Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Pembelian Ulang Terhadap Loyalitas Konsumen Pengguna Shopee pada Mahasiswa Manajemen Angkatan 2021 Universitas Pembangunan Panca Budi Medan
Main Article Content
Abstract
Analisis penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga dan pembelian ulang terhadap loyalitas konsumen pengguna shopee. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif bersifat asosiatif dengan bantuan program SPSS versi 25. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 70 responden. Pengambilan data primer menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas produk menunjukkan nilai thitung sebesar 3,144 > ttabel sebesar1,996 dan signifikan 0,000 < 0,05, maka hipotesis H1 diterima dan H0 ditolak, artinya kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap loyalitas konsumen pengguna shopee. Hasil pengujian untuk variabel harga menunjukkan nilai thitung sebesar 4,839 > ttabel sebesar 1,996 dan signifikan 0,000 < 0,05, maka hipotesis H2 diterima dan H0 ditolak, artinya harga berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap loyalitas konsumen pengguna shopee. Hasil pengujian untuk variabel pembelian ulang menunjukkan nilai thitung 2,444 > ttabel 1,996 dan signifikan 0,000 < 0,05, maka hipotesis H3 diterima dan H0 ditolak, artinya harga berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap loyalitas konsumen pengguna shopee. Hasil pengujian secara simultan menunjukkan bahwa nilai Fhitung sebesar 223,094 sedangkan Ftabel sebesar 2,74 yang dapat dilihat pada α = 0,05. sehingga dapat disimpulkan bahwa H4 diterima dan hipotesis 0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas produk, harga dan pembelian ulang berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap loyalitas konsumen pengguna shopee. Hasil uji koefisien determinasi sebesar 90,6% loyalitas konsumen dapat diperoleh dan dijelaskan oleh kualitas produk, harga dan pembelian ulang. Sedangkan sisanya 100% - 90,6% = 9,4% dijelaskan oleh faktor lain atau variabel diluar model penelitian.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Agustin, R. R., Ritonga, H. M., Andika, R., & Hasibuan, R. (2024). Sosialisasi strategi bisnis sebagai upaya pengembangan usaha pada pelaku UMKM Desa Pematang Serai Kabupaten Langkat Socialization of business strategies as an effort to develop businesses for MSME actors in Pematang Serai Village , Langkat Regency. 2–7.
Amin, L. S. A. (2023). Pengaruh Loyalitas Konsumen Terhadap Minat Pembelian Ulang Pada Produk Winmilk di Kota Cimahi, Indonesia. International Journal Administration, Business & Organization, 4(1), 63–74.
Bali, A. Y. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ekonomi, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.56248/jamane.v1i1.7
Bangun, T. S., Purba, M. I., Ginting, R. E., Br Keliat, F. Y., & Wardani, N. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Loyalitas Konsumen Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Prima Indonesia). Jurnal Edueco, 6(1), 78–83. https://doi.org/10.36277/edueco.v6i1.162
Daniswara, A., & Rahardjo, S. T. (2023). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan: Dengan Variabel Mediasi Kepuasan Pelanggan. Diponegoro Journal Of Management, 12(1).
Dalam, S., & Ningrum, A. W. (2022). Anggun Widiya Ningrum_G73218038.
Erwin, Judijanto, L., Kaligis, J. N., Islami, V., Musprihadi, R., Suprayitno, D., Irmadiani, N. D., Munizu, M., Muchayatin, Mawarni, I., Saktisyahputra, Riyanto, J., & Diputra, G. I. S. (2024). MANAJEMEN PEMASARAN (Teori dan Strategi) (Issue April). https://www.researchgate.net/publication/379927743
Kotler, P., & Keller, K. L. (2022). Marketing Management, 1_77_kotler.pdf.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2021). Marketing Management (Edisi 16).
Kotler, P., Armstrong, G., Harris, L. C., & He, H. (2020). Principles of Marketing Eighth Europe an Edition. Eight European.
Maulana, B., Dayu, W., & Agustin, R. R. (2024). strategi komunikasi pemasaran e-commerce umkm menggunakan imc ( studi kasus pada galeri ulos sianipar ). 4307(4), 2061–2070.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D) (Sugiyono (ed.); 1st ed.). CV Alfabeta.
Tjiptono, F. (2019). Pemasaran Jasa Edisi Terbaru. Yogyakarta: Penerbit Andi. Undang-Undang Nomor, 15.
Widanti, A., Abdillah, W., & Murni, T. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap niat pembelian ulang pada konsumen Hypermart. Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 17(2), 172–186.