Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen dalam Keputusan Pembelian Sepeda Motor Listrik di Jakarta

Main Article Content

Fajri Harahap
Usep Suhud
Nofriska Krissanya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan konsumen produk sepeda motor listrik di wilayah DKI Jakarta. Fokus utama penelitian adalah mengkaji hubungan antar price perception, service quality, product quality, dan purchase decision terhadap customer satisfaction. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang berisi pertanyaan tertutup dengan skala penilaian. Populasi dalam penelitian ini adalah individu berusia 18–60 tahun yang sudah pernah membeli produk sepeda motor listrik minimal 1 kali yang berada di DKI Jakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling, dengan total responden sebanyak 260 orang. Analisis data dilakukan dengan metode Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan perangkat lunak AMOS dan SPSS 25. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk membuktikan hipotesis yang dirancang mengenai adanya pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen yaitu customer satisfaction. Temuan penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan mengenai pengaruh masing-masing variabel terhadap kepuasan konsumen produk sepeda motor listrik dan dapat menjadi wawasan baru untuk industri produk sepeda motor listrik di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Harahap, F., Suhud, U., & Krissanya, N. (2025). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen dalam Keputusan Pembelian Sepeda Motor Listrik di Jakarta . EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 4(6), 9080–9091. https://doi.org/10.56799/ekoma.v4i6.10763
Section
Articles
Author Biographies

Fajri Harahap, Universitas Negeri Jakarta

Mahasiswa semester 8, prodi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Jakarta

Usep Suhud, Universitas Negeri Jakarta

Dosen S2 Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Jakarta

Nofriska Krissanya, Universitas Negeri Jakarta

Dosen S1 Pemasaran Digital, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Jakarta

References

Agustiar, D. (2024, January 16). Jumlah Kendaraan Listrik Di Indonesia Tembus 85 Ribu. IdnTimes.Https://www.Idntimes.com/Automotive/Motorbike/Dwi-Agustiar/Jumlah-Kendaraan-Listrik-Di-Indonesia-Tembus-85-Ribu

Akbar, T. S., Fitrah, Y., & Rafli, M. (2023). Pengaruh, Persepsi Harga, Persepsi Kualitas, Dan Loyalitas Merek Terhadap Minat Beli Pada Toko Online Shopee. Neraca Manajemen, Ekonomi, 3. Https://Doi.Org/10.8734/Mnmae.V1i2.359

Akbar, T. S., Fitrah, Y., & Rafli, M. (2023). Pengaruh, Persepsi Harga, Persepsi Kualitas, Dan Loyalitas Merek Terhadap Minat Beli Pada Toko Online Shopee. Neraca Manajemen, Ekonomi, 3. Https://Doi.Org/10.8734/Mnmae.V1i2.359

Arianto, N., Sabta, D., & Difa, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pt Nirwana Gemilang Property. In Jurnal Disrupsi Bisnis (Vol. 3, Issue 2).

Hafidh Fauzi, D. (2021). Determinasi Keputusan Pembelian Dan Pembelian Ulang (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan,

2(6). Https://Doi.Org/10.31933/Jimt.V2i6

Hair, J. F. ., Hult, G. T. M. ., Ringle, C. M. ., & Sarstedt, Marko. (2019). A Primer On Partial Least Squares Structural Equation Modeling (Pls-Sem). Sage.

Handayani, J., Deriawan, D., & Hendratni, T. W. (2020). Pengaruh Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Pada Kepuasan Konsumen. Journal Of Business And Banking, 10(1), 91.

Https://Doi.Org/10.14414/Jbb.V10i1.2261

Maharani, S. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pizza Hut. Iqtishadequity, 2(1).

Noor, F., Utari, W., & Mardi, N. W. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Serta Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Konsumen Produk Pt. Salim Ivomas Pratama Kecamatan Bojonegoro Kabupaten Bojonegoro). Jurnal Mitra Manajemen (Jmm Online), 4(4), 581–594.

Peng, R., Tang, J. H. C. G., Yang, X., Meng, M., Zhang, J., & Zhuge, C. (2024). Investigating The Factors Influencing The Electric Vehicle Market Share: A Comparative Study Of The European Union And United States. Applied Energy, 355, 122327. Https://Doi.Org/10.1016/J.Apenergy.2023.122327

Permata Sari, D. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Kualitas Produk, Harga Kompetitif, Lokasi (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(4). Https://Doi.Org/10.31933/Jimt.V2i4

Sürücü, L., Yikilmaz, I., & Güleryüz, I. (2023). Workplace Ostracism: Impact On Psychological Distress, Counter-Productive Work Behavior, And Turnover Intention. Sektör Sosyal Ekonomi Dergisi. Https://Doi.Org/10.15659/3.Sektor- Sosyal-Ekonomi.23.08.2136

Taherdoost, H. (2019). What Is The Best Response Scale For Survey And Questionnaire Design; Review Of Different Lengths Of Rating Scale / Attitude Scale / Likert Scale. In International Journal Of Academic Research In Management (Ijarm) (Vol. 8, Issue 1).

Tarki, A. (2020). Evidence-Based Recruiting: How To Build A Company Of Star Performers Through Systematic And Repeatable Hiring Practices: How To Build A Company Of Star Performers Through Systematic And Repeatable Hiring Practices. Mcgraw Hill Professional.

Wardania, K. A. P., Reinaldy, R. F., & Tyas, P. I. (2022). Analisis Faktor-Faktor Keputusan Pembelian Makanan Dengan Menggunakan Jasa Shopeefood. Jurnal Kajian Keislaman Multi-Perspektif, 2(1).

Yasri, Y., Susanto, P., Hoque, M. E., & Gusti, M. A. (2020). Price Perception And Price Appearance On Repurchase Intention Of Gen Y: Do Brand Experience And Brand Preference Mediate? Heliyon, 6(11). Https://Doi.Org/10.1016/J.Heliyon.2020.E05532