Menelusuri Pendekatan Para Instruktur dalam Pendidikan Public Speaking: Studi Kasus di Putera Glamour Management Foundation Gresik

Main Article Content

Angger Maulana Putra
Harliantara Harliantara
Erni Ayu Jusnita
Ahmadi Ahmadi

Abstract

Studi ini melihat cara guru di Sekolah Public Speaking Yayasan Manajemen Putera Glamour mengajar. Studi ini menjelaskan metode yang mereka pakai, alasan memilihnya, dan seberapa efektif metode itu menurut peserta. Sepuluh guru diwawancarai, bersama sepuluh orang lain, termasuk staf dan siswa. Informasi dikumpulkan lewat wawancara, pengamatan kelas, dan analisis dokumen. Studi ini menemukan bahwa metode utama yang digunakan adalah simulasi, latihan langsung, dan umpan balik visual. Metode ini efektif untuk orang dewasa dan sesuai dengan tujuan pelatihan. Guru mempertimbangkan faktor seperti kecemasan dan kurangnya pengalaman. Mereka menggunakan aktivitas kelompok dan refleksi untuk membangun kepercayaan diri dan meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum. Sebagian besar peserta merasa lebih percaya diri dan mahir berbicara di depan umum. Beberapa menyarankan agar waktu latihan diperpanjang dan ada sesi khusus untuk teknik vokal dan ekspresi. Temuan ini sesuai dengan pemikiran tentang public speaking oleh DeVito dan Carnegie, serta pembelajaran orang dewasa versi Knowles dan model pembelajaran Kolb. Studi ini menunjukkan bahwa metode pengajaran di sekolah ini efektif dan didasarkan pada teori-teori kuat yang relevan dengan komunikasi modern. Disarankan untuk mengembangkan lebih lanjut metode berbasis simulasi, memberikan umpan balik yang lebih personal, dan mempertimbangkan pelatihan dengan durasi lebih panjang. Penelitian selanjutnya diharapkan meneliti dampak metode mengajar ini terhadap kinerja peserta di tempat kerja dan kehidupan sosial mereka dalam jangka waktu tertentu.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Angger Maulana Putra, Harliantara, H., Erni Ayu Jusnita, & Ahmadi, A. (2025). Menelusuri Pendekatan Para Instruktur dalam Pendidikan Public Speaking: Studi Kasus di Putera Glamour Management Foundation Gresik. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(5), 1841–1856. https://doi.org/10.56799/jceki.v4i5.10847
Section
Articles

References

Baccarani, C. & Bonfanti, A. (2015). Effective public speaking: A conceptual framework in the corporate communication field. Corporate Communications: An International Journal, 20(3), 375–390. https://doi.org/10.1108/ccij-04-2014-0025

Bachmann, M., Subramaniam, A., Born, J., & Weibel, D. (2023). Virtual reality public speaking training: Effectiveness and user technology acceptance. Frontiers in Virtual Reality, 4. https://doi.org/10.3389/frvir.2023.1242544

Bhagaskara A. E., Putra E. M., Afianah V, N., & Alfin, J. (2021). PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBICARA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DI SD YAPITA SURABAYA. Pedagogi Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.25134/pedagogi.v8i2.4146

Carnegie D. (1936). The Art of Public Speaking. Association Press, New York.

Casmana, A. R., Timoera, D. A., Syafrudin, I., Pratama, M. A., Pradana, A. W. (2021). PENINGKATAN KEMAMPUAN PUBLIC SPEAKING SEBAGAI UPAYA UNTUK MENJADI WARGA NEGARA GLOBAL BAGI GENERASI MUDA. Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila Dan Kewarganegaraan), 2(2), 127. https://doi.org/10.26418/jppkn.v2i2.46124

Chen, L., Feng, G., Leong, C. W., Somasundaran, S., & Lee, C. M. (2015). Utilising multimodal cues to automatically evaluate public speaking performance. 394–400. https://doi.org/10.1109/acii.2015.7344601

Chen, L., Kitchen, C., Lee, C. M., Feng, G., Joe, J., & Leong, C. W. (2014, November 12). Towards Automated Assessment of Public Speaking Skills Using Multimodal Cues. https://doi.org/10.1145/2663204.2663265

Chollet, M., Scherer, S., Wörtwein, T., Morency, L.-P., Shapiro, A. (2015). Exploring feedback strategies to improve public speaking. 11, 1143–1154. https://doi.org/10.1145/2750858.2806060

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative enquiry and research design: Choosing among the five approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Dallimore, E. J., and Hertenstein, J. H., & Platt, M. B. (2008). Using Discussion Pedagogy to Enhance Oral and Written Communication Skills. College Teaching, 56(3), 163–172. https://doi.org/10.3200/ctch.56.3.163-172

DeVito, J. A. (2013). The Essential Elements of Public Speaking. (5th ed.). Boston: Pearson’s Education.

Dewi, P., Tusino, T., Ngafif, A., & Rosani, M. (2023). Workshop Pengembangan Media Ajar Berbasis TIK sebagai Sarana Mengenalkan Bahasa Inggris bagi Anak Usia Dini. Surya Abdimas, 7(2), 264. https://doi.org/10.37729/abdimas.v7i2.2780

Fiorella, L., Schatz, S., and Vogel-Walcutt, J. J. (2011). Applying the modality principle to real-time feedback and the acquisition of higher-order cognitive skills. Educational Technology Research and Development, 60(2), 223–238. https://doi.org/10.1007/s11423-011-9218-1

Hasanah, N., Rusdi, M., Wulandari, B.A. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS 6 UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI DASAR DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 2(2), 914. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i2.717

Hidayah, W. N. (2021). Konsep Solusi Terhadap Problem Keterampilan (Skills) Berbahasa Inggris di Lembaga Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(10), 1824. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i10.314

Huda, M. S., Asyura, M. M. A. Z., & Syaifudin, S. (2022). SEMINAR PUBLIC SPEAKING DAN EVENT ORGANIZER PADA PERANGKAT DESA SUNGAI SERABEK KECAMATAN TELUK KERAMAT KABUPATEN SAMBAS. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1. https://doi.org/10.37567/pkm.v2i1.989

Jonassen, D. H. (2014). Theoretical Foundations of Learning Environments. routledge. https://doi.org/10.4324/9781410603203

Khan, R., Grover, S. C., Scaffidi, M. A., Gimpaya, N., & Walsh, C. M. (2019). Simulation in endoscopy: Practical educational strategies to improve learning. World Journal of Gastrointestinal Endoscopy, 11(3), 209–218. https://doi.org/10.4253/wjge.v11.i3.209

Knowles, M. S. (1980). Modern Practice of Adult Education: From Pedagogy to Andragogy (2nd ed.). Chicago: Follett Publishing Company.

Kolb, D. A. (1984). Experiential Learning: Experience as the Source of Learning and Development. Englewood Cliffs: Prentice Hall.

Mardiningrum, A. & Wirantaka, A. (2021). Pelatihan Pidato Bahasa Inggris Untuk Siswa Siswi SMP. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.18196/ppm.21.474

Miles, M. B., Huberman, A. M., Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Nguyen, T. T., & Tong, T. T. N. (2024). Investigation into Difficulties in Public Speaking among English-major Students at the University of Phan Thiet. International Journal of Language Instruction, 3(1), 17–30. https://doi.org/10.54855/ijli.24312

Nita, A., Rozimela, Y., & Ratmanida. (2020). The Use of Task-Based Learning to Enhance Speaking Skill of Senior High School Students. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200819.030

Nurfadhila, U. (2019). Penggunaan Model Flipped Classroom dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Siswa. Maharaat Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(1). https://doi.org/10.18196/mht.2114

Palmas, F., Klinker, G., Reinelt, R., Plecher, D. A., & Cichor, J. E. (2021). Virtual reality public-speaking training: Experimental evaluation of direct feedback technology acceptance. 620, 463–472. https://doi.org/10.1109/vr50410.2021.00070

Perretta, J. S. Duval-Arnould, J. Jeffers, J. M., Shilkofski, N. A., Brown, K. M., Hunt, E. A., Farrow, L., Sullivan, N., & Poling, S. (2020). Best practices and theoretical foundations for simulation instruction using rapid-cycle deliberate practices. Simulation in Healthcare: The Journal of the Society for Simulation in Healthcare, 15(5), 356–362. https://doi.org/10.1097/sih.0000000000000433

Poeschl, S. (2017). Virtual Reality Training for Public Speaking: A QUEST-VR Framework Validation. Frontiers in ICT, 4. https://doi.org/10.3389/fict.2017.00013

Prayitno, S. H. & Ayu, S. M. (2018). Hubungan Antara Kepribadian Introvert Dan Ekstrovert Dengan Speaking Skill Mahasiswa Prodi D III Keperawatan Tahun Akademik 2017/2018. Insight Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 14(1), 60. https://doi.org/10.32528/ins.v14i1.1077

Prayudha, H. H., & Munaf, A. R. (2013). Radio is sound only: Panduan Mengelola radio di era digital. Jakarta: Radio Republik Indonesia Publishing

Pribyl, C. B., Keaten, J., & Sakamoto, M. (2001). Effectiveness of a skill-based program in reducing public speaking anxiety. Japanese Psychological Research, 43(3), 148–155. https://doi.org/10.1111/1468-5884.t01-1-00171

Purwanti, C. (2020). EKSISTENSI BAHASA DALAM KOMUNIKASI INTERPERSONAL: SEBUAH PENDEKATAN INTERDISIPLINER [LANGUAGE EXISTENCE IN INTERPERSONAL COMMUNICATION: AN INTERDICIPLINARY APPROACH]. Polyglot Jurnal Ilmiah, 16(2), 266. https://doi.org/10.19166/pji.v16i2.2261

Raja, F. U. (2017). Anxiety Level in Public Speaking Students: Causes and Remedies. Journal of Education and Educational Development, 4(1), 94. https://doi.org/10.22555/joeed.v4i1.1001

Robinson, T. E. (1997). Communication apprehension and the basic public speaking course: A national survey of in-class treatment techniques. Communication Education, 46(3), 188–197. https://doi.org/10.1080/03634529709379090

Schneider, J., Specht, M., Van Rosmalen, P., and Börner, D. (2017). Presentation Trainer: What experts and computers can tell about your nonverbal communication? Journal of Computer Assisted Learning, 33(2), 164–177. https://doi.org/10.1111/jcal.12175

Schreiber, L. M., Paul, G. D., & Shibley, L. R. (2012). Development and Test of the Public-Speaking Competence Rubric. Communication Education, 61(3), 205–233. https://doi.org/10.1080/03634523.2012.670709

Sekti, B. A., Erxed, N., & Anwar, N. (2023). PELATIHAN TENTANG MANFAAT PUBLIC SPEAKING UNTUK PERSIAPAN MEMASUKI DUNIA KERJA PADA SISWA SMK TAMAN HARAPAN KOTA BEKASI. Jurnal Pengabdian Masyarakat AbdiMas, 9(4). https://doi.org/10.47007/abd.v9i04.6521

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wagu, E. Y., & Riko, R. (2020). KEMAMPUAN MENGGUNAKAN METODE DEBAT AKTIF SEBAGAI KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 30 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(2), 69. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i2.7828

Wang, X., Sun, Z., Wu, A., Zeng, H., Ma, X., Wang, Y., & Qu, H. (2020). VoiceCoach: Interactive Evidence-based Training for Voice Modulation Skills in Public Speaking. 26, 1–12. https://doi.org/10.1145/3313831.3376726

Wei, X. (2025). Effectiveness of flipped classrooms in improving English communication skills: A focus on listening and speaking. Advances in Social Behavior Research, 14(1), 84–88. https://doi.org/10.54254/2753-7102/2025.20434

Wörtwein, T., Morency, L.-P., Scherer, S., Chollet, M., Schauerte, B., & Stiefelhagen, R. (2015). Multimodal Public Speaking Performance Assessment. 43–50. https://doi.org/10.1145/2818346.2820762