Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa melalui Bimbingan Klasikal dengan Media Gamifikasi Ular Tangga

Main Article Content

Selpiyani Br Simanjorang
Sri Ngayomi Yudha Wastuti
Ummi Salamah Hasibuan

Abstract

Globalisasi di era modern menuntut pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas, salah satunya melalui peningkatan kepercayaan diri peserta didik sebagai faktor penting dalam meraih keberhasilan akademik dan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas permainan ular tangga sebagai media dalam layanan bimbingan klasikal untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 35 peserta didik kelas XI SMA Negeri 10 Medan yang menunjukkan tingkat kepercayaan diri rendah hingga sedang. Pengumpulan data dilakukan melalui angket skala Likert dengan lima aspek penilaian, yaitu keyakinan terhadap diri sendiri, optimisme, objektivitas, tanggung jawab, dan rasionalitas. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan terhadap kepercayaan diri peserta didik. Pada pra-siklus, tidak ada peserta didik yang berada dalam kategori tinggi, 12 peserta didik (34,28%) berada dalam kategori sedang, dan 23 peserta didik (65,71%) berada dalam kategori rendah. Setelah tindakan siklus II, sebanyak 28 peserta didik (80%) berada dalam kategori tinggi, 7 peserta didik (20%) dalam kategori sedang, dan tidak ada yang berada dalam kategori rendah. Hasil ini melebihi kriteria ketuntasan yang ditargetkan sebesar 76%. Dengan demikian, permainan ular tangga terbukti efektif digunakan dalam layanan bimbingan klasikal untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik secara menyenangkan dan interaktif.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Simanjorang, S. B., Wastuti, S. N. Y., & Hasibuan, U. S. (2025). Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa melalui Bimbingan Klasikal dengan Media Gamifikasi Ular Tangga. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(4), 1091–1096. https://doi.org/10.56799/jceki.v4i4.10092
Section
Articles

References

Amalia, N. R., Setiyowati, A. J., & Nuswantari, M. (2023). Layanan Bimbingan Klasikal Menggunakan Permainan Simulasi Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas X Di Sma Brawijaya Smart School. Jurnal Pendidikan Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 15–25.

Aqib, Z., & Amrullah, A. (2019). Ptk, Pts & Ptbk - Teori Dan Aplikasi (1 Ed.). Andi Offset.

Fakih, M. R., Awaliya, A., & Handayani, S. (2024). Efektivitas Bimbingan Klasikal Menggunakan Metode Simulasi Game Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas Xi-Mipa Sma Negeri 9 Semarang Tahun Ajaran 2023/2024. Jurnal Pendidikan Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 30–40.

Farhana, H., Awiria, & Muttaqien, N. (2019). Peneltian Tindakan Kelas (1 Ed.). Harapan Cerdas.

Fitri, E., Zola, N., & Ifdil. (2018). Profil Kepercayaan Diri Remaja Serta Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jppi: Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 4(1), 1–5.

Ghufron, M. N., & Risnawati, R. (2010). Teori-Teori Psikologi. Ar-Ruzz Media.

Lestari, P., Tobing, C. M. H., & Hanifah, N. (2020). Layanan Penguasaan Konten Melalui Teknik Bermain Peran Dapat Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Teraputik: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 394–399.

Marsela, F., Wahdani, N., Nurhasanah, Bahri, S., & Rosita, D. (2023). Efektivitas Media Permainan Monopoli Dalam Terapi Bermain Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Siswa. Journal Visipena, 14(1), 1–13.

Monnalisza, & S, N. (2018). Kepercayaan Diri Remaha Panti Asuhan Aisyiyah Dan Implikassinya Terhadap Layanan Bimbingan Dan Konseling. Jpgi Jurnal Peneltian Guru Indonesia, 3(2), 77–83.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D (19 Ed.). Alfabeta.

Utomo, E. T., Yusmansyah, & Widiastuti, R. (2018). Penggunaan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Permainan Untuk Meningkatkan Kemampuan Regulasi Emosi Siswa. Konseling, 6(3).

Yuono, C., & Purwoko, B. (2016). Penelitian Pengembangan Media Permainan Monopoli Percaya Diri Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Wonoayu. Jurnal Bk Unesa, 6(1).