QRIS Untuk UMKM Kuliner Kekinian di Makassar : Efektifkah ?

Main Article Content

Sumarni S
Desfina Desfina
Baso R

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dalam meningkatkan omzet penjualan pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sektor makanan dan minuman kekinian di Kota Makassar. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di Kota Makassar Kec. Panakukkang dan Kec. Tamalate. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumemtasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau upaya penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan. Penggunaan QRIS terbukti efektif dalam meningkatkan efisiensi transaksi di UMKM makanan dan minuman kekinian di Makassar. QRIS memberikan kemudahan aksesibilitas pembayaran bagi pelanggan, mempercepat proses transaksi, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan memberikan keuntungan bersih bagi usaha. Meskipun terdapat kendala seperti gangguan jaringan, keuntungan yang diperoleh dari penerapan QRIS jauh lebih besar, memberikan peluang untuk pertumbuhan yang berkelanjutan dalam sektor UMKM

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
S, S., Desfina, D., & R, B. (2025). QRIS Untuk UMKM Kuliner Kekinian di Makassar : Efektifkah ?. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 4(4), 6177–6187. https://doi.org/10.56799/ekoma.v4i4.8061
Section
Articles

References

Adiyanto, M. R., Purnomo, A. S. D., & Setyo, A. (2021). Dampak tingkat literasi keuangan syariah terhadap minat menggunakan produk keuangan syariah. Jurnal Administrasi Kantor, 9(1), 1–12. https://doi.org/10.51211/jak.v9i1.1461

Aziz, M., Arifin, Z., Hwihanus, H., & Ratnawati, T. (2024). Pengaruh Sosial Budaya Persepsi Kemudahan dan Kepercayaan Pedagang terhadap Minat Menggunakan QRIS sebagai Metode Pembayaran Cashless. COMSERVA : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 3(10), 3960–3966. https://doi.org/10.59141/comserva.v3i10.1162

Christine, N. (2023). Efektifitas Penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) untuk Meningkatkan Omset Penjualan pada UMKM di Bandar Lampung (Studi Kasus Kl Cofee Bandar Lampung, Kopi Ketje Kedaton dan Marley’s Cafe). Jurnal EMT KITA, 7(3), 755–762. https://doi.org/10.35870/emt.v7i3.1262

Fittriyyah, F., Julia, J., & Vebstavili, V. (2024). Peningkatan efisiensi dan proteksi penerapan transaksi payment gateway berbasis QRIS pada UMKM di Kota Pangkalpinang. Jurnal Revenue: Jurnal Ilmiah Akuntansi, 5(2), 1776–1782. https://doi.org/10.46306/rev.v5i2.721

Gunawan, A., Fatikasari, A. F., & Putri, S. A. (2023). The effect of using cashless (QRIS) on daily payment transactions using the technology acceptance model. Procedia Computer Science, 227, 548–556. https://doi.org/10.1016/j.procs.2023.10.557

Hasanani, E. S., Mopangga, H., & Bumulo, F. (2024). Penerapan Pembayaran Qris Untuk Meningkatkan Transparansi Pengelolaan Keuangan Umkm Di Kota Gorontalo. Jurnal Studi Ekonomi Dan Pembangunan, 2(1). https://doi.org/10.37905/jsep.v2i1.26721

Hutagalung, R. A., Nainggolan, P., & Panjaitan, P. D. (2021). Analisis Perbandingan Keberhasilan UMKM Sebelum Dan Saat Menggunakan Quick Response Indonesia Standard (QRIS) Di Kota Pematangsiantar. Jurnal Ekuilnomi, 3(2), 94–103. https://doi.org/10.36985/07f8a660

Ihsan, N., & Siregar, S. (2024). Analisis Implementasi Sistem Pembayaran Quick Respond Indonesia Standard (QRIS) Di Pasar Bhakti Kisaran. Jurnal Darma Agung, 32(2), 704–717. https://doi.org/10.46930/ojsuda.v32i2.4279

Kurniawati, E. T., Zuhroh, I., & Malik, N. (2021). Literasi dan Edukasi Pembayaran Non Tunai Melalui Aplikasi QR Code Indonesian Standard (QRIS) Pada Kelompok Milenial. Studi Kasus Inovasi Ekonomi, 05(01), 23–30.

Lestari, D. T., Siburian, C. D. Y., & Ndraha, E. (2023). Sosialisasi Pengenalan dan Implementasi Sistem Pembayaran Digital Menggunakan QRIS pada UMKM. Eksis: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 14(2), 126–131. https://doi.org/10.33087/eksis.v14i2.403

Manurung, C. M., Sipahutar, J. N., Charolin, A., Saputra, Z. E., & Hasyim, H. (2024). Efektivitas Program Q-Ris (Quick Response Code Indonesian Standard) Oleh Bank Indonesia Dalam Meningkatkan Transaksi Non-Tunai. Global Leadership Organizational Research in Management, 2(3), 68–88. https://doi.org/10.59841/glory.v2i3.1310

Natalina, S. A., Zunaidi, A., & Rahmah, R. (2021). Quick Response Code Indonesia Standard (Qris) Sebagai Strategi Survive Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Masa Pandemi Di Kota Kediri. Istithmar, 5(2). https://doi.org/10.30762/istithmar.v5i2.85

Pinandito, A., & Brilliansyach, R. F. (2024). Efisiensi Penggunaan QRIS Dengan Merchant Presented Mode Dalam Transaksi Pembayaran Non-Tunai. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 11(4), 805–816. https://doi.org/10.25126/jtiik.1148570

Puriati, N. M., Sugiartana, I. W., & Mertaningrum, N. P. E. (2023). Efektivitas Penerapan Sistem Pembayaran Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) Pada Umkm Di Kabupaten Karangasem. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Humanika, 13(3), 332–338. https://doi.org/10.23887/jiah.v13i3.70942

Putri, R., Wiratama, P., Kurniawan, A., Sholihah, A., & Sari, Y. M. (2021). Sosialisasi Sistem Pembayaran Elektronik (Qris) Sebagai Upaya Meminimalisir Penyebaran Covid-19. Al-Mu’awanah, 2(2), 102–108. https://doi.org/10.24042/almuawanah.v2i2.10358

Ramayanti, R., Azhar, Z., & Nik Azman, N. H. (2025). Factors influencing intentions to use QRIS: A two-staged PLS-SEM and ANN approach. Telematics and Informatics Reports, 17(December 2024), 100185. https://doi.org/10.1016/j.teler.2024.100185

Rettobjaan, V. F. C., Widnyani, N. M., & Richadinata, K. R. P. (2023). The Influence of the Qris Payment System on Business Performance Denpasar City MSMEs. Journal of Economics and Public Health, 2(4), 155–162. https://doi.org/10.37287/jeph.v2i4.2643

Rosita, A. U., Sonia, D., Putra, D. H., & Fannya, P. (2024). Minat Pasien Menggunakan Metode Transaksi Pembayaran QRIS di Pelayanan Rawat Jalan RSUD Koja. Indonesian of Health Information Management Journal (INOHIM), 12(01), 23–30. https://doi.org/10.47007/inohim.v12i01.544

Salim, A. S., & Nopiansyah, D. (2023). Efisiensi Penggunaan Quick Response Code Indonesia Standart (Qris) Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Umkm Di Le Garden Palembang Indah Mall. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 11(2), 1385–1396. https://doi.org/10.37676/ekombis.v11i2.4028

Sudyantara, S. C., & Yuwono, A. (2023). Mengelola penggunaan QRIS dan QRcode dalam meningkatkan kualitas layanan bagi UMKM. Insight Management Journal, 3(3), 252–258. https://doi.org/10.47065/imj.v3i3.271

Sumarni, S., Wahyuni, N., & Baso, R. (2024). Praktik Literasi Keuangan Berbasis Nilai-Nilai Budaya Suku Kajang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), 10321–10334. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i4.14414

Usman, B., Rianto, H., & Aujirapongpan, S. (2025). Digital payment adoption: A revisit on the theory of planned behavior among the young generation. International Journal of Information Management Data Insights, 5(1), 100319. https://doi.org/10.1016/j.jjimei.2025.100319

Wahyu, S., Nasrullah, N., & ... (2024). the Effect of Ease and Speed on Interest in Using the Qris Payment System on Students Majoring in Management, Faculty of …. International Journal of …, 2(3), 793–800. https://ijerfa.afdifaljournal.com/index.php/ijerfa/article/view/128

Yuliati, T., & Handayani, T. (2021). Pendampingan penggunaan aplikasi digital qris sebagai alat pembayaran pada umkm. Communnity Development Journal, 2(3), 811–816.

Yuniarti, N. A. (2024). Kualitas SDM dan literasi keuangan pada UMKM di era digitalisasi: Systematic literature review. Jurnal Manajemen Dan Profesional, 5(2). https://doi.org/10.32815/jpro.v5i2.2312

Yuvita, Y., & Hafd, A. (2023). Efektivitas Penggunaan Quick Response Indonesia Standard (QRIS) di Pasar Tradisional Pabaeng-Baeng Kota Makassar. ECo-Buss, 6(2), 870–881. https://doi.org/10.32877/eb.v6i2.1052