Peran Pendanaan Riset Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dalam Mewujudkan Sustainable Development Goals, Pendidikan Berkualitas
Main Article Content
Abstract
Riset adalah fondasi penting untuk mencapai tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs), terutama pada poin keempat yang menekankan kebutuhan akan pendidikan yang berkualitas. Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) menyediakan dana untuk riset yang inovatif dan berkesinambungan, melalui skema Riset Inovatif Produktif (RISPRO). Namun, masih terdapat hambatan seperti distribusi dana yang belum merata, keterbatasan kapasitas institusi riset, serta kurang optimalnya komersialisasi hasil riset. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis bagaimana peran manajemen pendanaan riset LPDP dalam berkontribusi untuk mencapai tujuan SDGs. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan pendekatan kualitatif, metode pengumpulan data dengan mengambil data pada pustaka, mencatat, membaca, menganalisis dan mengolah bahan penelitian dari hasil artikel atau jurnal yang serupa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dana riset yang diberikan oleh LPDP telah menghasilkan berbagai luaran, seperti kebijakan, modul pendidikan, teknologi dan lain sebagainya. LPDP dalam hal ini manajemen pendanaan riset memainkan peran penting dalam memperkuat sistem riset nasional dengan mengelola dana abadi pendidikan dan bekerja sama secara strategis dengan berbagai institusi seperti BRIN dan kementerian terkait, namun dalam pelaksanaan nya masih banyak kekurangan, perlu adanya peningkatan strategi dalam mendistribusikan akses pendanaan, kolaborasi antar sektor, serta peningkatan kapasitas peneliti dan lembaga.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Arif, M. N. R. Al. (2024). Akselerasi Hilirisasi Riset. detiknews. https://news.detik.com/kolom/d-7146121/akselerasi-hilirisasi-riset.
Balakrishnan, N. (2021). + + + + R(I)R(N + + +. Handbook of the Logistic Distribution, 2045, 47–48. https://doi.org/10.1201/9781482277098-12
BRIN. (2024). Dorong Hilirisasi Hasil Riset, BRIN: Perguruan Tinggi Dapat Bertransformasi Jadi Entrepreneurial University. https://brin.go.id/dpri/posts/kabar/dorong-hilirisasi-hasil-riset-brin-perguruan-tinggi-dapat-bertransformasi-jadi-entrepreneurial-university
BRIN. (2025). SIARAN PERS Naik Peringkat 54 di Global Innovation Index, BRIN Terima Rekor MURI. https://brin.go.id/press-release/122140/naik-peringkat-54-di-global-innovation-index-brin-terima-rekor-muri
Fathansyah, B. D. (2022). Revisi Kedua. Bandung: Informatika.
Indonesia, K. R. (2019). Frequently Asked Questions (FAQ) RISPRO LPDP Tahun 2019. 2019, 1–6.
Kampuskalbar. (2025). Manfaat dan Pentingnya Kajian Riset dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan di Indonesia. Kampus Kalimantan Barat. https://kampuskalbar.com/manfaat-dan-pentingnya-kajian-riset-dalam-pengembangan-ilmu-pengetahuan-di-indonesia/
Kemendiktisaintek, H. (2025). Kemdiktisaintek Luncurkan Program Inisiatif Strategis Riset dan Hilirisasi Nasional 2025. Kementerian Pendidikan Tinggi, Sains dan Teknologi. https://kemdiktisaintek.go.id/kabar-dikti/kabar/kemdiktisaintek-luncurkan-program-insiatif-strategis-riset-dan-hilirisasi-nasional-2025/#:~:text= “Program Hilirisasi Riset Prioritas mengusung, perguruan tinggi di lingkungan Kemdiktisaintek.
LPDP. (2021). Laporan Kinerja LPDP Tahun 2021.
Meriyanti. (2025). Integrasi Kecerdasan Buatan Dalam Pendidikan Berbantuan Aplikasi Ai. Jurnal Sosiologi Pendidikan dan Pendidikan IPS (SOSPENDIS), 3(2), 67–72.
Peluncuran Prinsip Prinsip Global PBB untuk Integritas Informasi. (2023). PBB.
Pujiati. (2025). Dana Abadi LPDP Capai Triliunan, Ini Sumber dan Peruntukan. DUNIADOSEN.com. https://duniadosen.com/dana-abadi-lpdp/#:~:text=Program Hibah Penelitian Kolaborasi BRIN, dan sebagainya.
Putra, ilham P. (2022). Tertinggal, Riset dan Inovasi Indonesia di Peringkat 8 dari 11 Negara di Asia tenggara. medcom.id. https://www.medcom.id/pendidikan/riset-penelitian/gNQexMVN-tertinggal-riset-dan-inovasi-indonesia-di-peringkat-8-dari-11-negara-di-asia-tenggara
Tampubolon, M. (2023). Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian Kualitatif, 3(17), 43. http://repository.unpas.ac.id/30547/5/BAB III.pdf
TEMPO. (2024). BRIN: Indonesia di Peringkat 19 Dunia dalam Jumlah Publikasi Ilmiah. 21 Juni. https://www.tempo.co/sains/brin-indonesia-di-peringkat-19-dunia-dalam-jumlah-publikasi-ilmiah-47045.
Terkini, B. (2024). Peran Pendidikan dalam Pembangunan Nasional dan Contohnya. Kumparan. https://kumparan.com/berita-terkini/peran-pendidikan-dalam-pembangunan-nasional-dan-contohnya-22GnMPNiTNA/full
Tony. (2024). Inovasi Teknologi eRISPRO LPDP Kini Diadopsi oleh Enam Perguruan Tinggi Nasional. LPDP. https://lpdp.kemenkeu.go.id/informasi/berita/inovasi-teknologi-erispro-lpdp-kini-diadopsi-oleh-enam-perguruan-tinggi-nasional
Ujud, S., Nur, T. D., Yusuf, Y., Saibi, N., & Ramli, M. R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 10 Kota Ternate Kelas X Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 337–347. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.7305
Ummah, M. S. (2019). LAPORAN KINERJA LEMBAGA PENGELOLA DANA PENDIDIKAN. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI