Analisis Implementasi Google My Business (GMB) sebagai Strategi Pemasaran Digital pada Archa Studio Music & Sound System

Main Article Content

Tania Navisca Zulkarnaen
Azizah Fauziyah
Ismail Yusup

Abstract

Penelitian ini menganalisis implementasi Google My Business (GMB) sebagai strategi pemasaran digital berbasis Local Search Engine Optimization (SEO) pada Archa Studio Music & Sound System, sebuah usaha penyewaan musik dan sistem suara di Tangerang Selatan. Latar belakang penelitian adalah rendahnya efektivitas pemasaran dan daya saing usaha yang sebelumnya hanya mengandalkan promosi dari mulut ke mulut dan media sosial pribadi. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif melalui desain one-group pretest-posttest, penelitian ini memanfaatkan data sekunder dari Google My Business Insights dan catatan internal perusahaan. Variabel yang dianalisis meliputi interaksi pelanggan melalui telepon dan chat, kunjungan lokasi, jumlah pelanggan, serta pendapatan usaha sebelum dan sesudah penerapan GMB. Hasil analisis menunjukkan bahwa seluruh indikator kinerja mengalami peningkatan signifikan setelah implementasi GMB. Pertumbuhan paling besar terjadi pada pendapatan usaha, diikuti oleh peningkatan interaksi pelanggan dan kunjungan lokasi. Temuan ini menegaskan bahwa GMB berperan penting dalam meningkatkan kinerja pemasaran digital dan capaian finansial, serta efektif digunakan sebagai alat Local SEO bagi usaha kecil dan menengah (UKM). Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi pelaku bisnis sejenis untuk mengoptimalkan strategi pemasaran digital dan memperkuat daya saing lokal.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Zulkarnaen, T. N., Fauziyah, A., & Yusup, I. (2025). Analisis Implementasi Google My Business (GMB) sebagai Strategi Pemasaran Digital pada Archa Studio Music & Sound System . J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(6), 1832–1840. https://doi.org/10.56799/jceki.v4i6.11352
Section
Articles

References

Fathurrahman, Fathurrahman, dan Suci Emilia Fitri. 2024. “Transforming the Finance of Small and Medium Micro Enterprises: Unlocking Growth Through Innovation in Central Lombok District.” Jurnal Bina Praja 16(1):97–109. doi:10.21787/jbp.16.2024.97-109.

FlyRank. 2025. “Berapa Banyak Pencarian Kata Kunci Baru yang Terjadi Setiap Hari? Menjelajahi Volume Pencarian Google dan Implikasinya.”

Kohlert, Tim. 2024. Local SEO Bible 2024 Edition.

Localiq. 2021. A guide to Local SEO.

Ngatno. 2018. Buku Manajemen Pemasaran BARU - Ngatno. Semarang.

Pratiwi. 2024. “Meningkatkan Daya Saing Kunci Sukses UMKM Bersaing di Pasar Global.” https://kumparan.com/pratiwi09-tiwiii/meningkatkan-daya-saing-kunci-sukses-umkm-bersaing-di-pasar-global-23lCwCcK93V/1.

Rahma, Aliefiya, dan Ira Wikartika. 2025. “IMPLEMENTASI PENGGUNAAN GOOGLE MY BUSINESS SEBAGAI MEDIA DIGITAL PENGUATAN PEMASARAN UMKM DI KELURAHAN MEDOKAN AYU KOTA SURABAYA.” Sawala: Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Msyarakat 5. doi:10.24198/sawala.v5i.

Riki, Netti Nurlenawatii, dan Flora Patricia Angela. 2024. “Application of Google My Business to Increase the Number of Customers.” Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan 12(2):337–46. doi:10.37641/jimkes.v12i2.2462.

Sugiyanti, Leni, Melyona Zenia Rabbil, Kamilah Citra Oktavia, dan Mega Silvia. 2022. “Strategi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Penjualan UMKM.” Jurnal Manajemen Pemasaran Internasional 1:100–110.

Wahyuni, Sri, Armiani, Elvina Setiawati, dan Indra Pirdaus. 2024. “Pengaruh Financial Technology, Media Sosial, E-Commerce, dan Google My Business terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM.” Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis 2.