Pengaruh Store Atmosphere Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen : Studi Kasus Pada Konsumen Niscala Coffee

Main Article Content

Muhammad Raihan Nurfaizi
Rangga Restu Prayogo

Abstract

Niscala Coffee merupakan kedai kopi di kota Medan yang memiliki suasana klasik. Membangun loyalitas pelanggan merupakan tantangan bagi Niscala Coffee mengingat industri kedai kopi di kota Medan yang berkembang pesat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah loyalitas pelanggan di Niscala Coffee dipengaruhi oleh suasana dan tingkat layanan di kedai. Pelanggan yang membeli barang dari Niscala Coffee merupakan populasi penelitian ini, yang menggunakan metodologi kuantitatif dan memiliki ukuran sampel sebanyak 108. Temuan penelitian menunjukkan bahwa, secara parsial dan simultan, loyalitas pelanggan Niscala Coffee dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh lingkungan kedai dan kualitas layanan. Hasil ini menunjukkan betapa pentingnya mengendalikan suasana bisnis dan tingkat layanan dalam pesanan untuk memengaruhi loyalitas pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nurfaizi, M. R. ., & Prayogo, R. R. . (2025). Pengaruh Store Atmosphere Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen : Studi Kasus Pada Konsumen Niscala Coffee. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 4(4), 6419–6429. https://doi.org/10.56799/ekoma.v4i4.7812
Section
Articles

References

Arseto, D. D. (2023). Pengaruh store atmosphere, kualitas pelayanan dan keberagaman produk terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening (studi kasus pelanggan kafe kopi tm 100 kabupaten batu bara). Jurnal Ilmiah Edunomika, 07(02), 89. https://www.jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jie/article/view/12067

Dewi, T. F., & Mubarok, A. (2024). Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas Pelayanan, dan Harga Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan. Permana : Jurnal Perpajakan, Manajemen, Dan Akuntansi, 16(1), 69–94. https://doi.org/10.24905/permana.v16i1.352

Diany, A. A., Sangen, M., & Faisal, I. (2019). Pengaruh Sales Promotion Dan Store Atmosphere Terhadap Positive Emotion Dan Perilaku Impulse Buying Di Departement Store Matahari Duta Mall, Banjarmasin. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(1), 65. https://doi.org/10.20527/jwm.v7i1.176

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gunawan, C. B., & Syahputra, S. (2020). Analisis perbandingan pengaruh store atmosphere terhadap loyalitas pelanggan coffee shop di Bandung. Jurnal Manajemen Maranatha, 20(1), 51–62. https://doi.org/10.28932/jmm.v20i1.2935

Herlyana, E. (2012). Fenomena Coffee Shop Sebagai Gejala Gaya Hidup Baru Kaum Muda. ThaqÃfiyyÃT, 13(1).

Hidayat, F. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi: ArmaJaya Tour and Travel Kota Samarinda) [Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim]. http://etheses.uin-malang.ac.id/29832/1/16510035.pdf

Huda, O. K., & Nugroho, A. T. (2020). Pengaruh Word of Mouth dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Smartphone Oppo Dimediasi Kepercayaan Merek. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 22(02), 141. https://doi.org/10.33370/jpw.v22i02.436

Karim, D., Sepang, J. L., & Soepeno, D. (2020). Pengaruh Relationship Marketing Dan Suasana Kafe Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Rumah Kopi Billy Kawasan Megamas. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(1), 136–145.

Khoirul Imam, H., Zaid, S., Nur, N., Masri, M., & Madi, R. A. (2023). Pengaruh Store Atmosphere Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Indogrosir Kendari. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 15(1), 153–166.

Lupiyoadi, R. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa (3rd ed.). Salemba Empat.

Mihron, & Nuvriasari, A. (2023). Pengaruh Pengalaman Pelanggan, Store Atmosphere Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ekobis Dewantara, 2(3), 310–324. file:///C:/Users/HP/Downloads/3841-37-8309-1-10-20230906.pdf

Pendi, P. (2021). Analisis Regresi Dengan Metode Komponen Utama Dalam Mengatasi Masalah Multikolinearitas. Bimaster : Buletin Ilmiah Matematika, Statistika Dan Terapannya, 10(1), 131–138.

Rachman, H. F., & Wardhana, A. (2021). Pengaruh Store Atmosphere dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Konsumen Kopi Patok Di Kota Tasikmalaya). E-Proceedings Og Management, 8(4), 3740–3750. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/15364%0Ahttps://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/15364/15087

Sari, A. P., Safina, W. D., & ... (2019). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Draja Coffee Kualanamu Internasional Airport. Prosiding Seminar …, 1258–1266.

Susilawati, W., & Nugraha, D. A. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Ritel Dan Atmosfir Gerai Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Minimarket Yomart Wanaraja 2 Garut. Jurnal Wacana Ekonomi, 15(02), 009–019. www.jurnal.uniga.ac.id

Takwim, R. I., Asmala, T., & Johan, A. (2022). Pengaruh kualitas layanan dan store atmosphere terhadap customer loyalty. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(12), 5617–5622. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v4i12.2093

Tiofani, K., & Wikana prasetya, A. (2024). 3 Harapan Pemerintah untuk Kemajuan Kopi Indonesia, Tak Sekadar Ekspor. KOMPAS.Com. https://www.kompas.com/food/read/2024/03/22/163100375/3-harapan-pemerintah-untuk-kemajuan-kopi-indonesia-tak-sekadar-ekspor#:~:text=Ada peningkatan lebih dari setengah,an gerai pada 2023 lalu.&text=Eksistensi kopi Indonesia juga sudah lama dilirik negara

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa. Andi.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2017). Service, Quality dan Satisfaction Edisi 4. CV Andi Offset.

Utami, W. C. (2017). Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modren di Indonesia. Edisi 3 (3rd ed.). Salemba Empat.