Pengaruh Konten TikTok Review Tasya Farasya terhadap Keputusan Pembelian Produk Cushion Skintific pada Viewers TikTok
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konten TikTok review Tasya Farasya terhadap keputusan pembelian online produk Cushion Perfect Stay Velvet Matte Skintific. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik survei survei terhadap 100 responden yang merupakan penonton video TikTok review Tasya Farasya, menggunakan kuesioner yang disebarkan melalui Google Form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi Sender’s Expertise dari konten TikTok Tasya Farasya memiliki pengaruh paling dominan, dengan nilai rata-rata sebesar 86,46%, yang berarti mayoritas responden menilai Tasya Farasya memiliki kemampuan dan keahlian dalam menyampaikan informasi produk secara jelas, jujur, dan meyakinkan. Pada variabel keputusan pembelian, dimensi evaluasi alternatif menjadi yang paling dominan dengan nilai rata-rata 85%, menandakan bahwa konsumen melakukan pertimbangan sebelum membeli. Uji regresi linear sederhana menghasilkan persamaan Y = 27.735 + 2.350X dengan nilai koefisien determinasi sebesar 70,1% yang memperkuat temuan bahwa konten TikTok memiliki pengaruh kuat terhadap keputusan pembelian online. Hasil ini memperlihatkan bahwa konten dengan penyampaian informatif, kredibel, dan berbasis pengalaman nyata dapat membentuk persepsi positif serta mendorong pengambilan keputusan konsumen secara lebih yakin dan terarah dalam pembelian produk secara daring.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Afandi, Samudra, J. P., Sherley, Veren, & Liang, W. (2021). Pengaruh Endorsement Influencer Instagram Terhadap Keputusan Pembelian pada Generasi Z. Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 5(1), 15. https://doi.org/10.30829/komunikologi.v5i1.9272
Almunawaroh, A., & Djamhur, I. G. (2024). Pengaruh Konten Media Sosial Tiktok Terhadap Minat Berkunjung Ke Museum Nasional Indonesia. Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK), 3(April), 243–251. https://doi.org/10.36441/snpk.vol3.2024.227
Fauziah, D., Ali, H., Haymans Manurung, A., & Jumawan. (2024). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Produk Skintific (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Bhayangkara Jakarta Raya). Jurnal Siber Multi Disiplin, 1(4), 159–172.
Nasafa, M. (2024). Fenomena Endorse Produk Kecantikan Oleh Influencer Tasya Farasya Melalui Media Sosial Tiktok. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP USK, 9(1), 1–16.
Nurhabiba, F. D., Misdalina, & Tanzimah. (2023). KEMAMPUAN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) DALAM PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI SD 19 PALEMBANG. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(3), 492–504.
Oktaviani, D., & Haliza, N. (2023). Pengaruh Review Produk Dan Content Marketing Pada Aplikasi Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z. Cakrawala Repositori IMWI, 6(4), 769–781. https://doi.org/10.52851/cakrawala.v6i4.416
Reni. (2022). PENGARUH GAYA HIDUP,MOTIVASI, DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IPHONE DI DKI JAKARTA. In REPOSITORY STIE INDONESIA (STEI) JAKARTA. STIE INDONESIA (STEI) JAKARTA.
Rohmah, W. (2021). KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE KONSUMEN SHOPEE DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI. Journal Competency of Business, 5(1), 1–17.
Sugesti, H., & Aurellea, K. D. (2025). PENGARUH HARGA TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN JASA LAYANAN TRANSPORTASI ONLINE INDRIVE (STUDI KASUS MAHASISWA UNIVERSITAS LOGISTIK DAN BISNIS INTERNASIONAL). Land Journal, 6(1), 193–205.
Yusa, T. (2024). PENGARUH TASYA FARASYA SEBAGAI INFLUENCER MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINTIFIC DI INSTAGRAM. Universitas Sriwijaya.