Strategi Digital Marketing B2B Indibiz melalui Konten Media Sosial dengan Mengimplementasikan teori 4P Philip Kotler

Main Article Content

Widya Astuti
Hudi Santoso

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana strategi digital marketing Business-to-Business Indibiz, sebuah unit bisnis PT. Telkom Indonesia yang berfokus pada layanan digital untuk bisnis, diimplementasikan melalui konten media sosial untuk mencapai tujuan pemasaran dan meningkatkan kinerja di pasar B2B. Menggunaka pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mengeksplorasi proses perancangan dan implementasi strategi digital marketing Indibiz berdasarkan teori 4P Philip Kotler (product, price, place, promotion). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Indibiz menerapkan strategi pemasaran 4P dan strategi konten yang beragam, termasuk program JOIN, testimoni pelanggan, konten trending, dan konten edukatif juga entertainment, dengan tetap memperhatikan brand guideline dan karakteristik customer journey B2B yang memerlukan pendekatan konsultatif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi digital marketing B2B melalui konten yang diterapkan Indibiz secara efektif membangun awareness, engagement, dan berpotensi meningkatkan kinerja perusahaan di pasar B2B.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Astuti, W., & Santoso, H. (2025). Strategi Digital Marketing B2B Indibiz melalui Konten Media Sosial dengan Mengimplementasikan teori 4P Philip Kotler. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(5), 2614–2623. https://doi.org/10.56799/jceki.v4i5.11411
Section
Articles

References

Aryani, I. D., & Murtiariyati, D. (2022). Instagram sebagai media promosi dalam meningkatkan jumlah penjualan pada A.D.A Souvenir Project. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Indonesia, 2(2), 466–477.

Fadhilah, A. N. (2020). The influence of international crude oil price, fuel consumption and production on fuel import (A case study at PT Pertamina [Persero]). Admisi dan Bisnis, 21(1), 13–18.

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil dan menengah pada era masyarakat ekonomi ASEAN. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76.

Kriswindayasti, K. D. (2021). Strategi digital marketing dan penggunaan media sosial Instagram “Wove Stuff” dalam aktivitas komunikasi pemasaran. Jurnal Komunikasi.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2021). Marketing management (16th ed.). Pearson Education.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson Education.

Kurnianti, A. W. (2018). Strategi komunikasi pemasaran digital sebagai penggerak desa wisata Kabupaten Wonosobo Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Riset Komunikasi, 1(1), 180–190.

Samosir, I., & Kawengian, S. E. E. (2022). [Artikel]. Sanctum Domine: Jurnal Teologi, 11(1), 149–168.

Sanjaya, R., & Tarigan, J. (2009). Creative digital marketing. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Sellitto, C. (2004). Internet adoption by Australian wineries: Perceived benefits and direct marketing practices. International Journal of Wine Marketing, 3(2), 210–219.

Sitio, A. S., & Simamora, S. C. (2019). Strategi pemasaran UMKM (R. P. Sitio, Ed.). Banten: STKIP Mutiara Banten.

Surianto, M., Setiawan, M., Sumiati, S., & Sudjatno, S. (2020). Cause-related marketing campaigns and repurchase intentions: The mediating role of brand awareness, consumer attitude and corporate image. Management Science Letters, 10(14), 3235–3242.

Yatminiwati, M. (2019). Manajemen strategi. Lumajang: Widya Gama Press.