Peran Efikasi Diri Terhadap Persepsi Mahasiswa Menghadapi Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka

Main Article Content

Tias Febtiana Sari

Abstract

Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) adalah kurikulum yang menawarkan fleksibilitas dan otonomisasi belajar yang mendorong mahasiswa untuk mengembangkan minat dan membentuk kemampuannya sendiri melalui kebebasan memilih satu dari serangkaian program yang ditawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal individu, yakni efikasi diri yang mempengaruhi persepsi. Efikasi diri adalah keyakinan individu terhadap kemampuannya terkait dengan penyelesaian tugas-tugas, sementara persepsi adalah proses memaknai informasi yang diterima untuk selanjutnya ditampilkan respon yang sesuai. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menyusun skala variabel penelitian. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung dengan teknik simple random sampling. Analisis data penelitian dilakukan dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas instrument, kategorisasi data, dan uji linieritas untuk melihat hubungan kedua variabel. Berdasarkan hasil analisis data, hasil uji linieritas sebesar 0,989 dengan nilai signifikansi 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan efikasi diri dengan persepsi mahasiswa dalam menghadapi program MBKM.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sari, T. F. (2025). Peran Efikasi Diri Terhadap Persepsi Mahasiswa Menghadapi Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(6), 1640–1654. https://doi.org/10.56799/jceki.v4i6.11203
Section
Articles

References

Aini, E. N. (2018). Pengaruh Efikasi Diri dan Persepsi terhadap Minat Menjadi Guru Ekonomi Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi 2015 UNESA. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 2(2), 83. https://doi.org/10.26740/jpeka.v2n2.p83-96

Al Anshori, F., & Syam, S. (2021). Persepsi Mahasiswa Pendidikan Biologi Terhadap Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Biogenerasi, 6(2), 147–153.

Aldo, L. O., & . O. (2021). Persepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Tentang Merdeka Belajar – Kampus Merdeka. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 2(1), 26–32. http://asce.ppj.unp.ac.id/index.php/ASCE/article/view/85

Alwisol. (2016). Psikologi Kepribadian (13th ed.). Universitas Muhammadiyah Malang.

Andi Agustang, Indah Ainun Mutiara, A. S. (2021). Masalah Masalah Pendidikan Di Indonesia. Www.Melianikasim.Wordpress.Com, 1(1), 0–19. https://doi.org/10.31219/osf.io/9xs4h

Andrian, D., Titisari, P. W., Hidayat, F., & Septiawan, A. (2022). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Efektivitas Program MBKM dalam Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Pasca Kampus. 4(6), 7403–7414.

Asdiniah, E. N. A., & Dewi, A. D. (2021). Urgensi Merdeka Belajar : Tanggapan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 5(1), 25–34.

Bandura, A. (1997). Self Efficacy The Exercise of Control. Freeman.

Dini, M. P., Fitryasari, R., & Asmoro, C. P. (2020). Akademik Dengan Stres Mahasiswa Profesi Ners : Studi ( the Relationship Between Self Efficacy and Academic Workloads With Stress of. Jurnal Keperawatan Jiwa, 2(2), 78–92.

Fatima, Y. M., Nafisah, A., Lusiana, T. V., Dewi, S. S., & Marmoah, S. (2021). Efikasi Diri Mahasiswa Peserta Kegiatan Pertukaran Pelajar Melalui Perkuliahan Jarak Jauh. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(1), 25–36. https://doi.org/10.21009/pip.351.3

Fiest, Jess; Fiest, Gregory J; Robert, T.-A. (2017). Teori Kperibadian (2nd ed.). Salemba Humanika.

Hadi, L. (2020). Pro Kontra Kebijakan Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(4), 812–818. https://doi.org/10.5281/zenodo.4302861

Hidayatullah, S. (n.d.). Persepsi Mahasiswa Tentang Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Fonema, 4.

Insani, N. N., Fitriasari, S., & Iswandi, D. (2021). Persepsi Mahasiswa tentang Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka Pertukaran Pelajar. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 5(2), 245–251. https://doi.org/10.30743/mkd.v5i2.4353

Irwanto. (1991). Psikologi Umum. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Jalaluddin Rakhmat. (2011). Psikologi Komunikasi. Rosdakarya.

King, L. A. (2014). Psikologi Umum. Salemba Humanika.

Lestiyani, P. (2020). Analisis Persepsi Civitas Akademika Terhadap Konsep Merdeka Belajar Menyongsong Era Industri 5.0. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 365. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2913

Maulana, I., & Alfian, I. N. (2021). Pengaruh Efikasi Diri dan Penyesuaian Diri terhadap Stres Akademik pada Mahasiswa Masa Pandemi COVID-19. Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental (BRPKM), 1(1), 829–836. https://doi.org/10.20473/brpkm.v1i1.26783

Nauvalia, C. (2021). Faktor eksternal yang mempengaruhi academic self-efficacy: Sebuah tinjauan literatur. Cognicia, 9(1), 36–39. https://doi.org/10.22219/cognicia.v9i1.14138

Nurhuda, H. (2022). Faktor Dan Solusi Yang Ditawarkan National Education Problems ; Factors and Solutions. Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 127–137.

Pedoman Merdeka Belajar Kampus Merdeka. (2021). UIN Sunan Gunung Djati.

Saifuddin Azwar. (2020). Penyusunan skala Psikologi (17th ed.). Pustaka Pelajar.

Sarwono, S. W. (2018). Pengantar Psikologi Umum (19th ed.). Rajawali Pres.

Semiun, Y. (2020). Teori-Teori Kepribadian Behaviorstik (U. Prastya (Ed.); 1st ed.). PT. Kanisius Yogyakarta. https://doi.org/1020002037

Siregar, N., Sahirah, R., & Harahap, A. A. (2020). Konsep Kampus Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 141–157. https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.13

Sudaryono. (2021). Metodologi Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Mix Method (4th ed.). Rajawali Press.

Sugiono. (2000). Statistika Penelitian. CV. Alfabeta.

Sumanto. (2014). Psikologi Umum. CAPS.

Walgito, B. (2004). Pengantar Psikologi Umum. Andi Offset.

Widyastuti, A. (2022). Merdeka Belajar dan Implementasinya: Merdeka Guru-Siswa, Merdeka Dosen-Mahasiswa, Semua Bahagia. PT Elex Media Komputindo. https://www.google.co.id/books/edition/Merdeka_Belajar_dan_Implementasinya_Merd/UaRgEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=kurikulum+prototipe+adalah&pg=PA199&printsec=frontcover