Pengaruh Ice Breaking terhadap Minat Belajar Akuntansi pada Siswa Kelas XII Program IPS SMA Negeri 1 Takalar
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ice breaking terhadap minat belajar akuntansi pada siswa kelas XII program IPS SMA Negeri 1 Takalar. Variabel penelitian ini adalah ice breaking sebagai variabel bebas (X) dan minat belajar sebagai variabel terikat (Y). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Takalar yang berjumlah 62 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS berjumlah 62 siswa yang diambil dengan teknik pengambilan sampel sampling total. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistic deskriptif, uji instrument, uji normalitas dan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS 25 for windows. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh kesimpulan yaitu: (1) Terdapat perbedaan minat belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dimana minat belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, (2) Terdapat pengaruh pemberian ice breaking terhadap minat belajar siswa.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Adnan. (2020). Jurnal kinerja Kependidikan.Pengaruh Ice breaking terhadap Hasil Belajar pad Pembelajaran Tematik.
Aisyah Nur Faidah. (2020). Jurnal Sosial &budaya Pengaruh ice breaking terhadap minat belajar bahasa indonesia siswa.
Anggraini. (2018). Pengaruh Teknik Pembelajaran Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran IPA Kelas III. Lampung.
Arikunto, S & Jabbar, C. S. A. (2018).Evaluasi Program Pendidikan. Bumi Aksara.
Ilham. (2021). Jurnal pemikiran dan penelitian pendidikan dasar. Pengaruh Metode Ice Breaking terhadap minat belajar siswa.
Kompri.(2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa.Bandung: Remaja Rosdakarya.
Maulia. (2023). Jurnal Pendidikan.Implementasi dan manfaat ice breaking dalam meningkatkan minat dan hasil belajar.
Mery. (2021) Jurnal IKA.Pengaruh Ice Breaking Terhadap Hasil Belajar
Muharrir. (2022). Jurnal Pendidikan Islam. Pengaruh Ice Breaking dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik.
Nurlina. (2022). Belajar dan Pembelajaran. Widina Bhakti Persada Bandung
Oktio. (2022). Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman. Evektivitas Penggunaan Ice Breaking dalam Pembelajaran Daring
Rosamalah. (2019).Jurnal ilmiah ilmu pendidikan.Pengaruh Ice breaking terhadap Minat Belajar Siswa kelas V SD Negeri 10 Manurunge Kecamatan Tanete Riattang Kabupate Bone, 210.
Slameto. (2010). Belajar & Faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.
Siregar. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Kencana.
Sudaryono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Alfabeta.
Sunarto. (2017). Ice Breaking dalam pembelajaran Aktif. Surakarta:Cakrawala Media.
Syam, N. (2021). Jurnal Pendidikan. Pengaruh Ice Breaking Berbasis Media Poster terhadap Minat Belajar.
Syafrida. (2022). Jurnal Pendidikan. Pengaruh ice breaking jenis game terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiga Negeri 3 Rokan Hulu