Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Dasar Siswa Akuntansi Di SMK Negeri 1 Bantaeng

Main Article Content

Ninik Nismawati Makkalo Nismawati
Sahade Sahade
Ridfan Rifadly Abadi Abadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) menganalisis Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Dasar Siswa Akuntansi di SMK Negeri 1 Bantaeng, (2) menganalisis Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Dasar Siswa Akuntansi di SMK Negeri 1 Bantaeng, dan (3) menganalisis Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Disiplin Belajar secara bersama-sama (simultan) terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Dasar Siswa Akuntansi di SMK Negeri 1 Bantaeng. Variabel penelitian ini adalah: Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Disiplin Belajar sebagai variabel bebas (X) dan Prestasi Belajar sebagai variabel terikat (Y). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Bantaeng yang berjumlah 47 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan deskripsi data, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS 29 for windows.


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa indikator kecenderungan prestasi belajar termasuk kategori tuntas sebanyak 47 siswa (100%). Adapun indikator kecenderungan status sosial ekonomi orang tua dalam kategori tinggi sebanyak 28 siswa (60%), sedangkan kecenderungan disiplin belajar dalam kategori tinggi sebanyak 32 siswa (68%). Dari hasil analisis regresi ganda pada prestasi belajar diperoleh Y=75,150+0,159X1+0,096X2. Nilai koefisien regresi sebesar 0,159 dan 0,096, hal ini berarti bahwa status sosial ekonomi orang tua (X1) dan disiplin belajar (X2) mengalami penambahan satu nilai, maka prestasi belajar meningkat sebesar 0,159 dan 0,096 satuan. Hasil analisis koefisien determinasi (r2) Status Sosial Ekonomi Orang Tua memiliki kontribusi sebesar 0,052 (5,2%) dan Disiplin Belajar sebesar 0,044 (4,4%). Berdasarkan hasil pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji f diperoleh nilai F hitung sebesar 4,016 > 3,21 yang berarti bahwa terdapat pengaruh antara variabel bebas terhadap variabel terikat. Sehingga hipotesis yang diajukan “Diduga bahwa Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Disiplin Belajar berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Dasar Siswa Akuntansi di SMK Negeri 1 Bantaeng”.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nismawati, N. N. M., Sahade, S., & Abadi, R. R. A. (2025). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Dasar Siswa Akuntansi Di SMK Negeri 1 Bantaeng. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(4), 2422–2436. https://doi.org/10.56799/jceki.v4i4.10355
Section
Articles

References

Amri, S. (2014). Pengembangan dan model pembelajaran dalam kurikulum 2013. In IAIN Fattahul Muluk Papua. Prestasi Pustaka. https://opac.iainfmpapua.ac.id/index.php?p=show_detail&id=2413

Anggraeni, E., Khasan, S., Jurusan, P., Ekonomi, F., Ekonomi, U. N., & Semarang, I. (2018). Pengaruh Media Sosial Dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 172–179. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj

Angriani, A. D. (2014). Meningkatkan hasil belajar matematika melalui pemberian kuis dengan umpan balik pada siswa kelas X6 SMA Negeri 2 Sinjai. MaPan : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 2(1), 1–16.

Aningsih, A. V., & Soejoto, A. (2018). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Hasil Belajar Mahasiswa Terhadap Tingkat Literasi Ekonomi Mahasiswa. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 2(1), 11. https://doi.org/10.26740/jpeka.v2n1.p11-18

Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran. In Direktorat Jendral Pendidikan Agama Islam. PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2016). Dasar–Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Arikunto, S. (2017). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.

Astuti, S. P. (2015). Pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1), 68– 75. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i1.167

Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 159–170.

Djaali. (2014). Psikologi Pendidikan. PT Bumi Aksara. Djamarah, S. B. (2018). Psikologi Belajar. Rineka Cipta.

Ernawati, N. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar, Status Sosial Ekonomi Orang Tua, dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Aktiva Tetap. Business and Accounting Education Journal, 3(2), 219–228. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/baej

Fausi, M. R. (2017). Pengaruh Perhatian Orang Tua, Disiplin Belajar, dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri I Depok. In Jurnal Pendidikan dan Keguruan.

Gerungan. (2015). Psikologi Sosial. PT Refika Aditama. Hadi, S. (2004). Analisis Regresi. Andi Offset.

Hamdani. (2017). Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia.

Hasan Comce, M. A. N. U. (2017). Komunikasi Wali Kelas Dengan Orang Tua Siswa Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di Sma Semesta Bilingual Boarding School Semarang. Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah, 5(4), 262–270.

Hasana, S. & H. I. (2018). Pengaruh Sotatus Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas X SMK Telkom Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 5.

Imelda, I., & Tulak, T. (2021). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Elementary Journal : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 64–70. https://doi.org/10.47178/elementary.v4i1.1265

Jeffrey, I., & Zein, A. (2017). The Effects of Achievement Motivation, Learning Discipline and Learning Facilities on Student Learning Outcomes. International Journal of Development Research, 07(09), 15471–15478. https://www.journalijdr.com/sites/default/files/issue-pdf/10149.pdf

Karim, F. B., Azis, M., & Sahade. (2023). ProBisnis : Jurnal Manajemen The Effect of Parents Social Economic Support on the Motivation of Learning the Accounting Economy of Public SMAN 17 Makassar. 14(4), 147–153.

Maghfiroh, R. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar dan Status Sosial Ekonomi Orangtua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII Program Keahlian Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Borobudur Tahun Ajaran 2013/2014.

Miranti, I., Dwiastuty, N., & Nurjanah. (2017). Peran Serta Orang Tua Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa. Jurnal Ilmiah Kependidikan , 4(2), 119–124.

Nasution, A. K. P. & D. M. (2018). Prestasi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Yang Kuliah Sambil Bekerja di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Gajah Putih, Takengon Aceh Tengah, Aceh. Jurnal As- Salam, 2(1), 43–52.

Pristian, R. F. A. (2016). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Literasi Ekonomi Dan Life Style Terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Ikip Pgri Bojonegoro. Jurnal Edutama, 3, 49–58.

Restih. (2016). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Geografi Siswa Kelas X SMA Negeri 20 Konsel. Applied Microbiology and Biotechnology, 85(1),6.

Risnawati. (2018). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tarowang Kabupaten Jeneponto. 91–102.

Setyorini, D., & Syahlani, A. (2018). Analisis Jalur (Path Analysis) Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 16(02), 177–193. https://doi.org/10.36406/jam.v16i02.241

Sholihah, A. (2018). Hubungan Kekuatan Karakter dengan Kebahagiaan pada Remaja. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Sidiq, U. & M. C. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Nata Karya.

Simbolon, J. (2020). Penerapan Metode Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 13(1), 77. https://doi.org/10.24114/jtp.v13i1.18002

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Edisi Revisi. PT Renika Cipta.

Soekanto, S. (2016). Sosiologi Suatu Pengantar. PT Raja Grafindo Persada. Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Rosidakarya. Sugihartono, dkk. (2015). Psikologi Pendidikan. UNY Press.

Sugiyono. (2012). Statistika untuk Penelitian. Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suryabrata, S. (2015). Psikologi Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada.

Tu’u, T. (2018). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. PT Grasindo. Wagiran. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan Teori dan Implementasi.

Wenas, G. E., Opod, H., & Pali, C. (2015). Hubungan Kebahagiaan Dan Status Sosial Ekonomi. E-Biomedik (EBm), 3(April), 1–7.

York, T. T., Gibson, C., & Rankin, S. (2015). Defining and measuring academic success. Practical Assessment, Research and Evaluation, 20(5), 1–20.

Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740, 5(2), 1138–1150.