk hidup kelas Vii smpn 1 ambalau. Jurnal review pendidikan dan pengajaran (Jrpp), 6(2), 356-365.
Maulana, H., Apriyanty, D. N., Arif, F., Miftakhurrohmah, M., & María-José, C. (2023). The Influence of Learning Motivation and Learning Facilities on The Learning Presetation of Mambaul Ulum Mts Mambaul Ulum Mts Students Margo Mulyo Belitang 2 Oku Timur. Scientechno: Journal of Science and Technology, 2(2), 136-142.
Mawati, Y. T., Muzakki, M., & Pajrini, A. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Media Batang Napier Kelas III Sekolah Dasar Negeri 90/II Talang Pantai Kecamatan Bungo Dani. II Talang Pantai Kecamatan Bungo Dani. el-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(1), 40-59.
Mboa, M. N., & Ajito, T. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Materi Peluang Siswa Kelas VIII SMPK St. Theresia Kupang. Journal on Education, 6(2), 12296-12301.
Muharram, N. A., Pratama, B. A., Weda, W., Herpandika, R. P., Allsabah, M. A. H., Kurniawan, W. P., & Putra, R. P. (2023). Sosialisasi Literasi Numerasi Fundamental Motor Skill bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Lamongan. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 127-137.
Ningsih, W. F., & Hayati, I. R. (2020). Dampak efikasi diri terhadap proses & hasil belajar matematika (the impact of self-efficacy on mathematics learning processes and outcomes). Journal on Teacher Education, 1(2), 26-32.
Nurfalah, H., & Aini, S. (2023). Efektivitas Media Pembelajaran Power Point Interaktif Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Hidrolisis Garam Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Man 2 Kota Padang. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(3), 355-361.
Pratama, A. Y., Saputra, D., Haq, K. A., & Salim, N. (2023). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Sejarah di Kelas 4 SD Negeri 079/II Baru Pusat Jalo. TSAQOFAH, 3(5), 722-730.
Rahman, S. (2022, January). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.
Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek penguatan profil pelajar pancasila: Sebuah orientasi baru pendidikan dalam meningkatkan karakter siswa indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076-7086.
Sri Pujiyanto, Rejeki Siti Fatimah. (2016). Buku Guru Menjelajah Dunia Biologi untuk XI SMS dan MA. Solo, Tiga Serangkai.
Tohir, A. (2020). Efektivitas model pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 27 Tegineneng. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 48-53.
Wulandari, S., Hatmono, P. D., & Rispatiningsih, D. M. (2021). Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Pancadharma. BAHUSACCA: Pendidikan Dasar dan Manajemen Pendidikan, 2(1), 52-66.