Penerapan Model Kelompok Children Learning In Science Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sains di kelas IV SDN 1 Pasokan melalui model Children Learning in Science (CLIS). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian ini adalah 15 siswa kelas IV di SDN 1 Pasokan. Alat penelitian yang digunakan meliputi ujian akhir, lembar observasi, dan dokumentasi. Hasil pengamatan aktivitas guru pada siklus I diperoleh 74% dan siklus II diperoleh 95,6%. Hasil pengamatan aktivitas siswa pada siklus I diperoleh 74% dan siklus II diperoleh 85,8%. Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 73,3% dan pada siklus II sebesar 93,3%. Berdasarkan data ini, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa melalui model Children Learning in Science (CLIS) pada kelas IV mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di SDN.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Aminah, S., & Mansur, D. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Materi Energi dan Perubahannya. Primary: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 8(2).
Aras, N. F., Lestari, M., Hidayat, A., Rahayu, S., & Agus, A. (2021). Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Melalui Inkuiri Terbimbing di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 943–951. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.850
Arikunto, S., Suhardjono, S., & Supardi, S. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.
Awang, I. S. (2023). Keefektifan Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLiS) pada Mata Pelajaran IPA Ditinjau dari Minat dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Vox Edukasi, 4(2), 87–105.
Awe, E. Y., & Benge, K. (2017). Hubungan Antara Minat dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPA pada Siswa SD. Journal of Education Technology, 1(4), 231–238.
Ayu, P., Krismayoni, W., & Suarni, N. K. (2020). Pembelajaran IPA dengan Model Pembelajaran Children Learning In Science Meningkatkan Hasil Belajar Ditinjau Dari Minat Belajar. JP2, 3(2), 138–151.
Budiningsih, N. P. E. A., & Ardana, I. K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Children’s Learning in Science Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 73–83.
Darsanianti, D., Kune, S., & Ristiana, E. (2024a). Implementasi Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 5(1), 189–196. https://doi.org/https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.737
Darsanianti, Kune, S., & Ristiana, E. (2024b). Implementasi Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 5(1).
Fauziah, R. R., & Sa’diyah, S. (2024). Pengaruh Model Childrean Learning in Science (CLIS) Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa di UPT SDN 207 Gresik. EL-MIAZ: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar, 4(1), 8–13.
Febriati, Y., & Saefurohman, A. (2019). Efektivitas Penerapan Model Children Learning In Science Terhadap Pemahaman Konsep IPA. https://s3.amazonaws.com/academia.edu.documents/43424282/1138-2459-4
Gede Surya, I., & Dantes, N. (2018). Pengaruh Model CLIS terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD di Gugus X Kecamatan Kintamani. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(1), 57–66.
Ihza, N., Hambali, H., Dasar, P. G. S., dan Ilmu Pendidikan, F. K., & No, U. M. M. J. S. A. (2024). Pengaruh Model Children Learning In Science (CLIS) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III UPT SPF SD Inpres Sambung Jawa 1 Kota Makassar. Journal on Education, 06(03).
Ilhamdi, M. L., & Novita, D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA SD. Jurnal Ilmiah. http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/162
Khotimah, K., & Chrysti Suryandari, K. (2024). Upaya Meningkatkan Kerjasama Dan Hasil Belajar Ipa Melalui Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Pada Siswa Kelas V. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan , 12(1), 127–137.
Krismayoni, P. A. W., & Suarni, N. K. (2020). Pembelajaran IPA dengan Model Pembelajaran Children Learning In Science Meningkatkan Hasil Belajar Ditinjau Dari Minat Belajar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 138–151.
Kudus, K. (2023). Pemanfaatan Model Children Learning In Science (CLIS) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. EDUCATIONAL : Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pengajaran, 3(3), 251–259.
Laili, N. Y., Mahardika, I. K., & Ghani, A. A. (2015). Pengaruh Model Children Learning In Science (CLIS) Disertai LKS Berbasis Multirepresentasi Terhadap Aktivitas Belajar Siswa dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika FKIP Universitas Jember, 4(2).
Lestari, F. D., Ibrahim, M., Ghufron, S., & Mariati, P. (2021). Pengaruh Budaya Literasi terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5087–5099. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1436
Magfiroh, F. I., & Setiyawati, E. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Terhadap Pemahaman Konsep Mata Pelajaran IPA. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 1210–1222.
Meilani, R., & Sutarni, N. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 176. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3349
Muhardi, M., & Walid, A. (2022). Peningkatkan Hasil Belajar IPA Tentang Perubahan Lingkungan Melalui Model Pembelajaran Children Learning in Science. AIJES - Al-IRSYAD Journal of Education Science, 11(1), 8–21.
Mulyadinata, I. P. L., Ardana, I. M., & Candiasa, I. M. (2023). Model Children Learning in Science Berbasis Masalah Kontekstual terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(1), 71–81. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i1.60596
Nurhayati, N., & Asmawati, A. (2024). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) pada Siswa SDN 14 Tangkalasi. Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 4(2), 135–146. https://doi.org/10.54065/pelita.4.2.2024.513
Oknaryana, O., Oktaviani, V., & Kurniawan, H. (2023). Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantu Aplikasi Quizizz dengan Pembelajaran Konvensional. Jurnal Ecogen, 6(2), 290. https://doi.org/10.24036/jmpe.v6i2.14708
Ramadhan, F. A. (2021). Penggunaan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam Pembelajaran IPA di Pendidikan Sekolah Dasar. Vektor: Jurnal Pendidikan IPA. https://vektor.uinkhas.ac.id/index.php/vtr/article/download/35/40
Sari, D. R. N., Wardani, S., & Mulawarman, M. (2020). The Effectiveness of The Constructivist Learning Model Using Children Learning In Science (CLIS) Type in Improving Science Learning Outcomes. Journal of Primary Education, 9(5), 463–471. https://doi.org/10.15294/jpe.v9i5.42932
Setiawan, W. E., Rusmana, N. E., Sebelas, S., & Sumedang, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Dalam Pembelajaran Konsep Dasar IPA Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Mahasiswa Calon Guru IPA SD. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) JURNAL PESONA DASAR Universitas Syiah Kuala, 6(2), 66–74.
Sulistyowati, E., & Wisudawati, W. (2015). Metodologi Pembelajaran IPA. Bumi Aksara.
Supiyadi, D. (2025). Penerapan Strategi Sumber Daya Manusia yang Efektif dan Berkelanjutan di Sekolah Untuk Menciptakan Pendidikan yang Berkualitas. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 3083–3090.
Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Edunomika, 2(01), 36–46. https://doi.org/10.29040/jie.v2i01.175
Untu, H. I., Fahrudin, S., & Effendi, R. (2025). Dampak Penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam Menyesuaikan Materi Pembelajaran Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 4951–4956. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.45563
Zainal, A. (2013). Model-model Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif) Yrama Widya.