Pengaruh Strategi Pemasaran dan Transformasi Digital Terhadap Kepuasan Pelanggan Roemah Lamdoek Cafe Makassar
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh transformasi digital dan strategi pemasaran terhadap kepuasan pelanggan di Roemah Lamdoek Cafe Makassar. Dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat di industri kopi, penerapan strategi pemasaran yang efektif dan transformasi digital menjadi kunci untuk mempertahankan keunggulan kompetitif. Metode penelitian yang digunakan adalah desain penelitian asosiatif dengan pendekatan hubungan kausal, menggunakan sampel sebanyak 30 pelanggan yang diambil secara stratified random sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan skala Likert dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transformasi digital dan strategi pemasaran memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Transformasi digital meningkatkan efisiensi operasional dan pengalaman pelanggan, sementara strategi pemasaran yang tepat membantu menjaga daya saing. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa 53% kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh kedua variabel tersebut. Penelitian ini menyarankan agar Roemah Lamdoek Cafe terus mengoptimalkan teknologi digital dan menyesuaikan strategi pemasaran sesuai tren pasar untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Dengan demikian, kafe ini dapat mempertahankan relevansi dan daya tariknya di pasar yang dinamis.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Amalia, N. R., Yulianti, F., & Kadir, A. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Cafe Bree Sweetandfreeze Banjarmasin (Menggunakan Analisis SWOT). Jurnal Rimba: Riset Ilmu …, 1(3), 41–48. https://journal.arimbi.or.id/index.php/Rimba/article/view/85%0Ahttps://journal.arimbi.or.id/index.php/Rimba/article/download/85/76
Andira, H., & Sundari, E. (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran Syariah Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Toko Herbal Az-Zahra Kota Dumai. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 4(2), 335–344. https://doi.org/10.25299/jtb.2021.vol4(2).7421
Ayu, S., & Rosli, M. S. Bin. (2020). Uji Reliabilitas Instrumen Penggunaan SPADA (Sistem Pembelajaran dalam Jaringan). Biormatika, 6(1), 145–155.
Daraz, U., Wu, J., Alomair, M. A., & Aldoghan, L. A. (2024). New classes of difference cum-ratio-type exponential estimators for a finite population variance in stratified random sampling. Heliyon, 10(13), e33402. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e33402
Fitrianti, D., & Mujanah, S. (2024). Transformasi Manageria Transformasi Manageria. 4(1), 344–357. https://doi.org/10.47476/manageria.v4i1.6673
Gultom, D. K., Arif, M., & Muhammad Fahmi. (2020). Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan. Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan, 3(2), 273–282.
Ibrahim Rauf, D., Heri Pratikto, & Agung Winarno. (2022). The Effect Of Entrepreneurship Education, Self-Efficiency, and Gender On Entrepreneurship Intention Through Entrepreneurship Attitude ( Study in Management Study Program Students, Faculty of Economics Universitas Negeri Makassar). International Journal Of Humanities Education and Social Sciences, 2(1). https://doi.org/10.55227/ijhess.v2i1.237
Machin, et al. “Keberlanjutan UMKM Di Jawa Barat Di Tinjau Dari New-Era Business : Transformasi Digital, Dividen Digital, Dan Kewirausahaan.” Jurnal Bisnisman : Riset Bisnis Dan Manajemen, vol. 5, no. 1, 2023, pp. 01–15, https://doi.org/10.52005/bisnisman.v5i1.130.
Maura, M. F., Irsyandi, M. F., & ... (2024). Analisis Transformasi Digital dalam Industri Kafe Studi Kasus Tracafe. shop. … : Indonesian Journal of …, 2, 354–361. http://journal.csspublishing.com/index.php/ijm/article/view/799%0Ahttp://journal.csspublishing.com/index.php/ijm/article/download/799/588
Mulyana, F. R., Suherman, A., Mahendra, A., Subarjah, H., & Hidayat, Y. (2023). Enhancing social skills: Reliability and validity of the Indonesian version of SSIS-RS among physical education students. Journal Sport Area, 9(1), 11–19. https://doi.org/10.25299/sportarea.2024.vol9(1).13492
Musak, D., Loindong, S. S. R., Pendidikan, P., Karir, P., & Penilaian, D. A. N. (2024). PELAYANAN TERPADU SATU PINTU PROVINSI SULAWESI UTARA THE INFLUENCE OF EDUCATION , CAREER DEVELOPMENT AND WORK PERFORMANCE ASSESSMENT ON EMPLOYEE PERFORMANCE AT THE NORTH SULAWESI PROVINCE INVESTMENT AND ONE-STOP INTEGRATED SERVICES OFFICE Jurnal EMBA Vol . 12(3), 1171–1181.
N.N.R. Suasih, P.Y.Wijaya, I. M. E. K. Yudha. “Keyfactors Transformasi Digital UMKM.” Akuntasi Dan Pajak, vol. 22, no. 2, 2022, pp. 1060–66.
Pertiwi, N. P., & Nirawati, L. (2024). Analisis Penerapan Aplikasi Transformasi Digital PLN Mobile Guna Meningkatkan Kinerja Karyawan dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Surabaya Barat. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(6), 4367–4376. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i6.1739
Rinaldi, M., & Nanang Prayudyanto, M. (2021). Persepsi Masyarakat Terhadap Tingkat Kepuasan Pelayanan Bus Transjabodetabek Dengan Metode Uji Asumsi Klasik Dan Uji Regresi Linear Berganda. Seminar Nasional Ketekniksipilan, 1(1), 2021.
Sope, A. S. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 1(2), 87–100. https://doi.org/10.62421/jibema.v1i2.56
Winasis, S., Riyanto, S., Perbankan, I., & Kerja, S. (1905). Transformasi Digital di Industri Perbankan Indonesia : Impak pada Stress Kerja Karyawan. https://doi.org/10.1905/iqtishadia.v7i1.3162