Implementasi Manajemen Media Pembelajaran Interaktif Canva dan Google Form di SMPN 2 Betung
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi fungsi manajemen dalam penggunaan media pembelajaran interaktif Canva dan Google Form di SMP Negeri 2 Betung Banyuasin. Media interaktif ini digunakan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran serta keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fungsi manajemen yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi diterapkan secara efektif dalam memanfaatkan media interaktif. Guru berperan penting dalam merancang materi yang sesuai menggunakan Canva, sementara Google Form digunakan untuk mengevaluasi pemahaman siswa secara real-time. Temuan ini menunjukkan bahwa kombinasi kedua media tersebut mampu meningkatkan kualitas pembelajaran, motivasi siswa, dan efisiensi proses pengajaran. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan metode pembelajaran modern di sekolah menengah.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.