Perencanaan Strategis untuk Pengembangan Kurikulum Madrasah Berbasis Pesantren
Main Article Content
Abstract
Untuk mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan di setiap jenjang dan jenis pendidikan, baik di tingkat nasional maupun lingkungan sekitar, perencanaan sangat penting dalam pendidikan Islam. Hal ini tentunya juga akan memberikan pengaruh yang besar terhadap kemajuan kualitas dan mutu pendidikan agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan kurikulum madrasah berbasis pesantren. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang penelitian diperoleh melalui studi pustaka atau literatur. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan kurikulum dapat bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan di masa depan. Selain akademik, madrasah berbasis pesantren seringkali fokus pada pengembangan keterampilan hidup dan kepemimpinan, melalui berbagai kegiatan ekstrakurikuler. Madrasah berbasis pesantren berperan penting dalam menciptakan generasi yang tidak hanya unggul dalam bidang akademik maupun agama, namun juga memiliki etika yang baik dan kepedulian sosial yang tinggi
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Adiyono, Adiyono, Julaiha Julaiha, and Siti Jumrah. 2023. “Perubahan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia Paser.” IQRO: Journal of Islamic Education 6(1):33–60. doi: 10.24256/iqro.v6i1.4017.
Albab, Ulil. 2021. “Perencanaan Pendidikan Dalam Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan Islam.” Jurnal Pancar 5(1):119–26. doi: 10.52574/syiahkualauniversitypress.270.
Artifudin, Moh., Fatma Zahara Sholeha, and Lilis Fikriya Umami. 2021. “Planning (Perencanaan) Dalam Manajemen Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Islam 2. doi: 10.54471/moderasi.v1i1.4.
Ayudia, Inge, Wilibaldus Bhoke, Rici Oktari, Maria Carmelita, Veronike Salem, Majidah Khairani, Fitri Mamontho, Merika Setiawati, Nurhayati, Nurhidayati, and Meike Imbar. 2023. Pengembangan Kurikulum. Pertama. edited by Sarwandi. PT. Mifandi Mandiri Digital.
Badrudin, Firgiawan Rangga Saputra, Linda Tazkiyatul Munawaroh, Muhamad Sidiq Jaelani, and Hidayat. 2023. “Manajemen Kurikulum Madrasah Berbasis Pesantren Di MI Al-Khudamat Sumedang.” Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 6(01):221–34. doi: 10.30868/im.v4i02.3719.
Dhuka, Moh. Nur. 2022. “Perencanaan Strategis Mutu Pendidikan Agama Islam.” Journal of Industrial Engineering & Management Research 3(5):287–98.
Fatirul, Noor Achmad. 2022. “Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21.” Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran 1(02):56–67. doi: 10.58812/spp.v1.i02.
Haryono, Eko. 2023. “Metodologi Penelitian Kualitatif Di Perguruan Tinggi Keagamaaan Islam.” E-Journal an-Nuur: The Journal of Islamic Studies 13:1–6.
Hidayat, Moch Charis, and Aldo Redho Syam. 2020. “Urgensitas Perencanaan Strategis Dan Pengelolaan Sumber Daya Manusia Madrasah Era Revolusi Industri 4.0.” AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education 4(1):1. doi: 10.24269/ajbe.v4i1.2100.
Maria, Rika, and Hadiyanto Hadiyanto. 2021. “Urgensi Perencanaan Strategis Dalam Meningkatkan Pengembangan Dan Mutu Pendidikan.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3(5):2012–24. doi: 10.31004/edukatif.v3i5.742.
Mujiati, Siti Honiah, and Rita Sulastini. 2021. “Manajemen Pengembangan Kurikulum Dalam Mewujudkan Pendidikan Bermutu Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (Min) 1 Purbalingga.” Cakrawala: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial 5(2):33–58. doi: 10.33507/cakrawala.v5i2.369.
Muljawan, Asep. 2020. “Model Dan Strategi Manajemen Lembaga Pendidikan Islam.” Jurnal Tahdzibi : Manajemen Pendidikan Islam 5. doi: 10.36769/asy.v20i2.81.
Nabilata, Lub Liyna. 2023. “Revitalisasi Madrasah Berbasis Pesantren Dalam Sistem Pendidikan Islam Di Era Disruptif.” POJOK GURU: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan 1(1):97–110.
Qurtubi, Moh, and Saman Hudi. 2022. “Peran Kiai Dalam Mengembangkan Kurikulum Lokal Di Pesantren Nurul Islam 1 Jember.” Jurnal Pendidikan Dan Kajian Aswaja 6(1):1–20. doi: 10.56013/jpka.v6i1.690.
Ramadani, Febry. 2020. “Model Organisasi Dan Model Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab Madrasah Berbasis Pesantren Di Ibnul Qoyyim Yogyakarta.” Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 4(01):99–126. doi: 10.32699/liar.v4i01.1203.
Yanti, Yuli Ferbi. 2023. “Manajemen Pengembangan Kurikulum Berbasisi Pesantren Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Madrasah Tsanawiyah Alhidayah Muara Telang.”
Yenny Dwi Suharyani, Djumarno. 2023. “Perencanaan Strategis Berkelanjutan.” Jurnal Ilmiah Global Education 2(2):767–78.
Yusril, Muh, Ahmad Fauzi Yusri, Universitas Islam Negeri, and Alauddin Makassar. 2023. “Konsep Perencanaan Strategis Di Lembaga Pendidikan.” Journal of Management Education 2(2):205–12.