Pengaruh Store Atmosphere dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Di Niscala Coffee
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana promosi dari mulut ke mulut dan suasana toko Niscala Coffee memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Teknik kuantitatif dari penelitian ini adalah dengan mendistribusikan kuesioner kepada 110 responden yang dipilih secara acak. Untuk menilai data, digunakan regresi linier berganda. Hasilnya menunjukkan bahwa suasana ritel dan promosi dari mulut ke mulut memiliki dampak positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Kedua aspek tersebut secara bersamaan memengaruhi keputusan pembelian. Temuan ini menyoroti betapa pentingnya mengelola suasana perusahaan dan menggunakan iklan dari mulut ke mulut untuk memengaruhi keputusan pelanggan.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Alimuddin Rizal Rivai, & R. A. M. (2022). No Title. Jurnal Mirai Management Pengaruh Citra Merek, Pengalaman Pembeli, Dan Word of Mouth Pada Niat Beli Ulang (Studi Pada Pembeli KFC Di Kota Semarang)., 263–276.
AMIRULLAH. (2022). Perilaku Pembeli Dan Pengambilan Keputusan Pembelian. Akademika, 20(2), 169–175. https://doi.org/10.51881/jak.v20i2.9
Arjunita, I., Lapian, S. L. H. V. J., & Lumantow, R. Y. (2021). Pengaruh Viral Marketing, Store Atmosphere, dan Brand Trust Pada Keputusan Pembelian Produk Kopi Tuya Manado. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 9(3), 437–446. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/viewFile/34756/32603
Arkam, M. M. (2020). Pengaruh Lokasi dan Store Atmosphere Pada Keputusan Pembelian di Warkop Suka Kopi Lesehan. 5(April).
Berman, & Evans. (2014). Retail Management. Pearson.
Chandra, M., Sampe, F., & Tahendrika, A. (2022). Pengaruh Store Atmosphere Dan Word Of Mouth Pada Keputusan Pembelian Pada Labuana Resto & Cafe Makassar. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Terapan (JESIT), 3(2), 229–246.
Diany, A. A., Sangen, M., & Faisal, I. (2019). Pengaruh Sales Promotion Dan Store Atmosphere Pada Positive Emotion Dan Perilaku Impulse Buying Di Departement Store Matahari Duta Mall, Banjarmasin. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(1), 65. https://doi.org/10.20527/jwm.v7i1.176
Dwi Apriliani, V., Waloejo, H. D., & Hadi, S. P. (2022). Pengaruh Store Atmosphere dan Keragaman Produk pada Keputusan Pembelian (Studi pada Pembeli Susu Moeria Café di Kabupaten Kudus). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(2), 180–187. https://doi.org/10.14710/jiab.2022.34303
Ena, M. (2019). No Title. Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayan, Lokasi Dan Word of Mouth Pada Keputusan Pembelian Di Chezz Cafeneta. Journal of Management.
Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen (5th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponogoro.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate. Universitas Diponegoro.
Halim. (2016). No Title. Pengaruh Store Atmosphere, Store Image, Dan Kepuasan Pembeli Pada Keputusan Pembelian Di Toko Buku Gramedia Cabang Gajah Mada Medan (Studi Kasus Pada Mahasiswa Kedokteran Methodist Medan)., 3(1).
Hasan, A. (2010). No Title. “Marketing Dari Mulut Ke Mulut (Word of Mouth Marketing)”.
Hasan, A. (2013). Marketing dari Mulut ke Mulut Word Of Mouth Marketing. Media Presindo.
Ikhsani, K., & Ali, H. (2017). Keputusan Pembelian: Analisis Kualitas Produk, Harga dan BrandAwareness (Studi Kasus Produk Teh Botol Sosro di Giant Mall Permata Tanggerang. 7(3), 523–541.
Joseph Franklin Hair, Christian M. Ringle, G. Tomas M. Hult, M. S. (2022). A Primer on Partial Least Squares Structural Equition Modeling (PLS-SEM).
Khoir, I., & Tjahjaningsih, E. (2023). Pengaruh Word Of Mouth dan Store Atmsophere pada Kepuasan dan dampaknya pada Loyalitas (Studi pada Pelanggan Antariksa Kopi Semarang). Ekonomis: Journal of Economics and Business, 7(1), 240. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v7i1.877
Kotler, P, & Keller, K. . (2012). Marketing Management (14th ed). Pearson Education.
Kuncoro, M. (2013). Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi (4th ed.). Erlangga.
Liswandany, F., Supriyono, & Fitriyah, Z. (2022). Pengaruh Lokasi dan Word Of Mouth pada Keputusan Pembelian pada Dolan Kopi Surabaya. SEIKO : Journal of Management & Business, 5(2), 71–80.
Ma’ruf. (2006). Pengaruh Store Atmosphere Dan Word Of Mouth Pada Keputusan Pembelian Pada Labuana Resto & Cafe Malaka. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Terapan (JESIT), 3(2), 229–246.
Mahiri, E. A. (n. d. ). (n.d.). No Title. Jurnal Ilmiah Manajemen Pengaruh, Brand Image Dan Store Atmosphere Pada Keputusan Pembelian Pada Pembeli Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Mart Banjaran.
Mariana Puspa Dewi. (2021). Pengaruh Store Atmosphere, Social Media Promotion, Word Of Mouth Pada Keputusan Pembelian Di Habbit Eatery Malang Mariana. 2(2).
Maulana, F. R., Hasnita, N., & Evriyenni, E. (2020). Pengaruh Pengetahuan Produk Dan Word Of Mouth Pada Keputusan Nasabah Memilih Bank Syariah. JIHBIZ :Global Journal of Islamic Banking and Finance., 2(2), 124. https://doi.org/10.22373/jihbiz.v2i2.8644
Miranda, S. G. (2021). Pengaruh Store Atmosphere dan Word Of Mouth Promotion Pada Keputusan Pembelian Pada Cafe Kopi Pedalaman Jambi. Jurnal Dinamika Manajemen, 9(4), 189–200.
Nurfauzi, Y., Taime, H., Hanafiah, H., Yusuf, M., Asir, M., Majenang, S., Jambatan Bulan, S., Bina Bangsa, U., Bandung, S., & Makassar, I. (2023). Literature Review: Analysis Of Factors Influencing Purchasing Decisions, Product Quality And Competitive Pricing Literature Review: Analisis Faktor yang Memberi dampak Keputusan Pembelian, Kualitas Produk dan Harga Kompetitif. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(1), 183–188. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Philip Kotler dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 2. Erlangga.
Pratama, ferina nadya. (2020). PENGARUH STORE ATMOSPHERE, HARGA, DAN WORD OF MOUTH PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Pada Cafe Kolong Jember.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Tahir, M. (2023). Analisis pengaruh harga dan kualitas produk pada keputusan pembelian. Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Manajemen, 19(2), 378–385.
Tanjung, A. (2020). Pengaruh Store Atmosphere, Lokasi Dan Promosi Pada Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Pelita Bangsa, 05(03), 1–18.