Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan di Bengkel Motor SMS Surabaya

Main Article Content

Ahmad Gamal
Mira Gayatri Kartika
Wiwik Prihartanti
Agus Rahmanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen pada Bengkel Motor SMS Surabaya. Penelitian ini menggunakan sampel yang berjumlah 65 responden yang diperoleh menggunakan metode penentuan sampel oleh Hair, et al (2020).Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner yang disebarkan. Analisis data dengan regresi linier berganda digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan dan harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Bengkel Motor SMS Surabaya. kualitas layanan dan harga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Bengkel Motor SMS Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Gamal, A., Gayatri Kartika, M., Prihartanti, W., & Rahmanto, A. (2025). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan di Bengkel Motor SMS Surabaya. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 4(3), 5823–5832. https://doi.org/10.56799/ekoma.v4i3.8502
Section
Articles

References

Amirullah. (2021). Prinsip-prinsip Manajemen Pemasaran. Sidoarjo : Indomedia Pustaka

Alma, B. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta.

Diana, F. T. & A. (2016). Pemasaran Esesi dan Aplikasi. Andi.

Enos Julvirta. (2017). Pengaruh Penetapan Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan

Pelanggan Serta Implikasinya Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Topas Galeria Hotel

Bandung. Jurnal Elektronik Ilmu Komputer, 7, 1–14.

Gofur, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan.

Kothler, Philip & Amstrong, G. (2014). Prinsip-prinsip Manajemen (Edisi 14,). Erlangga.

Kothler, Philip & Amstrong, G. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran (Edisii13.). Erlangga.

Latoki, L., Chalil, H., & Ponirin. (2018). Pengaruh Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Asuransi Kendaraan Bermotor PT. Asuransi Jasindo (PERSERO) Cabang Palu. 6(4), 103–114.

Lupiyoadi, R. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa (edisi 3). Salemba Empat.

Nurhalimah, S., Leonardo Budi Hasiholan, SE, M., & Dra Cicik Harini, M. (2018). Analisis

Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Bengkel Garasi Di Ungaran). Journal of Management, 4(4), 1–15.

Pahlawan, M. R., Laba, A. R., Pakki, E., & Hardiyono, Nurlia. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Peningkatan Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan

Perusahaan Daerah air minum (PDAM) Kota Makasar. 3(2), 228–244.

Pandia, R. M., Kadunci, & Hutagalung, D. D. C. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga

Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Produk Air Mineral Aqua. Epigram,

(1), 67–76.

Pasharibu, Y., Paramita, E. L., & Febrianto, S. (2018). Price, service quality and trust on online transportation towards customer satisfaction. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 21(2), 241–266.

Pratiwi, U., & Maskan, M. (2019). Pengaruh Harga Dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan. Jurnal Aplikasi Bisnis, 5(2018), 21–24.

Rismawati. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Di Bamboo Family Massage and Reflexiology Bandung. 1(2), 48–62.

Sandjojo, N. (2011). Metode Analisis Jalur dan Aplikasinya. Pustaka Sinar Harapan.

Surip, N., Pawirosumarto, S., & Liestijati, F. (2017). The Effect of Products, Price and Service

Quality on Customer Satisfaction in “Rice for the Poors” Program. Russian Journal of

Agricultural and Socio-Economic Sciences, 72(12), 6–18. https://doi.org/10.18551/rjoas.2017-12.01.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa. Andi.

Widyastuti, T. (2017). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan

Tempe. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, 1(2), 233–240.

Yulisetiarini, D., & Prahasta, Y. A. (2019). The effect of price, service quality, customer value, and brand image on customers satisfaction of telkomsel cellular operators in east Java Indonesia. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(3), 5–9.

Zeithaml, V.A., M.J. Bitner, D. D. G. (2013). Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm (6th ed). Mc.Graw-