Pengaruh Content Quality, Price Perception, e-WOM terhadap Keputusan Pembelian Skincare ELFormula di TikTok Shop
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Kualitas Konten, Persepsi Harga, dan Electronic Word of Mouth (E-WOM) terhadap keputusan pembelian produk skincare ELFormula di platform TikTok Shop. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik purposive sampling, penelitian ini melibatkan 101 pengguna TikTok Shop di Kota Medan yang telah membeli produk skincare ELFormula. Data dianalisis menggunakan Structural Equation Modelling-Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Konten dan Persepsi Harga tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan E-WOM berpengaruh positif signifikan dengan koefisien jalur sebesar 0,673 dan effect size sebesar 0,764. Secara simultan, ketiga variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai R-square sebesar 0,893. Temuan ini mengindikasikan bahwa dalam konteks pembelian produk skincare di platform social commerce, ulasan dan rekomendasi dari konsumen lain merupakan faktor dominan yang memengaruhi keputusan pembelian dibandingkan dengan Kualitas Konten dan Persepsi Harga.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh brand image dan brand awareness terhadap keputusan pembelian. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 39-50. https://doi.org/10.30596/maneggio.v4i1.6766
Creswell, J. W. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th ed.). SAGE Publications.
Elsa, R. Y., & Fikriyah, K. (2022). Pengaruh e-WoM (Electronic Word of Mouth) terhadap keputusan pembelian kosmetik halal di Shopee. Journal of Islamic Economics and Finance Studies, 3(1), 55-69.
Fauzi, A. A., & Sijabat, Y. P. (2023). Pengaruh harga produk dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen TikTok Shop di Kota Magelang. Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis dan Ekonomi Kreatif, 2(1), 51-62. https://journal2.upgris.ac.id/index.php/jibeka
Mutiara, S., Hamid, R. S., & Suardi, A. (2021). Pengaruh kualitas layanan, persepsi harga dan cita rasa terhadap kepuasan konsumen. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 4(1). https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.300
Purnomo, R. A. (2016). Analisis statistik ekonomi dan bisnis dengan SPSS. WADE Group.
Rahmaningsih, D., & Sari, D. (2022). Pengaruh E-WoM di sosial media TikTok terhadap pembelian impulsif produk kosmetik di Indonesia. YUME: Journal of Management, 5(2), 371-378. https://doi.org/10.2568/yum.v5i2.2429
Ramayah, T., Cheah, J., Chuah, F., Ting, H., & Memon, M. A. (2018). Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) using SmartPLS 3.0: An updated guide and practical guide to statistical analysis (2nd ed.). Pearson.
Rosita, R., & Darlin, E. (2024). Pengaruh kualitas konten TikTok terhadap customer engagement pada customer Queensha. Jurnal Lentera Bisnis, 13(2). https://doi.org/10.34127/jrlab.v13i2.1129
Runiasari, M. (2021). Analisis kualitas konten dan interaktivitas merek dalam meningkatkan niat beli konsumen pada merek fesyen melalui Instagram menggunakan paradigma SOR. Prosiding The 12th Industrial Research Workshop and National Seminar, Bandung, 4-5 Agustus 2021.
Saputra, F. G., & Fadhilah, G. (2021). Pengaruh content marketing dan E-WoM pada media sosial TikTok terhadap keputusan pembelian generasi Z. Inovasi, 17(3), 505-512. https://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/INOVASI
Sarstedt, M., Ringle, C. M., & Hair, J. F. (2021). Partial Least Squares Structural Equation Modeling. Handbook of Market Research, July, 587–632. https://doi.org/10.1007/978-3-319-57413-4_15
Sihotang, H. (2023). Metode penelitian kuantitatif. UKI Press.