Strategi Pemberdayaan UMKM Melalui Inovasi Kemasan Produk
Main Article Content
Abstract
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memainkan peran penting dalam perekonomian nasional, menjadi pilar utama di banyak negara termasuk Indonesia. UMKM berkontribusi signifikan terhadap Produk Domestik Bruto (PDB), lapangan kerja, dan kesejahteraan ekonomi. Data dari Kementerian Koperasi dan UKM menunjukkan UMKM menyumbang sekitar 60,5% dari PDB dan menyerap lebih dari 96,9% angkatan kerja di Indonesia. Untuk mencapai pertumbuhan ekonomi inklusif dan lestari, penguatan sektor UMKM sangat diperlukan. Di era globalisasi dan digitalisasi, persaingan yang ketat menuntut inovasi sebagai kunci kelangsungan UMKM. Inovasi dibutuhkan dalam produk, layanan, proses bisnis, distribusi, dan promosi. Hal ini memungkinkan UMKM tetap kompetitif, menjangkau pasar lebih luas, dan memenuhi kebutuhan konsumen yang beragam dan berubah. Inovasi produk, termasuk kemasan, berperan penting dalam kesuksesan UMKM. Kemasan tidak hanya melindungi produk, tetapi juga menjadi strategi pemasaran yang efektif. Perubahan kemasan dapat meningkatkan nilai produk, menarik minat pembeli, dan membedakan produk dari pesaing. Kemasan inovatif juga mencerminkan identitas merek dan kualitas serta ramah lingkungan. Dengan inovasi kemasan produk, UMKM dapat meningkatkan daya tahan bisnis dan bersaing di pasar.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Buchari, A., & Nurcahya, E. (2021). Pengembangan Strategi Pemasaran Melalui Digitalisasi Pada Era New Normal Di Kelurahan Kebon Baru Kota Cirebon. Sawala : Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, 2(1), 56. https://doi.org/10.24198/sawala.v2i1.30231
Budiarto, Rachmawan, Susetyo Haryo Putero, dan H. S. (2015). Pengembangan UMKM: Antara Konseptual dan Pengalaman Praktis. Gajah Mada University Press.
Cyasmoro, V., & Talumantak, R. (2021). Inovasi Pemasaran dan Inovasi Kemasan Produk Meningkatkan Kinerja Pemasaran UMKM Makanan dan Minuman di Pasar Lama Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 10565–10557. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2666
Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1–6.
Hidayat, A., Lesmana, S., & Latifah, Z. (2022). Peran Umkm (Usaha, Mikro, Kecil, Menengah) Dalam Pembangunan Ekonomi Nasional. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(6), 6707–6714.
Irawan, D., & Affan, M. W. (2020). Pendampingan Branding Dan Packaging Umkm Ikatan Pengusaha Aisyiyah Di Kota Malang. Jurnal Pengabdian Dan Peningkatan Mutu Masyarakat (Janayu), 1(1), 32–36. https://doi.org/10.22219/janayu.v1i1.11188
Munthe, A., M. Yarham, & Ridwana Siregar. (2023). Peranan Usaha Mikro Kecil Menengah Terhadap Perekonomian Indonesia. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi, 2(3), 593–614. https://doi.org/10.61930/jebmak.v2i3.321
Prabowo, M. N. D., & Gamaputra, G. (2023). Strategi Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah Melalui Aplikasi E-Peken Pada Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan Kota Surabaya The Strategy For Empowerment Of Micro Small and Medium Enterprises Through E-Peken Application In Departem. Jurnal Inovasi Administrasi Negara Terapan (Inovant), 1(1), 137–150. https://journal.unesa.ac.id/index.php/innovant/article/view/25873
Putra, A. H. (2018). Peran Umkm Dalam Pembangunan Dan Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Blora. Jurnal Analisa Sosiologi, 5(2). https://doi.org/10.20961/jas.v5i2.18162
Rahmadi. (2018). Pengantar Metodologi Penelitian. In Antasari Press. https://idr.uin-antasari.ac.id/10670/1/PENGANTAR METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Rizka, A. (2023). Inovasi Kemasan Produk dan Pelabelan Untuk Menciptakan Nilai Tambah pada Produk UMKM Dapur Keysha di Desa Mranggonlawang. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPPMI), 2(3), 51–57.
Royyan, I. A., & Pujiastuti, C. (2024). Inovasi Kemasan Produk Kerupuk Kulit Kopi di Desa Galengdowo, Kabupaten Jombang. Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1), 346. https://doi.org/10.62411/ja.v7i1.1910
Sufaidah, S., Munawwarah, Aminah, N., Ayu Prasasti, M., & Oktavianti, D. (2022). Pengembangan Kualitas Produk UMKM Melalui Inovasi Kemasan dan Digital Marketing. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 152–156.