Peran Reputasi dan Rekomendasi dalam Memoderasi Hubungan antara Konten Media Sosial dan Minat Mahasiswa Baru

Main Article Content

Nur Elif
Ratna Putri Nilasari

Abstract

Dalam era digital saat ini, media sosial memainkan peran penting dalam membangun citra dan menarik minat calon mahasiswa ke perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh konten media sosial terhadap minat pendaftaran mahasiswa baru di Institut Asia Malang dengan mempertimbangkan peran reputasi institusi dan rekomendasi pihak ketiga sebagai variabel moderasi. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan metode survei terhadap calon mahasiswa yang telah terpapar konten media sosial institusi. Data dianalisis menggunakan analisis regresi berganda dan model persamaan struktural (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten media sosial yang informatif, visual, interaktif, dan emosional berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa baru. Reputasi institusi memperkuat hubungan antara konten media sosial dan minat mahasiswa baru, sedangkan rekomendasi pihak ketiga lebih berpengaruh dalam meningkatkan persepsi positif calon mahasiswa. Implikasi penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar bagi institusi pendidikan dalam merancang strategi pemasaran digital yang lebih efek.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Elif, N. ., & Nilasari, R. P. . (2025). Peran Reputasi dan Rekomendasi dalam Memoderasi Hubungan antara Konten Media Sosial dan Minat Mahasiswa Baru. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 4(4), 6261–6269. https://doi.org/10.56799/ekoma.v4i4.8402
Section
Articles

References

Astiti, N., dkk. (2024). Pengaruh Konten Media Sosial terhadap Minat Mahasiswa Baru. Jurnal Pemasaran Digital, 12(3), 45-59.

Astiti, W. P., & Kurniawan, A. (2024). Pengaruh Testimoni dan Aktivitas Kampus dalam Media Sosial terhadap Keputusan Pendaftaran Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 8(4), 59-74.

Fombrun, C., & Van Riel, C. (2004). Fame & Fortune: How Successful Companies Build Winning Reputations. Pearson.

Gonzales, R., et al. (2023). The Impact of Peer Recommendations on University Choice: A Case Study in Latin America. Higher Education Marketing Journal, 7(4), 90-104.

Hertin, A., & Pitra, D. (2024). Kampanye Media Sosial dan Dampaknya terhadap Penerimaan Mahasiswa Baru. Journal of Digital Marketing Research, 6(2), 134-150.

Himprodia, F. (2023). Media Sosial dan Kesadaran Merek dalam Pendidikan. Digital Media & Education Journal, 7(1), 34-50.

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2015). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of social media. Business Horizons, 53(1), 59-68.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2020). Marketing Management. Pearson Education.

Liu, Y., et al. (2021). Social Media Marketing and University Selection: A Global Perspective. Journal of Educational Marketing, 9(1), 25-40.

Manullang, M., & Simanjuntak, R. (2024). Strategi Media Sosial dalam Peningkatan Pendaftaran Mahasiswa Baru. Jurnal Manajemen Pemasaran, 10(1), 112-127.

Mehrabian, A., & Russell, J. A. (1974). An Approach to Environmental Psychology. MIT Press.

Petty, R. E., & Cacioppo, J. T. (1986). The elaboration likelihood model of persuasion. Advances in Experimental Social Psychology, 19, 123-205.

Rahman, T., & Abdullah, S. (2022). The Role of University Reputation in Student Enrollment Decision. International Journal of Higher Education, 11(2), 45-61.

Sahlan, M., & Sihombing, R. (2022). Strategi Komunikasi Digital dalam Pendidikan Tinggi. Jurnal Ilmu Komunikasi Digital, 5(3), 78-91.

Suyatna, A., dkk. (2023). Efektivitas Media Sosial dalam Mempromosikan Pendidikan Tinggi di Indonesia. Jurnal Komunikasi Digital, 15(2), 78-91.