Penerapan Perilaku Halal Lifestyle Terhadap Minat Beli Produk Berlabel Halal di Platform E-Commerce Shopee Studi pada Gen Z di Kabupaten Bone

Main Article Content

Heriyani Heriyani
Andi Ika Fahrika
Fitriani Fitriani

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh halal lifestyle terhadap minat beli produk berlabel halal di platform e-commerce Shopee, khususnya pada Generasi Z di Kabupaten Bone. Menggunakan metode kuantitatif dengan teknik survei, data dikumpulkan dari 100 responden melalui kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modeling – Partial Least Squares (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa halal lifestyle memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli dengan nilai T-statistic sebesar 9.623 (>1.96) dan p-value 0.000 (<0.05). Nilai koefisien sebesar 0.641 mengindikasikan bahwa semakin tinggi penerapan gaya hidup halal, semakin besar pula minat Generasi Z untuk membeli produk halal di Shopee. Temuan ini memberikan wawasan bagi pelaku e-commerce untuk mengoptimalkan strategi pemasaran berbasis halal lifestyle, seperti meningkatkan transparansi sertifikasi halal dan menyediakan fitur pencarian khusus produk halal.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Heriyani, H., Fahrika, A. I. ., & Fitriani, F. (2025). Penerapan Perilaku Halal Lifestyle Terhadap Minat Beli Produk Berlabel Halal di Platform E-Commerce Shopee : Studi pada Gen Z di Kabupaten Bone. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 4(4), 6616–6630. https://doi.org/10.56799/ekoma.v4i4.9183
Section
Articles

References

Azizah, N., Aprilia, N., Ismail, A. S., & Marlina, L. (2024). Perilaku Halal Lifestyle Dalam Meningkatkan Minat Terhadap Pembelian Produk Halal. Likuid Jurnal Ekonomi Industri Halal, 4(1), 61–73.

Bahtiar, R. A. (2020). Potensi, Peran Pemerintah, Dan Tantangan Dalam Pengembangan E-Commerce Di Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan Publik, 11(1), 13.

Ciswati, S., & Septayuda, I. (2023). Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Laptop. Jurnal Menara Ekonomi : Penelitian Dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi, 9(2), 61–71.

Diansyah, D. N., & Guritno, A. (2024). The Influence Of Promotion, Product Quality And Product Variety On Purchasing Decisions With Brand Image As An Intervening Variable For Herborist Product. International Conference On Digital Advance Tourism, Management And Technology, 4(1), 28–41.

Fuadah, A. T., & Maski, G. (2024). Pengaruh Kesadaran Halal, Gaya Hidup, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Shopee Food. Islamic Economis And Finance In Focus, 3(1), 190–203.

Herianti, Rosmini, & Karyono, O. (2024). Panduan Maqasid Syariah Untuk Konsumen Skincare: Integrasi Halal, Kesehatan, Dan Keberlanjutan (Studi Pada Pengguna Skincare Di Kabupaten Bone). 4(1), 351.

House, A.-Q. S. A.-B. (2) Ayat 168. A.-Q. Dan T. C. Ke 7: A.-M. P. (N.D.).

Jannah, W. (2023). Pengaruh Label Halal, Harga Kualitas Produk, Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Produk Mie Samyang Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada Mahasiswa Muslim Di Kota Jember. Jurnal Syntax Dmiration, 4(8), 1469.

Kamil, I., & Miranda, T. (2024). Literature Review: Peran E-Commerce Dalam Meningkatkan Pendapatan Umkm Di Era New Normal. Jedbus (Journal Of Economic And Digital Business), 1(1), 35.

Khairullah, M. N., Irdiana, S., & Ariyono, K. Y. (2024). Dampak Perilaku Gaya Hidup Halal Dalam Meningkatkan Minat Membeli Produk Halal Pada Generasi Z. 3(3), 209.

Ma’ruf, A. (2022). Pengaruh Kesadaran Halal, Gaya Hidup Halal, Dan Islamic Branding Terhadap Keputusan Pembelian Di Shopee (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Uin Walisongo Semarang Angkatan 2018-2020). Skripsi, 1–125.

Nur Fitriyani, E. (2021). Pengaruh Kesadaran Halal, Islamic Branding, Dan Sikap Terhadap Minat Beli Generasi Z Dimoderasi Social Media Influencer. Journal Of Innovation Research And Knowledge, 1(4), 577.

Ramadhan, I. F. K., & Handayani, T. (2024). Pengaruh Label Halal, Pendapatan, Dan Gaya Hidup Terhadap Minat Membeli Mie Gacoan. Islamic Economics And Business Review, 3(1), 432.

Sri Ernawati, & Iwan Koerniawan. (2023). Pengaruh Label Halal Dan Kesadaran Halal Terhadap Minat Pembelian Konsumen Pada Produk Umkm Di Kota Bima. E-Bisnis : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 16(1), 207–215. Https://Doi.Org/10.51903/E-Bisnis.V16i1.1185

Ummah, H. F., & Fikriyah, K. (2024). Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam E-Issn: 2686-620x Halaman 189-206. 7, 189–206.

Wijoyo, A., Nasution, A. S. M., Larasati, D. T., Gustiara, D., & Hilal, W. N. (2023). Upaya Pengembangan Dan Peran Sistem Informasi Manajemen Dalam E-Commerce Shopee. Jurnal Teknologi, Bisnis Dan Pendidikan, 1(2), 1–13.