Moderasi Wara’ terhadap Penggunaan Bahan Baku Perishabel Item pada UMKM di Kecamatan Tanete Riattang

Main Article Content

Tohar Nur Sahbudi
Arifin S
Aksi Hamzah

Abstract

Penelitian ini menganalisis peran konsep wara’ dalam penggunaan bahan baku yang mudah rusak pada UMKM di Kecamatan Tanete Riattang. Permasalahan utama yang diangkat adalah pemborosan bahan baku yang dapat mengancam keberlanjutan usaha. Dalam ekonomi syariah, wara’ dianggap mampu mendorong perilaku konsumsi yang lebih bertanggung jawab dan efisien, sehingga dapat meningkatkan daya saing UMKM dalam industri halal. Dengan pendekatan kuantitatif berbasis Theory of Planned Behavior (TPB), penelitian ini mengumpulkan data melalui kuesioner dan menganalisisnya menggunakan metode SEM dengan SmartPLS. Hasilnya menunjukkan bahwa hanya persepsi kontrol perilaku yang berpengaruh signifikan terhadap penggunaan bahan baku, sementara sikap dan norma subjektif tidak berpengaruh. Wara’ tidak berperan sebagai variabel moderasi, tetapi sebagai prediktor yang secara langsung mempengaruhi efisiensi penggunaan bahan baku. Implikasi penelitian ini menekankan pentingnya peningkatan kesadaran dalam mengelola bahan baku melalui penguatan kontrol perilaku dan penerapan nilai wara’. Oleh karena itu, disarankan adanya edukasi dan pelatihan bagi pelaku UMKM guna meningkatkan efisiensi bahan baku serta menerapkan prinsip wara’ dalam menjalankan usaha secara berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sahbudi, T. N. ., S, A. ., & Hamzah, A. (2025). Moderasi Wara’ terhadap Penggunaan Bahan Baku Perishabel Item pada UMKM di Kecamatan Tanete Riattang. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 4(4), 6455–6472. https://doi.org/10.56799/ekoma.v4i4.8187
Section
Articles

References

Aaker, D. A., & McLoughlin, D. (2010). Strategic market management: global perspectives. John Wiley & Sons.

Afrizal, L. H. (2008). Ibadah Hati. PT grafindo Media Utama.

Ajzen, I. (1991a). Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211. doi:10.1016/0749-5978(91)90020-TThe theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2).

Ajzen, I. (1991b). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211.

Al-Kumayi, S. (2004). Kearifan Spiritual dari Hamka ke Aa Gym. Pustaka Nuun.

Amirullah, S. M. (2015). Popolasi dan Sampel (pemahaman, jenis dan tekniki). Malang: Academia.

Arfiana, A. N., Djatna, T., & Machfud, M. (2021). Model Perencanaan Agregat untuk Sistem Produksi Two-Stage pada Industri Pangan dengan Bahan Perishable. Jurnal Teknologi Industri Pertanian, 31(1), 34–45.

Armitage, C. J., & Conner, M. (2001). Efficacy of the theory of planned behaviour: A meta‐analytic review. British Journal of Social Psychology, 40(4), 471–499.

Armstrong, K. &. (2018). Principles of Marketing. Pearson.

Aska, W. L. (2017). Implementasi The Theory Of Planned Behavior Terhadap Perilaku Pembelian Produk Kosmetik Ramah Lingkungan. UAJY.

Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The exercise of control (Vol. 604). Freeman.

Diana, N. (2017). Perilaku Mengkonsumsi Pangan Lokal: Aplikasi Theory Of Planned Behavior (TPB). Universitas Brawijaya.

Dunya, I. A. B. H. D. I. I. A. (2013). Metode Menyucikan Diri AlWara’(Menghindari Hal Yang Syubhat), terj. Anshari Taslim. Pustaka Azzam.

Faried, A. (1993). Menyucikan Jiwa : Konsep Ulama Salaf. Risalah Gusti.

Fishbein, M., & Ajzen, I. (1977). Belief, attitude, intention, and behavior: An introduction to theory and research.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hananta, S. K. R. (2022). Model Optimasi Perishable Product Dengan Mempertimbangkan Jenis Pembayaran, Pajak Karbon, dan Permintaan Bergantung Pada Umur Serta Harga Jual Produk.

Hardy, C., & Clegg, S. R. (1998). Studying organization: theory and method.

Hassan, L. M., Shiu, E., & Shaw, D. (2020). The role of values in the relationship between attitudes and behaviors: An investigation in the context of food waste. Journal of Consumer Behavior, 5(19), 461–471.

Husni, A. A. (2023). PENGARUH SIKAP PEDULI LINGKUNGAN, NORMA SUBJEKTIF, DAN KONTROL PERILAKU PEMBELIAN TERHADAP INTENSI MEMBELI PRODUK PAKAIAN. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Jogiyanto, H. (2018). Strategi Penelitian Bisnis. bpfe.

Johnson, M., Tennant, B., Newsome, J., Verrill, L., Lando, A., Liggans, G., Wu, F., Salter, M., & McNamara, K. (2022). Food Safety Culture Systematic Literature Review. 1–44.

Kotler, P., Keller, K. L., Brady, M., Goodman, M., & Hansen, T. (2016). Marketing Management 3rd edn PDF eBook. Pearson Higher Ed.

Mohammad Candra Prasetya, Erly Ekayanti Rosyida, and I. B. E. (2020). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Pesediaan Pada Produk Perishable Dengan Menggunakan Metode Single Vendor Multi-Retail. Universitas Islam Majapahit.

Mursidah, I., & Fartini, A. (2023). Strategi Mengembangkan Gaya Hidup Halal di Banten: Pengembangan Industri Produk Halal dan Kesadaran Bersyariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(01), 893–904.

Musianto, L. S. (2002). Perbedaan pendekatan kuantitatif dengan pendekatan kualitatif dalam metode penelitian. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 4(2), 123–136.

Paramita, K. D., Nadra, N. M., & Winia, I. N. (2022). Pemilihan Green Supplier untuk Bahan Baku Perishable dengan Metode Analytic Hierarchy Process pada Nunia Boutique Villa Seminyak. Politeknik Negeri Bali.

Permanasari, R., Setyaningrum, R. M., & Sundari, S. (2014). Model hubungan kompetensi, profesionalisme dan kinerja dosen. JBMP (Jurnal Bisnis, Manajemen Dan Perbankan), 1(2), 157–174.

Pratiwi, E. F. D., Subekti, I., & Fuad, A. (2015). Determinan perilaku nasabah pengguna mobile banking: model decomposed theory of planned behavior. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 19(3), 378–396.

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi. Jurnal Common, 3(1), 71–80.

Shihab, M. Q. (2007). Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an. Lentera Hati.

Solimun, N., & Fernandes, A. A. R. (2017). Metode Statistika Multivariat Pemodelan Persamaan Struktural (Sem) Pendekatan Warppls. Malang. Ub Press.(In Indonesian).

Stitou, N., & Rezgui, H. (2012). The Muslim Consumer as the Key Player in Halal. Grenoble: ASIDCOM, 1–10.

Sunarni, T., Setiawan, H., Alfian, A., & Samuel, S. (2022). Analisis Pengendalian Persediaan Perishable Product Di Bakery “X” Dengan Mempertimbangkan Faktor Kedaluwarsa. Saintek: Jurnal Ilmiah Sains Dan Teknologi Industri, 6(1), 24–33.

Tirtayasa, S., Lubis, A. P., & Khair, H. (2021). Keputusan pembelian: sebagai variabel mediasi hubungan kualitas produk dan kepercayaan terhadap kepuasan konsumen. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 5(1), 67–86.

Utari, N. K. (2018). Perilaku Konsumsi Fast Food Pada Remaja: Aplikasi Theory Of Planned Behavior. Universitas Brawijaya.