Pengaruh Kualitas Produk Dan Desain Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Eiger Adventure Cimahi

Main Article Content

Bayu Sofiyuloh
Budiman Budiman
Suhendi Suhendi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Produk (X1) dan Desain Produk (X2) terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) di Eiger Adventure Cimahi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif verifikatif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif statistik, uji instrumen penelitian, analisis linier berganda, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan uji t Kualitas Produk (X1) diperoleh nilai t hitung 8,598 > t tabel 1,667 dan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 yang berarti secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y), sedangkan Desain Produk (X2) diperoleh nilai t hitung -4,672 < -1,667 t tabel dan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 yang artinya secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y). Hasil penelitian berdasarkan uji f diperoleh nilai f hitung 90,659 > 3,130 f tabel dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 yang berarti bahwa Kualitas Produk (X1) dan Desain Produk (X2) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y). Nilai R Square (koefisien determinasi) sebesar 0,724. Artinya variabel independen kualitas produk (X1) dan desain produk (X2) dapat mempengaruhi variabel dependen (Y) sebesar 0,724 atau 72,4%, sedangkan sisanya 27,6% dipengaruhi variabel lain diluar variabel yang diteliti.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sofiyuloh, B., Budiman, B., & Suhendi, S. (2025). Pengaruh Kualitas Produk Dan Desain Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Eiger Adventure Cimahi . EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 4(4), 6196–6204. https://doi.org/10.56799/ekoma.v4i4.7685
Section
Articles

References

Daga, R. (2017). Citra, Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan. Gowa: Global Research And Consulting Institute.

Ghozali, Imam. (2009). “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS “. Semarang: UNDIP

Kotler, P., & Lane Keller, K. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga Belas: terjemah Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Sanusi, Anwar. (2011). Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Agustina, E. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Percetakan Aneka Jaya Pematangsiantar . Jurnal Manajemen Maker.

Anggraini, D. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Desain Produk Terhadap Loyalitas Konsumen . Jurnal Equilibiria.

Anggraini, F., & Budiarti, A. (2020). Pengaruh harga Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan Pada Konsumen Gojek. Jupe.

Ariella, I. R. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mazelnid. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis.

Arif , D., Febrianto, M. E., & Gatot, M. (2021). Pengaruh Desain Produk, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Sepatu Specs. Jurnal Ecopreneur.

Laksmono, P., & Khomariyah, A. N. (2007). Analisa Kualitas Layanan sebagai Pengukur Loyalitas Pelanggan Hotel Majapahit Surabaya dengan Pemasaran Relasional sebagai Variabel Intervening. Jurnal Bisnis Manajemen Perhotelan.

Listyawati, I. H. (2016). Peran Penting Promosi Dan Desain Produk Dalam Membangun Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Manajemen dan Akuntansi.

Maidiana, & Sari, M. (2021). Ayat-Ayat Tentang Fungsi Manajemen. Journal Of Education.

Mashuri. (2020). Analisa Dimensi Loyalitas Pelanggan Berdasarkan Perspektif Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita.

Maulidio R. & Dwiastanti, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Amstirdam Coffee di Malang. Jurnal Ilmu-ilmu Sosial.

Priandewi, N. M. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Di E-Commerce Lazada. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan.

Saraswati, M. L., Pradhanawati, A., & Hidayat, W. (2015). Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kampung Batik Wiradesa, Kabupaten Pekalongan. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis.

Sari, Y. L., & Atmojo, C. T. (2020). Pengaruh Desain Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Kafe Di Jombang. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan Bisnis dan Manajemen.

Sofia, S., Mufti, D., & Syahabuddin. (2024). Pengaruh Citra Merek dan Desain Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Produk Celcius Kota Sorong. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan.

Sriyanto, A., & Utami, A. D. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Produk Dadone di Jakarta. Jurnal Ekonomika dan Manajemen.