Analisis Penjualan Produk Skincare Somethinc melalui Live Streaming pada Platform Digital TikTok

Main Article Content

Erwin Permana
Harnovinsah Harnovinsah
Sela Sarmila
Della Amelia

Abstract

Bisnis produk kecantikan menjadi bisnis yang populer saat ini. Berbagai merek produk kecantikan dengan berbagai tujuan penggunaan hadir dan mendapatkan konsumennya. Salah satu produk produk kecantikan dan memiliki konsumen yang besar adalah somethinc. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis penjualan produk skincare somethinc melalui live streaming pada platform digital TikTok. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data diperoleh berdasarkan hasil penelusuran observasi digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di platform Tiktok hingga mencapai 57,3 juta penonton dan berhasil menjual produk skincare sebanyak 3,9 juta produk di tiktok. Produk yang paling diminati oleh konsumen adalah serum wajah yang telah terjual sekitar 500 ribu produk.  Hasil penjualan produk skincare Somethinc pada tahun 2022 dapat mencapai 53,2 miliar. Strategi pemasaran yang digunakan Somethinc dibalik di balik kesuksesan penjualan produk skincare mereka melalui live streaming di platform Tiktok maupun di plaftform lainnya adalah dengan menerapkan program flash sale dan strategi komunikasi dengan pendekatan AIDA (Attention, Interest, Desire, Action). Selain itu, Brand Somethinc cukup sering memberikan diskon produk besar-besaran kepada para pelanggan setianya maupun calon pembeli baru, terutama pada acara-acara tertentu seperti akhir tahun atau pada tanggal tertentu sehingga akan menarik perhatian calon pembeli.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Permana, E., Harnovinsah, H., Sela Sarmila, & Della Amelia. (2025). Analisis Penjualan Produk Skincare Somethinc melalui Live Streaming pada Platform Digital TikTok. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 4(4), 6442–6454. https://doi.org/10.56799/ekoma.v4i4.8532
Section
Articles

References

Al Insani, N., Rafiah, K. K., & Sondari, M. C. (2024). The Effect Of Content Marketing Tiktok @Wardahofficial On Wardah Cosmetic Buying Interest With Attention, Interest, and Desire As Intervening Variables (Case Study of TikTok Users In Bandung City). International Journal of Management and Business Economics, 2(3). https://doi.org/10.58540/ijmebe.v2i3.590

Aprelyani, S., Ali, AUDIENS., & Hadita, AUDIENS. (2024). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Minat Beli Produk Skincare Somethinc Terhadap Keputusan Pembelian di E-commerce Shopee pada Generasi Z. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Digital, 2(3), 163-173.

Annisa, F., Fadli, M. R., Suherman, N., & Prawira, I. F. A. (2024). Analisis pengaruh strategi pemasaran melalui TikTok terhadap minat beli konsumen: Studi literatur. Jurnal Bisnis Mahasiswa, 4(1), 14-24.

Ariansyah, D., Dini, A. R., & Sukmawati, D. D. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Akun TikTok Winddam.id Melalui Live Streaming TikTok. Prosiding Seminar Nasional, 1(1), 1252–1261.

Armiani, F., Akmalia, P., Mahardika, R., & Permana, E. (2023). Strategi Pemasaran Digital Produk Scarlett Whitening dalam Meningkatkan Penjualan. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(3). https://doi.org/10.47467/elmal.v5i3.4225

Aurellia, T., Bonita, R. A., & Permana, E. (2022). Strategi Penjualan Chatime di Indonesia Pada Masa Pandemic. Jurnal Ilmu Komputer Dan Bisnis, 13(2a). https://doi.org/10.47927/jikb.v13i2a.383

Az-Zahra, P., & Sukmalengkawati, A. (2022). Pengaruh digital marketing terhadap minat beli konsumen. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 2008–2018.

Compas. (2022, September 15). Data penjualan serum brand lokal. Compas. Retrieved from https://compas.co.id/article/data-penjualan-serum-brand-lokal/

Dea. N., Fauztina, D., Diana, K. D., & Permana, E. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Produk Erigo. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2).

Devina febryani, & Permana, E. (2023). Strategi Pengembangan Kewirausahaan Mahasiswa di Kota Depok. Dedikasi : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.53276/dedikasi.v2i1.36

Dwi Nuraini, K., & Putra, F. I. F. S. (2024). MENGAPA PARA NETIZEN MEMUTUSKAN PEMBELIAN PADA PRODUK SKINCARE SOMETHINC? PENGARUH INFLUENCER, LIVE STREAMING DAN PROGRAM FLASH SALE. Dinamika: Jurnal Manajemen Sosial Ekonomi, 4(1), 27–37. https://doi.org/10.51903/dinamika.v4i1.417

Denzin, N.K. (1978). The Research Act: A Theoritical Introduction to Sociological Methods (2nd ed). New York: McGraw-Hill

Djawa, S. K., & Rahman, AUDIENS. (2023). Strategi TikTok marketing untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan. Lentera: Multidisciplinary Studies, 1(3), 184–190.

Farid, M., Pangestu, M. F., & Permana, E. (2022). Analisis Pemanfaatan Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Umkm “Diantara Cafe.” Jurnal Ilmu Komputer Dan Bisnis, 13(2). https://doi.org/10.47927/jikb.v13i2.345

Febriani, E. P., & Sudarwanto, T. (2023). Pengaruh brand image dan live streaming marketing di TikTok terhadap keputusan pembelian produk Somethinc. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(21), 290-303.

Ferdiansyah, O., & Permana, E. (2022). Peran start up untuk pengembangan kewirausahaan mahasiswa pasca pandemi covid 19 di Indonesia. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 7(2). https://doi.org/10.21067/jrpe.v7i2.6828

Handayani, S. P., & Permana, E. (2022). STRATEGI PEMASARAN MERCHANDISE KOREA DI KALANGAN GENERASI Z. Jurnal Ekonomi: Journal of Economic, 13(1).

Hardini, R., Iffa Nurani, M., Larasayu, F., & Permana, E. (2023). Strategi pemasaran bisnis kuliner menggunakan influencer di media sosial instagram pasca pandemi. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 8(2). https://doi.org/10.21067/jrpe.v8i2.8718

Hilmiyah, N., Erwin Permana, Iha Haryani Hatta, & Murti Widyaningsih. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Pelaku Umkm Kuliner Pada Masa Pandemi Covid - 19. JRB-Jurnal Riset Bisnis, 5(2). https://doi.org/10.35814/jrb.v5i2.3391

Indriyani, S., & Permana, E. P. (2022). Penggunaan Media Sosial Dalam Pengembangan Pemasaran dan Strategi Promosi Pada Usaha Menengah di Kota Pangkalpinang. Jurnal Ilmu Komputer Dan Bisnis, 13(2). https://doi.org/10.47927/jikb.v13i2.336

Ivanka, C. N., Ardhanari, M., & Kristyanto, V. S. (2023). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP PURCHASE INTENTION DENGAN BRAND EQUITY, BRAND ENGAGEMENT, DAN CUSTOMER BONDING SEBAGAI MEDIATOR PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SOMETHINC. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen : JUMMA, 12(1), 68–87. https://doi.org/10.33508/jumma.v12i1.4720

Kamsiyah, Jullimursyida, T. Edyansyah, & Naufal Bachri. (2024). Pengaruh Affiliate Marketing, Live Streaming Dan Program Flash Sale Terhadap Keputusan Pembelian Produk Somethinc Secara Online Pada Mahasiswa Universitas Malikussaleh. JIMU:Jurnal Ilmiah Multidisipliner, 2(04), 1050–1059. https://doi.org/10.70294/jimu.v2i04.488

Kuncoro, (2013). Metode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi. Jakarta: Erlangga

Mangundap, C., & Kede, A. (2023). Strategi Dan Perencanaan Komunikasi Dinas Pariwisata Dalam Pembentukan Kelompok Sadar Wisata Di Kabupaten Banggai. Babasal Communication Science, 1(1), 39–48.

Najla, N., Dewanthi, AUDIENS., & Permana, E. (2023). Strategi Mempertahankan Usaha Franchise Pada Minuman Mixue di Indonesia. Journal Of Business, Finance, and Economics (JBFE), 3(2).

Ningrum, D. F., & Umaroh, L. (2024). Efektivitas Strategi Live Streaming dalam Meningkatkan Minat Beli Generasi Z: Pendekatan AIDA pada Produk Kecantikan di E-commerce Shopee. Jurnal Bina Manajemen, 13(1), 113–127. https://doi.org/10.52859/jbm.v13i1.682

Nuraini, K. D., & Putra, F. I. F. S. (2024). Mengapa para netizen memutuskan pembelian pada produk skincare Somethinc? Pengaruh influencer, live streaming dan program flash sale. Dinamika: Jurnal Manajemen Sosial Ekonomi, 4(1), 27-37.

Octoviani, A., & Alfinatun, T. (2024). Pengaruh E-commerce Live Marketing Tiktok Dan Brand Image Terhadap Keputusan Membeli Konsumen Pada Local Brand Somethinc. Jurnal Bisnis, Logistik Dan Supply Chain (BLOGCHAIN), 4(2), 91–95. https://doi.org/https://doi.org/10.55122/blogchain.v4i2.1407

Octoviani, A., & Alfinatun, T. (2024). Pengaruh E-commerce Live Marketing Tiktok Dan Brand Image Terhadap Keputusan Membeli Konsumen Pada Local Brand Somethinc. Jurnal Bisnis, Logistik Dan Supply Chain (BLOGCHAIN), 4(2), 91–95. https://doi.org/https://doi.org/10.55122/blogchain.v4i2.1407

Permana, E., Santoso, R., Murdani, & Purwoko, B. (2022). Building Culinary Business Performance during the Covid-19 Pandemic: Transformational Leadership as a Trigger through Digital Capabilities. Journal of Culinary Science and Technology. https://doi.org/10.1080/15428052.2022.2040679

Qosasi, A., Permana, E., Muftiadi, A., Purnomo, M., & Maulina, E. (2019). Building SMEs’ competitive advantage and the organizational agility of apparel retailers in indonesia: The role of ICT as an initial trigger. Gadjah Mada International Journal of Business. https://doi.org/10.22146/gamaijb.39001

Riki, Amron, A., & Wismantoro, AUDIENS. (2024). Analysis of the Strategy for Using the TikTok Application as a Promotional Media in Increasing Consumers’ Purchase Intention (Beauty and Care Products). In Sixth International Conference on Applied Economics and Social Science (ICAESS 2024), 1(1), 388–404. https://doi.org/10.2991/978-94-6463-640-6_28

Rizky, M. F., & Permana, E. (2022). Analisis strategi bisnis menggunakan digital marketing pada UMKM pasca pandemi covid-19. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 7(2). https://doi.org/10.21067/jrpe.v7i2.6820

Sabila, A. K., & Lazuardy, I. T. (2024). Pengaruh viral marketing, online consumer review, dan live streaming terhadap keputusan pembelian produk skincare Somethinc pada platform TikTok. Cakrawangsa Bisnis: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 5(1), 57-71.

Sari, O. AUDIENS., Rukmana, A. AUDIENS., Munizu, M., Achmawati Novel, N. J., Salam, M. F., Hakim, R. M. A., Sukmadewi, R., & Purbasari, R. (2023). DIGITAL MARKETING: Optimalisasi strategi pemasaran digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Safitri, M. A., Pandjaitan, D. R., & Ramelan, M. R. (2024). Pengaruh Flash Sale Terhadap Pembelian Impulsif dengan Emosi Sebagai Variabel Mediasi Pada Produk Somethinc (Studi Pada Konsumen E-commerce Lazada di Bandar Lampung). Economics and Digital Business Review, 5(2), 543–559. https://doi.org/https://doi.org/10.37531/ecotal.v5i2.1278

Sekarwangi, P. T. C., Prawira, S. A., & Permana, E. (2022). Strategi Penggunaan Media Sosial Sebagai Media Promosi Coffee Shop. Jurnal Ilmu Komputer Dan Bisnis, 13(2a). https://doi.org/10.47927/jikb.v13i2a.362

Solomon, M. R. (2020). Consumer behavior: Buying, having, and being. Pearson.

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suhyar, S. V, & Pratminingsih, S. A. (2023). Pengaruh live streaming dan trust terhadap impulsive buying dalam pembelian produk skincare skintific. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(2), 1427–1438. https://doi.org/https://doi.org/10.37385/msej.v4i2.1773

Sulindra, A. N., Ningsih, A. AUDIENS., Wibowo, A., & Permana, E. (2022). Pemanfaatan Influencer Produk Somethinc Dalam Strategi Digital Marketing di Kalangan Masyarakat. Journal Of Business, Finance, and Economics (JBFE), 3(2).

Utami, D. A., Putri, S. A., & Permana, E. (2022). Pemanfaatan Shopeefood Sebagai Strategi Marketing Digital Pada UMKM di Depok Selama Covid-19. Jurnal Ilmu Komputer Dan Bisnis, 13(2a). https://doi.org/10.47927/jikb.v13i2a.382

Simanjuntak, T. AUDIENS., & Saputra, A. (2024). Pengaruh brand image, content influencer dan live streaming TikTok terhadap minat beli skincare Skintific di Batam. Arus Jurnal Sosial dan Humaniora, 4(2), 619-628.