Peran Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Esteh Indonesia Di Cabang Tlogosari Semarang

Main Article Content

Yuniarti Wahyu Wijayanti
Masitha Fahmi Wardhani
Mahmud Mahmud
Ida Farida

Abstract

Tingginya persaingan bisnis makanan dan minuman, terutama es teh di Indonesia, menjadikan keputusan pembelian konsumen krusial. Esteh Indonesia cabang Tlogosari Semarang mengalami penurunan penjualan, sehingga penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan media sosial terhadap keputusan pembelian konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner melalui Google Form kepada 100 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data yang terkumpul dianalisis dengan IBM SPSS Statistics 24 melalui teknik deskriptif, uji instrumen, asumsi klasik, regresi linear berganda, uji hipotesis, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk, kualitas pelayanan, dan media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Esteh Indonesia cabang Tlogosari Semarang. Hal ini menekankan pentingnya peningkatan kualitas produk, pelayanan, dan pemanfaatan media sosial secara optimal untuk meningkatkan daya saing dan keberlanjutan perusahaan di tengah persaingan bisnis yang ketat.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Wijayanti, Y. W. ., Wardhani, M. F. ., Mahmud, M., & Farida, I. . (2025). Peran Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Esteh Indonesia Di Cabang Tlogosari Semarang. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 4(4), 6349–6367. https://doi.org/10.56799/ekoma.v4i4.8438
Section
Articles

References

Adita, Rama, Nersiwad, & Utami, B. (2023). Pengaruh Marketing Mix Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Minuman Mixue Cabang Mojosari. Jurnal Manajemen Riset Inovasi, 1(4), 01–18. https://doi.org/10.55606/mri.v1i4.1778

Andrian, Wijayaningsih, R., Hasanuddin, & Yoganingsih, T. (2024). The Role of Social Media, the Attractiveness of Advertising, Prices and its Implications on Purchasing Decisions at Café Business in Polewali Mandar, Western Sulawesi. Jurnal Manajemen Bisnis, Akuntansi Dan Keuangan, 3(1), 21–36. https://doi.org/10.55927/jambak.v3i1.9022

Anggi, L. S., Cahya, H. N., Aqmala, D., & Damar, H. (2024). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Point Coffee di Kota Semarang. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 3(3).

Assauri, S., & Kramadibrata, B. (2023). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Minuman Kekinian Haus di Galuh Mas Karawang. Maeswara : Jurnal Riset Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 1(6), 249–261. https://doi.org/10.61132/maeswara.v1i6.407

Astaivada, T. (2023). Pengaruh Promosi Media Sosial, Word of Mouth Dan Reference Group Terhadap Keputusan Pembelian Pada Umkm Jajanan Kuliner Di Pelabuhan Kamal. Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi dan Kewirausahaan, 3(2), 263–277. https://doi.org/10.55606/jimek.v3i2.1853

Baktiar, M. K., & Rochdianingrum, W. A. (2024). Pengaruh Promosi Aplikasi, Kualitas Produk, Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Coffeshop Belikopi. 13.

Barus, C. S., & Silalahi, D. (2021). Pengaruh Promosi Media Sosial Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Sosmed Cafe Abdullah Lubis Medan. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 1–15. https://doi.org/10.54367/jmb.v21i1.1182

Devi, S. O., Budiono, K., & Yusuf, H. F. (2024). Pengaruh harga, promosi, word of mouth, kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada minuman deles glenmore Banyuwangi.

Emylandi, R., & Istikomah, K. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian: (Studi pada Konsumen Kopi Kenangan di Rc Veteran Jakarta Selatan). Jurnal Manajemen Kewirausahaan dan Teknologi, 1(3), 98–110. https://doi.org/10.61132/jumaket.v1i3.322

Firdaus, N. R., & Saragih, D. R. U. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Media Sosial, Dan Suasana Toko Terhadap Keputusan Pembelian Di Kopcur Hj. Nawi Jakarta. 18(1).

Hariri, S. S. (2025). Pengaruh Pemasaran Media Sosial, Pengalaman Bersantap, Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Pada Coffee Shop Di Kota Tangerang. 13(6).

Mariana, A. R., Widiana, M. E., & Istanti, E. (2021). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Cincau Station Ciputra World Surabaya. Benchmark, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.46821/benchmark.v2i1.217

Marselia, S., Rismayanti, A. N., Iskandar, K., Mulyani, I. D., & Afridah, N. (2023). Pengaruh Daya Tarik Iklan, Kualitas Produk, Citra Merek, Serta Harga Terhadap Keputusan Pembelian Luwak White Coffee Di Toko Virdasari Desa Sitanggal Kabupaten Brebes. CiDEA Journal, 2(2), 160–178. https://doi.org/10.56444/cideajournal.v2i2.1369

Oktrichaendy, F. O., Pradhanawati, A., & Waloejo, H. D. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Lost In Coffee Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(3), 452–460. https://doi.org/10.14710/jiab.2022.34971

amadhani, N. N., & Baruno, A. D. (2024). Pengaruh Media Sosial, Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Coffee Shop Karmenseve Di Surabaya. 2.

Rudiansyah, A. J. (2022). Pengaruh Kualitas Produk,kualitas Layanan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Nescafe Dolce Gusto Di Surabaya. 11.

Silviyanah, & Hadisuwarno, H. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Boost Juice Mall Kota Kasablanka. 17(2).

Yuliyani, L., & Arizona, A. (2023). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Mixue Cabang Cilincing Jakarta. Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 5(1), 40–49. https://doi.org/10.31334/abiwara.v5i1.3609

Zamharira, & Mh Nainggolan, B. (2023). Product Quality, Price Perception and Social Media on Purchase Decisions at Cafe Kharisma. Journal of Management and Leadership, 6(1), 57–72. https://doi.org/10.47970/jml.v6i1.416