Efisiensi Rekam Medis Elektronik pada Bagian Pelayanan Rawat Jalan di RSUD Dr. Zainal Umar Sidiki

Main Article Content

Diva Galia Nur Annisa
Merlin Abd. Rahman
Riska Ahmad

Abstract

Penggunaan Rekam Medis Elektronik (RME) menjadi bagian penting dalam meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan kesehatan, khusunya pelayanan rawat jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efisiensi RME pada bagian pelayanan rawat jalan di RSUD dr. Zainal Umar Sidiki. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptid kualitatif dengan Teknik pengumpulan data melalui obsevasi, wawancara, dokumentasi dan Focus Discussion Group (FGD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari sisi tangibles, infrastruktur seperti computer dan jaringan internet telah tersedia dengan baik, namun masih terdapat kendala berupa tidak tersedianya UPS/genset untuk mengantisipasi terjadinya pemadaman listrik. Dari sisi reliability, petugas dapat mengoperasikan RME dengan cukup baik meskipun terdapat kendala teknis seperti error sistem dan fitur pelaporan yang belum optimal. Pada dimensi responsiveness, pelayanan dapat dilakukan dengan cepat, rata-rata 1-5 menit per pasien, meskipun kecepatan terganggu saat terjadi error atau buffering. Dari aspek assurance, petugas memberikan pelayanan dengan ramah dan inofrmatif, namun pelatihan lanjutan terkait fitur RME masih diperlukan. Pada aspek empathy, petugas menunjukkan menunjukkan kepedulian dan tidak membeda-bedakan pasien. Penilaian Digital Maturity Index (DMI) menunjukkan bahwa sistem RME sudah berada dalam tahap implementasi yang baik namun belum sepenuhnya matang secara digital. Kesimpulannya, penggunaan RME telah meningkatkan efisiensi pelayanan, tetapi masih perlu perbaikan infrastruktur pendukung dan pelatihan SDM.  

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nur Annisa, D. G., Abd. Rahman, M., & Ahmad, R. (2025). Efisiensi Rekam Medis Elektronik pada Bagian Pelayanan Rawat Jalan di RSUD Dr. Zainal Umar Sidiki . J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(4), 2862–2869. https://doi.org/10.56799/jceki.v4i4.10539
Section
Articles

References

Ade Heryana, S. M. (2020). Informan Dan Pemilihan Informan Dalam Penelitian Kualitatif. 1-14.

Agalela. (2019). Pengaruh Responsiveness Dan Empathy Terhadap Kepuasan Pelanggan Yang Berdampak Pada Penjualan PT. Yakult Indonesia Persada Cabang Bandar Jaya . Jurnal Simplex, 146-153.

Ahmada, G. G., Budimana, Setiawatia, Suryatia, Y., Inayaha, I., & Pragholapati, A. (2022). Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Pasien Dalam Memanfaatkan Kembali Jasa Pelayanan Rawat Jalan Rumah Sakit di Masa Pandemi Covid 19: Literature Review. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan, 1-11.

Aplonia, L. E. (2010). Efektivitas Penugasan Karyawan,Dedikasi. Jurnal Ilmiah Sosial,Hukum Budaya, Edisi XXIII, Universitas 17 Agustua 1945 Samarinda.

Apriyanti, Y., Lorita, E., & Yusuarsono. (2019). Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Pusat Kesehatan Masyarakat Kembang Seri Kecamatan Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah. Jurnal Professional FIS UNIVED, 72-80.

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1-9.

Ariani, S. (2023). Analisis Keberhasilan Implementasi Rekam Medis Elektronik Dalam Meningkatkan Efisiensi Dan Mutu Pelayanan . Jurnal Kesehatan dan Kedokteran, 7-14.

Arifatun Nisaa, F. S. (2018). Gambaran Peneraoan Alur Prosedur Pelayanan Dan Penyelenggaraan Rekam Medis Di RS PKU Muhammadiyah Selogiri. Journal of Information Systems for Public Health Desember , Vol. 3, No. 3; 1-14.

Ariotejo, & Teguh. (2017). Intervensi continuous Improvement Rawat Jalan Rumah Sakit Haji Jakarta. Jurnal Administrasi Rumah Sakit , 208-2018.

Jayanthi, I. D., & Lazuardi, L. (2023). Evaluasi Implementasi Dan Tingkat Digital Maturity Rekam Medis. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan, 70-81.

Marzuq, N. H., & Andriani, H. (2022). Hubungan Service Quality terhadap Kepuasan Pasien di Fasilitas Pelayanan Kesehatan: Literature Review. Jurnal Pendidikan Tambusai, Hal. 13995-14008.

Suryawati, C., Dharminto, & Shaluhiyah, Z. (2006). Penyusunan Indikator Kepuasan Pasien. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan, 177-184.

Wahyudi, Lazuardi, L., & Hasanbasri, M. (2015). Efisiensi Pelayanan Kesehatan Dasar DIi Kabupaten Pemalang Menggunakan Data Envelopment Analisis. Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia, 11-19.

Warsono, H., Sunu, R., & Ardiyansah, A. (2022). Metode pengolahan Data Kualitatif Menggunakan Atlas.ti. Peleburan-Semarang: Program Studi Doktor Administrasi Publik FISIP-UNDIP.

Widaningsih, & Fitria, I. J. (2023). Efektivitas Dan Efisiensi Pelayanan Kesehatan Pada Puskesmas DTP. Jurnal Imiah Manajemen, Ekonomi Bisnis,Kewirausahaa, 195-208.

Widanti, N. P. (2022). Konsep Good Governance dalam Perspektif Pelayanan Publik:. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 73-85.

Winarni, S., & Khotimah, K. (2024). Analisis Evektivitas Penerapan Rekam Medis Elektronik Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Rumah Sakit. Jurnal Medicoeticolegal dan Manajemen Rumah Sakit.

Wulandari, V., Saputra, A., & Amelia, F. (2021). Metodologi Peneltian dan Publikasi "Teknik Pengolahan dan Analisis Data". Metodologi Penelitian dan Publikasi (pp. 1-11). Padang : Universitas Negeri Padang.

Yudha Erik Prabowo, S. A. (Desember 2024). Aspek Medikolegal Diskrepansi Diagnosa. Masyarakat Hukum Kesehatan Indonesia, 477-488.

Yunisca, F., Chalimah, E., & OAS, L. (2022). Implementasi Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2022 Tentang Rekam Medis Terhadap Hasil Pemantauan Kesehatan Pekerja Radiasi Di Kawasan Nuklir Serpong. Buletin Pengelolaan Reaktor Nuklir, Vol. XIX, No.2, 34-41.