Pengaruh Literasi Keuangan dan Digital Payment terhadap Prilaku Konsumtif Generasi Z di Kecamatan Kuta selatan
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan dan digital payment terhadap perilaku konsumtif Generasi Z di Kecamatan Kuta Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan purposive sampling, di mana sebanyak 200 responden dipilih secara selektif berdasarkan kriteria tertentu yang relevan dengan tujuan penelitian.. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner online, kemudian dianalisis menggunakan metode regresi linier berganda dengan bantuan perangkat lunak SPSS. Penelitian ini mengungkap bahwa literasi keuangan dan penggunaan digital payment berperan positif dan signifikan dalam memengaruhi perilaku konsumtif. Dengan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 79,2%, model ini menunjukkan bahwa mayoritas variasi dalam perilaku konsumtif dapat dijelaskan oleh kedua variabel tersebut. Selain itu, rendahnya tingkat literasi keuangan dapat berkontribusi pada kurangnya kebijaksanaan dalam mengelola keuangan, sementara kemudahan digital payment mendorong transaksi impulsif. Temuan ini menegaskan perlunya peningkatan edukasi keuangan bagi Generasi Z untuk mengontrol pengeluaran secara lebih efektif. Rekomendasi penelitian ini mencakup peningkatan program literasi keuangan serta pengembangan fitur digital payment yang lebih mendukung manajemen keuangan pribadi.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Akbar, R. P., & Armansyah, R. F. (2023). Perilaku keuangan generasi Z berdasarkan literasi keuangan, efikasi diri, dan gender. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (JIMBis), 2(2), 107-124.
Elpa Julita, Idwal B., & Herlina Yustati. (2022). Pengaruh penggunaan Shopee Paylater terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Muslim. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(3), 2953-2957.
Gosal, M. A., & Linawati, N. (2018). Pengaruh intensitas penggunaan layanan mobile payment terhadap spending behavior. Seminar Nasional Dan Call for Papers, 23, 218–226.
Islami, F., Rafidah, & Lubis, P. A. (2023). Pengaruh penggunaan e-money dan sistem pembayaran Shopee Paylater terhadap perilaku konsumtif mahasiswa FEBI UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi dalam perspektif Syari’ah. INFOTECH Journal, 9(2), 339–344. DOI
Lutfiah, L., Basri, M., & Kuswanti, H. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif mahasiswa pendidikan ekonomi PPAPK FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(3).
Novianus, Y. (2023). Konsumtif: Indikator, faktor, dampaknya dan tips mengatasinya. Cermati.com.
Prasinta, F. I., Gendro Wiyono, & Alfiatul Maulida. (2023). Pengaruh literasi keuangan, gaya hidup, dan kontrol diri terhadap perilaku konsumtif di kalangan generasi Z. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(6), 3028-3038.
Putri, L. P., Christiana, I., Febriaty, H., & Safira, M. (2024). Pengaruh literasi keuangan dan gaya hidup terhadap pengelolaan keuangan pada generasi Z di kota Medan dimediasi oleh perilaku konsumtif. COMPETITIVE Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 8(2), 203-218.
Qurotaa’yun, Z., & Krisnawati, A. (2019). Pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif generasi milenial di kota Bandung. JAF (Journal of Accounting and Finance), 3(1), 46-53.
Rahmatika, A. N. M., Widyaningsih, B., & Al Qaedah, A. (2024). Pengaruh literasi keuangan dan sikap keuangan terhadap pengelolaan keuangan ibu rumah tangga dengan self-efficacy sebagai variabel intermediasi. Jurnal At-Tamwil: Kajian Ekonomi Syariah, 6(2), 154-175.
Rafsanjani, F. (2022). Pengaruh literasi keuangan dan inklusi keuangan terhadap kinerja non-keuangan pelaku UMKM di Kecamatan Pulo Gadung (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta).
Rumbik, F. E. R. F. E., Kurniawan, R., & Ginting, R. (2024). Menguak perilaku konsumtif generasi Z dalam penggunaan digital payment dan literasi keuangan berdasarkan mental accounting: Sebuah studi fenomenologi. Jurnal Akuntansi AKUNESA, 12(2), 163-171.
Sakti, W. (2023). Pengaruh penggunaan digital payment di kalangan milenial Tanjunguban (Doctoral dissertation, STIE Pembangunan Tanjungpinang).
Simarmata, R. E., Ivonne Stanley Saerang, & Lawren Julio Rumokoy. (2024). Pengaruh literasi keuangan, penggunaan digital payment, dan self control terhadap perilaku konsumtif mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 12(1), 462-475.
Widiantari, K. S., Mahadewi, I. A. G. D. F., Suidarma, I. M., & Arlita, I. G. D. (2023). Pengaruh literasi keuangan, e-money dan gaya hidup terhadap perilaku keuangan generasi Z pada cashless society. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(3), 429-447.
Zahrotunnisa, N., Fauziah, A. A., Rosyid, R. N., Affandi, M. F., Hidayat, W., & Ibrahim, Z. (2024). Analisis pengaruh literasi keuangan dan perilaku gaya hidup hedonisme terhadap perilaku konsumtif Gen Z pada mahasiswa UIN SMH Banten. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(5), 1271-1291.
https://bicara131.bi.go.id/knowledgebase/article/KA-01061/en-us