Pengaruh Inovasi Produk dan Digital Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen Produk Fashion Brand Distibution Store Langky Kota Tasikmalaya

Main Article Content

Candra Sukmana
Setia Mulyawan
Suhendi Suhendi

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi pengaruh inovasi produk dan digital marketing terhadap loyalitas konsumen produk fashion brand Langky di Kota Tasikmalaya. Berdasarkan data APJII, pengguna internet di Indonesia mencapai 215,63 juta pada 2022-2023, hal ini mendorong perusahaan seperti Shopee dan Tokopedia untuk fokus pada penjualan berbasis internet. Konsumen kini mudah mengakses ulasan, membandingkan harga, dan berbagi pengalaman melalui media sosial. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh inovasi produk dan digital marketing terhadap loyalitas konsumen, baik secara parsial maupun simultan. Variabel penelitian merujuk pada teori Saraswati (2019) untuk inovasi produk, Ayu (2021) untuk digital marketing, dan Tjiptono (2022) untuk loyalitas konsumen. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif verifikatif dengan sampel 100 responden konsumen Langky. Teknik analisis data meliputi uji validitas, reliabilitas, regresi linear berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi produk dan digital marketing berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas konsumen, dengan nilai thitung > ttabel (Inovasi Produk: 4,223 > 1,661; Digital Marketing: 3,651 > 1,661). Secara simultan, kedua variabel juga berpengaruh signifikan (Fhitung = 28,053 > Ftabel = 3,09) dengan signifikansi 0,001 < 0,05. Koefisien determinasi sebesar 0,366 menunjukkan bahwa inovasi produk dan digital marketing memengaruhi loyalitas konsumen sebesar 36,6%, sementara sisanya dipengaruhi faktor lain

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sukmana, C., Mulyawan, S. ., & Suhendi, S. (2025). Pengaruh Inovasi Produk dan Digital Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen Produk Fashion Brand Distibution Store Langky Kota Tasikmalaya. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 4(4), 6473–6482. https://doi.org/10.56799/ekoma.v4i4.7998
Section
Articles

References

Ayu R., and M. S. Saino (2021) Pengaruh Digital marketing Dan Customer Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Produk Air Minum Cheers (Studi PT. ATLANTIC BIRURAYA). Jurnal Pendidikan Tata Niaga Vol.9 No.2: 1216-1222.

Aryani, M. (2021). Analisis Digital marketing Pada Hotel Kila Di Kabupaten Lombok Barat Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Visionary, VOL. 4 No.1.

Ayu, I. S. (2021). Peningkatan Kemampuan Promosi Online. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(5), 7-9.

Dkk, Indah Krisnawati. (2019) Strategi Digital marketing Dalam Perdagangan Hasil Tani Untuk Meningkatkan Pendapatan Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini 10, no. 2.

Eligius, M. A (2024) Pengaruh Digital marketing, Variasi Produk Dan Inovasi Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Board Games Cafe Batam, Journal Management and Bussines, ISSN : 2598-8301.

Fitrianti, Santi (2020) Pengaruh Digital marketing Dan Keputusan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Konsumen Quantum Private Kota Bandung). Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA.

Gede W., and I. G.A.K.S Ardani (2020) Pengaruh Digital marketing, Word Of Mouth, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen vol.9, No.7: 2596-2620.

Hasbullah, I. H (2022) Pengaruh Digital marketing Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada RSCH Clothing Medan, UNIVERSITAS MEDAN AREA.

Hilal, Nur. (2022) Pengaruh Inovasi Produk, Promosi Penjualan Dan KEPUASAN Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Digital Wallet OVO, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA.

Jajang Sugiat, S. R. (2022). Pengaruh Penetapan Harga Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Studi Kasus Pada Pusat Grosir Bandung. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 487-492.

Karim, A. K. (2022). Pemanfaatan Digital marketing Bagi asyarakat Tanjung Medan. Jurnal Mitra Pengabdian Farmasi, 1(3), 85-88.

Kusuma J., and H. P. Y. Setiawan (2022) Pengaruh Kalitas Layanan, Promosi Penjualan Dan Digital marketing Terhadap Loyalitas Konsumen GOJEK Di Denpasar. E-Jurnal Manajemen, vol. 11, No. 9: 1634-1656.

Manihuruk, B. K. (2023). Analisis Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Interventing Pada PT. Shopee Indonesia. Journal Business and Management, 11-23.

Sihombing N, Gultom C. (2022) Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Produk dan Kesesuaian Harga terhadap Loyalitas Konsumen pada Mahasisi Pengguna Hair Care Makarizo di Universitas HKBP Nommenens Medan. Jurnal Ilmu Sosial dan Politik, 2(2) 39-54.

Purba, Erwin T. P (2023) Analisis Perilaku Konsumen Pada Repeat Purchase Decision Dalam Transaksi Di-Ecomerce (Studi Pada Konsumen Tokopedia). Contemporary Studies In Economic, Finance and Banking, vol. 2, No. 4.

Putu Diah Saraswati, I. w. (2019). Peran Inovasi Produk Memediasi Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran Produsen Makanan Oleh-Oleh Khas Bali. EJurnal Manajemen, 6992-7012.

Quintania, M. &. (2020). Pengaruh Desain dan Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen dan Dampaknya pada Loyalitas Konsumen (Studi Kasus pada Konsumen Lipstik Wardah Kosmetik Jabodetabek). Media Ekonomi, 26- 38.

Zidan, M. F., Dhakhirah. S., (2023) Pengaruh Inovasi Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan McDonalds MT Haryono Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis. Vol. 9 No. 2. E-ISSN: 2407-5523