Analisa Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening pada Klaim Asuransi Kendaraan Bermotor PT. Asuransi Sahabat Artha Proteksi Jakarta
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan, citra perusahaan, dan kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui kepuasan konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen dengan nilai regresi 0,486. Citra perusahaan juga menunjukkan pengaruh positif terhadap loyalitas konsumen dengan nilai regresi 0,337. Sebaliknya, kepuasan konsumen tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas, dengan nilai regresi negatif sebesar -0,047. Kualitas layanan terbukti berdampak signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai regresi 0,456, sementara citra perusahaan justru menunjukkan pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai regresi -0,142. Secara tidak langsung, kualitas layanan dan citra perusahaan tetap memberikan dampak positif terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen, dengan total pengaruh masing-masing sebesar 0,465 dan 0,343. Temuan ini menegaskan pentingnya peningkatan kualitas layanan dan penguatan citra perusahaan dalam membangun loyalitas konsumen.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Agustin, H. 2018. Sistem Informasi Manajemen. Jurnal Tabarru. Vol 1 (1).
Bambang, dan Wahyudi. T.A, Analisis pengaruh citra perusahaan dan kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan, Jurnal Manajemen Strategi dan Aplikasi Bisnis, Vol 2, No.1, April 2019, pp. 61 – 70.
Dewi Kusuma, Hilda. 2018. Pengaruh Kualitas Layanan &Citra Perusahaan terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan Sebagai Intervening Variable (Studi Kasus Pada BPRS Suriyah Semarang. Tesis pada Institut Agama Islam Negeri Salatiga.
Farooq, Qamar. et al. (2019). A Review of Management and Importance of E-Commerce Implementation in Service Delivery of Private Express Enterprises of China. Jurnal disajikan dalam SAGE Open, January – March 2019.
Kotler, P, & Keller, L. K., 2016. Marketing Manajemen. USA: Pearson Education Limited.
Rozy Fauzana, dan Putu Nina Madiawati, Pengaruh Kualitas Layanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Konsumen Lion Air di Kota Bandung Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening, Menara Ekonomi, Fakultas Ekonomi UMSB, Volume VI, No. 1 – Oktober 2020.
Sekaran, Uma, dan Roger Bogie, (2017), Metode Penelitian Untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan-Keahlian, Edisi 6, Buku 1, Salemba Empat, Jakarta Selatan
Siswadi, F. Muharam, H. Hannan, S. 2018. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Studi pada Perpustakaan Institut Pertanian Bogor). Jurnal Pustakawan Indonesia, Vol. 18 No. 1.
Sufrin Hannan, Budi Suharjo, Rita Nurmalina dan Kirbrandoko. 2016. The Influence of Perceived Quality, Perceived Value, And Customer Expectation on Customer Satisfaction: An Empirical Study on Independent Surveyor Industry in Indonesia. IJABER, Vol. 14, No. 2 (2016): 603-613
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.
Wantara, Pribanus. 2015. The Relationship between Quality of Service, Customer Satisfaction, and Customer Loyalty in the Library Service. International journal of Economics and Financial Issues, Number 5 (Special Issue) 264-269.