Pengembangan Inovasi Dan Diversifikasi Produk Home Industry Pengalengan Bumbu Masak Khas Tradisional Pada CV. Budi Lestari Jaya Di Sidoarjo
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitiajn ini adalah menganalisis strategi pengembangan inovasi dan diversifikasi produk bumbu masak tradisional pada CV. Budi Lestari Jaya. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif . Lokasi penelitian di CV. Budi Lestari Jaya, Kelurahan Geluran, Kecamatan Taman, Sidoarjo. Teknik pengumpulan data yaitu 1. Wawancara Mendalam (In Depth Interview), 2. Focus Group Discussion (FGD), 3. Observasi dan 4. Dokumentasi. Analisis data meliputi data penyajian data, reduksi data dan verifikasi atau penerikan kesimpulan. Hasil penelitian Inovasi Pengalengan Bumbu Masak meliputi : Pemasaran Online, Teknologi Sterilisasi dan Label dan Branding sedangkan Diversifikasi Produk meliputi : Produk Berdasarkan Rasa dan Kebutuhan, Format Baru. . Dengan inovasi dan diversifikasi produk merupakan strategi penting bagi CV. Budi Lestari Jaya untuk mempertahankan daya saing dan keberlanjutan bisnis. Dengan menghadirkan berbagai varian bumbu masak khas tradisional, baik dari segi cita rasa, kemasan, maupun manfaat kesehatan, perusahaan tidak hanya dapat memenuhi kebutuhan konsumen yang beragam, tetapi juga memperkuat posisinya sebagai produsen bumbu masak berkualitas di pasar lokal maupun nasional.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Andayani, I., Roesminingsih, M. V., & Yulianingsih, W. (2021). Strategi Pemberdayaan Masyarakat Pelaku UMKM Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Nonformal. https://doi.org/10.17977/um041v16i1p12-20
Andika, A., Fadhilah, M., & Lukitaningsih, A. (2021). Membangun Keunggulan Kompetitif Melalui Orientasi Pasar, Kreativitas Produk dan Inovasi Produk Pada IKM Kerajinan Kabupaten Bantul Yogyakarta. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains). https://doi.org/10.33087/jmas.v6i2.257
Assauri, S. (2018). Manajemen Bisnis Pemasaran. In Rajawali Pers.
Avriyanti, S. (2021). Strategi bertahan Bisnis di tengah Pandemi Covid-19 dengan memanfaatkan Bisnis Digital. Jurnal Stiatabalong.
Badan Pusat Statistik. (2022). Badan Pusat Statistik (BPS) 2022. Statistik Indonesia 2022.
Chen, Y., Tang, G., Jin, J., Xie, Q., & Li, J. (2014). CEOs’ transformational leadership and product innovation performance: The roles of corporate entrepreneurship and technology orientation. In Journal of Product Innovation Management. https://doi.org/10.1111/jpim.12188
Costa, V., & Monteiro, S. (2016). Key knowledge management processes for innovation: a systematic literature review. In VINE Journal of Information and Knowledge Management Systems. https://doi.org/10.1108/VJIKMS-02-2015-0017
Cresswell, J. W., Plano-Clark, V. L., Gutmann, M. L., & Hanson, W. E. (2003). Advanced mixed methods research designs. Handbook of Mixed Methods in Social and Behavioral Research.
Ekmarinda, E. Y. (2022). Peningkatan Pemasaran Dengan Labeling Dan Pencatatan Akuntansi Untuk Produk Bagi Ukm Daffa. Progress Conference, 5(2), 245–253. http://proceedings.itbwigalumajang.ac.id/index.php/progress/article/view/504%0Ahttps://proceedings.itbwigalumajang.ac.id/index.php/progress/article/download/504/405
Hackmann, M. B. (2019). Incentivizing better quality of care: The role of medicaid and competition in the nursing home industry. American Economic Review, 109(5), 1684–1716. https://doi.org/10.1257/aer.20151057
Hermawan, S., & Amirullah. (2016). METODE PENELITIAN BISNIS: Pendekatan kuantitatif&kualitatif. Metode Penelitian Bisnis Bandung.
Hirmantono, A., Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan, I., & Tadulako, U. (2021). Strategi Pemasaran UMKM di Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus UMKM di Kawasan Pondok Pesantren Darul ’Ulum Jombang (MSME Marketing Strategy during the Covid-19 Pandemic: Case study of UMKM in the Area of Pondok Pesantren Darul ’Ulum Jombang). Jurnal Bisnis Dan Pemasaran Digital (JBPD), 1(1), 43–48.
Hotima, S. H., & Sufa’ati, S. (2021). ANALISIS STRATEGI INOVASI DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PRODUK OLAHAN DAUN KELOR PADA CV. KREATIF MARONGGIH CENTER COMMUNITY. Majalah Ilmiah Dian Ilmu. https://doi.org/10.37849/midi.v20i1.208
Hurriyati, R. (2008). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.
Indrawati, R., Cahyono, S., & Putra, D. E. (2019). Inovasi Teknologi Produksi Gula Semut di Tasikmalaya. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat. https://doi.org/10.28989/kacanegara.v3i1.477
Iriananda, S. W. (2021). Diversifikasi produk dan inovasi kemasan produk makanan pada usaha daun rempah catering. Ciastech, 723–728.
Khairunnisa, C. M. (2022). Pemasaran Digital sebagai Strategi Pemasaran: Conceptual Paper. JAMIN : Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis. https://doi.org/10.47201/jamin.v5i1.109
Kotler, P., & Keller, K. L. (2020). Manajemen pemasaran : Jil. 1 / Philip Kotler, Kevin Lane Keller ; alih bahasa Bob Sabran. In Management Studies and Entrepreneurship.
Miles, M. A. (1994). Miles and Huberman (1994)- Chapter 4.pdf. In Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook.
Nikmah, M., & Siswahyudianto, S. (2022). Strategi Diferensiasi untuk Menciptakan Keunggulan Kompetitif pada UMKM Catering Pawon Gusti Desa Surondakan Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Madani. https://doi.org/10.51353/jmbm.v4i1.627
Oktaviani, fadilla hidayatun. (2023). variasi suhu dan lama pengeringan terhadap mutu masakan sepat instan. 6.
Peter, J. P., & Olson, J. C. (2009). Consumer Behavior & Marketing Strategy. In Dana.
Pradiani, T. (2018). PENGARUH SISTEM PEMASARAN DIGITAL MARKETING TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN HASIL INDUSTRI RUMAHAN. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45
Ramadhan, A., & Games, D. (2022). Proyek Pengembangan Produk Makanan Tradisional Dendeng Balado Kemasan “Nan Taraso.” Analisis, 12(2), 118–138. https://doi.org/10.37478/als.v12i2.1938
Rofaida, R., Suryana, Asti Nur Aryanti, & Yoga Perdana. (2020). Strategi Inovasi pada Industri Kreatif Digital: Upaya Memperoleh Keunggulan Bersaing pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Manajemen Dan Keuangan. https://doi.org/10.33059/jmk.v8i3.1909
Sari, C. I., Studi, P., Bisnis, M., Universitas, S., Negeri, I., Yunus, M., Studi, P., Bisnis, M., Universitas, S., Negeri, I., Yunus, M., Studi, P., Bisnis, M., Universitas, S., Negeri, I., Yunus, M., Shobirin, K., Studi, P., Bisnis, M., … Informasi, T. (2024). Pengaruh Inovasi , Strategi Diversifikasi Dan Teknologi Informasi Terhadap Perkembangan UMKM Halal. 05(02), 331–346.
Setiawan, H. (2012). pengaruh orientasi pasar, orientasi teknologi dan inovasi produk terhadap keunggulan bersaing usaha songket skala kecil di kota Palembang. Jurnal Orasi Bisnis.
Sugiyono. (2018). Sugiyono Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif.
Suhartono, I. (2010). Manajemen Kinerja Pada Perusahaan Bisnis Dari Manajemen Kinerja Tradisional ke Manajemen Kinerja Baru. J Ilmiah Among Makarti.
Taimenas, E., & Falo, M. (2017). Dampak Faktor Sosial Ekonomi terhadap Produksi Home Industri Tempe di Kelurahan Oelami Kecamatan Bikomi Selatan. AGRIMOR. https://doi.org/10.32938/ag.v2i03.310
Tarida, Y. (2012). Strategi Diferensiasi Produk, Diversifikasi Produk, Harga Jual dan Kaitannya Terhadap Penjualan Pada Industri Kerajinan Rotan Di Kota Palembang. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 10(2), 124–142.
Tjiptono, F. (2008). Pemasaran Strategi. In Yogyakarta: Penerbit Andi Yogyakarta.
Yudianto, A., & Nurpratama, M. (2021). Peningkatan Usaha dan Inovasi pada Industri Kecil dan Menengah (IKM) Produk Mekaya Losarang Kabupaten Indramayu. KANGMAS: Karya Ilmiah Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.37010/kangmas.v2i2.327
Yuliaty, T., Shafira, C. S., & Akbar, M. R. (2020). Strategi UMKM Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Global. MBIA. https://doi.org/10.33557/mbia.v19i3.1167