Analisis Kebijakan Pendidikan Pada Sekolah Dasar dan Menengah

Main Article Content

Candra Swandi
Aiman Abu Khair
Rezki Siti Hajar
Nurfadillah Nurfadillah
Abdul Azis Muslimin

Abstract

Pendidikan dasar dan menengah merupakan pilar utama dalam sistem pendidikan nasional yang berperan penting dalam membentuk karakter, keterampilan dasar, serta kesiapan peserta didik untuk melanjutkan pendidikan atau memasuki dunia kerja. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis kebijakan pendidikan pada jenjang sekolah dasar (SD) dan menengah (SMP/SMA) di Indonesia, dengan fokus pada implementasi kebijakan, faktor-faktor yang memengaruhi pelaksanaannya, serta tantangan dan solusi yang muncul dalam proses tersebut. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis literatur terhadap berbagai sumber akademik terkini. Hasil kajian menunjukkan bahwa keberhasilan implementasi kebijakan pendidikan sangat dipengaruhi oleh desain kebijakan yang jelas, kompetensi sumber daya manusia, infrastruktur pendidikan, serta dukungan lingkungan sosial dan geografis. Tantangan utama meliputi kesenjangan mutu antarwilayah, rendahnya kualitas guru, keterbatasan sarana teknologi, serta perubahan kebijakan yang tidak konsisten. Artikel ini menyimpulkan bahwa implementasi kebijakan pendidikan memerlukan sinergi antara pemerintah pusat dan daerah, sekolah, masyarakat, dan sektor swasta. Diperlukan kebijakan yang adaptif, berbasis data, dan kontekstual agar pendidikan dasar dan menengah di Indonesia dapat berkembang secara merata dan berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Candra Swandi, Aiman Abu Khair, Rezki Siti Hajar, Nurfadillah, N., & Abdul Azis Muslimin. (2025). Analisis Kebijakan Pendidikan Pada Sekolah Dasar dan Menengah. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(6), 700–704. https://doi.org/10.56799/jceki.v4i6.10673
Section
Articles

References

Grindle, Merilee S. Politics and Policy Implementation in the Third World. Princeton: Princeton University Press, 1980.

Hadi, S. Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Offset. 2002.

Jalal, Fasli, dan Dedi Supriadi. Reformasi Pendidikan dalam Konteks Otonomi Daerah. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa, 2001.

Kemendikbud. Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan, 2019.

Kemendikbudristek. Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, 2022.

Mulyasa, E. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

OECD. Education Policy Implementation: A Literature Review. Paris: OECD Publishing, 2018.

Rahardjo, Satjipto. Negara Hukum yang Membahagiakan Rakyatnya. Yogyakarta: Genta Publishing, 2010.

Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara, 2003.

Suryadi, A. Pendidikan di Era Digital: Transformasi dan Tantangannya. Bandung: Refika Aditama, 2020.

Tilaar, H.A.R. Kebijakan Pendidikan: Perkembangan Pendidikan Nasional dari Masa ke Masa. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

Unicef. Learning Loss and Digital Divide During Covid-19. New York: Unicef Office of Research, 2021.

Van Meter, Donald S., dan Carl E. Van Horn. "The Policy Implementation Process: A Conceptual Framework." Administration & Society 6, no. 4 (1975): 445–488.

Wahyono, H., dkk. "Kompetensi Guru dalam Implementasi Pembelajaran Tematik di SD." Jurnal Ilmu Pendidikan 26, no. 1 (2020): 45–55.

World Bank. Indonesia Education Spending Assessment. Washington, DC: World Bank Group, 2020.

Zed, Mestika. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2014.