Analisis Live Streaming, Content Markerting Dan Celebrity Endrosment Terhadap Keputusan Pembelian Pada Media Sosial Tiktok di Kota Medan
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Live Streaming, Content Marketing, dan Celebrity Endorsement terhadap Keputusan Pembelian pada media sosial TikTok di Kota Medan. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan Explanatory Research, melibatkan 100 responden yang dipilih menggunakan rumus Hair et al. (2020). Data dikumpulkan melalui kuesioner online dan dianalisis menggunakan metode Structural Equation Modeling - Partial Least Square (SEM-PLS) dengan bantuan software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Content Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, sedangkan Live Streaming dan Celebrity Endorsement tidak menunjukkan pengaruh signifikan secara individu. Namun, secara simultan, ketiga variabel ini berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi strategi pemasaran di media sosial, khususnya TikTok.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Agusta, M. (2020). Analisis perilaku konsumen dalam keputusan pembelian. Jakarta: Penerbit Ekonomi.
Aulia, D., et al. (2023). Pengaruh celebrity endorsement terhadap keputusan pembelian di media sosial. Jakarta: Penerbit Digital.
Ghozali, I. (2018). Partial least squares: Konsep, teknik, dan aplikasi SmartPLS 3.0. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hair, J. F., et al. (2014). Multivariate data analysis (7th ed.). Pearson New International Edition.
Ibrahim, M., et al. (2024). Peran live streaming dalam meningkatkan minat konsumen di era digital. Jurnal Pemasaran Digital.
Mahendra, A. (2020). Strategi content marketing di era digital. Surabaya: Penerbit Inovasi.
Novia, S., et al. (2024). Pengaruh content marketing terhadap keputusan pembelian online. Jurnal Ekonomi Kreatif.
Pasaribu, L. N., & Purba, K. (2020). The influence of trust on the online purchase decisions with buying interest on the social networking site Instagram: Case study of online shop users on Instagram. Research, Society and Development, 9(10), e8669109119.
Rahmayanti, L., & Dermawan, R. (2023). Efektivitas live streaming sebagai media promosi produk. Yogyakarta: Media Digital.
Tedy, A., & Sitinjak, B. (2023). Algoritma pemasaran digital di era media sosial. Jurnal
Teknologi dan Bisnis.