Pengaruh Inovasi Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan GoFood

Main Article Content

Raisyah Nurul Arifah
Saskiya Agrifa Br. Tarigan
Sheila Asokawati
Firli Al Kautsar

Abstract

Petumbuhan jasa transportasi online di Indonesia sangat pesat, berkat kemudahan dan kecepatan penggunanya, terutama dalam hal komunikasi untuk pemesanan. Salah satunya adalah jasa food delivery. Aplikasi transportasi online yang popular di Indonesia saat ini adalah Gojek. Penyusunan penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui pengaruh inovasi layanan terhadap loyalitas pelanggan GoFood, yang merupakan fitur food delivery yang dimiliki Gojek. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif kausal komperatif, serta ukuran sampel yang berhasil dikumpulkan sebanyak 135 responden di wilayah Jabodetabek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi layanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan GoFood. Artinya, semakin baik inovasi layanan yang diberikan, maka semakin tinggi tingkat loyalitas pelanggan. Temuan ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi pihak GoFood untuk terus berinovasi dalam meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Arifah, R. N., Tarigan, S. A. B., Asokawati, S., & Kautsar, F. A. (2025). Pengaruh Inovasi Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan GoFood. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 4(5), 8164–8174. https://doi.org/10.56799/ekoma.v4i5.10726
Section
Articles

References

Alshibly, H. H. (2015). Customer Perceived Value in Social Commerce: An Exploration of Its Antecedents and Consequences. Journal of Management Research, Volume 7, 17–37.

Arshad, A. M., & Su, Q. (2015). Interlinking Service Delivery Innovation And Service Quality: A Conceptual Framework. Journal of Applied Business Research (JABR), Volume 31, 1807–1822. https://doi.org/https://doi.org/10.19030/jabr.v31i5.9393

Bill Clinten, W. K. P. (2022). Saat Pengguna GoFood dan GrabFood Keluhkan Tingginya Selisih Harga di Aplikasi dengan Resto... Kompas. https://tekno.kompas.com/read/2022/06/27/08000067/saat-pengguna-gofood-dan-grabfood-keluhkan-tingginya-selisih-harga-di-aplikasi

Delafrooz, N., Taleghani, M., & Taghineghad, M. (2013). The Impact of Service Innovation on Consumer Satisfaction. International Journal of Marketing and Technology, 3(2).

Dhewanto, W., Mulyaningsih, H., Permatasari, A., Anggadwita, G., & Ameka, I. (2013). Inovasi dan Kewirausahaan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Kanwal, R., & Yousaf, S. (2019). Impact of Service Innovation on Customer Satisfaction: An Evidence from Pakistani Banking Industry. Emerging Economy Studies, 5(2), 125–140. https://doi.org/10.1177/0976747919870876

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management. Upper Saddle River. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&opi=89978449&url=https://eprints.upjb.ac.id/id/eprint/196/1/Marketing%2520Management,%252014th%2520Edition%2520by%2520Philip%2520Kotler,%2520Kevin%2520Lane%2520Keller%2520(z-lib.org).pdf&ved=2ahUKEwi0mJbS8KeOAxWHzDgGHU1pHaYQFnoECBYQAQ&usg=AOvVaw2KMu2QO5Js5TEgZKhLBQQp

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Pearson Education, Inc.

Louisria, R. N. A., & Mirza, N. D. A. (2023). Pe n garuh i n ovasi laya n a n terhadap loyalitas pela n gga n de n ga n kepuasa n pela n gga n sebagai variabel (Vol. 2, Issue 3).

Santika, E. F. (2024). Aplikasi Transportasi Online Terbanyak Diunduh di RI 2023, Gojek Juaranya. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/teknologi-telekomunikasi/statistik/4e49e3af7a225fe/aplikasi-transportasi-online-terbanyak-diunduh-di-ri-2023-gojek-juaranya

Setiawan, W. (2017). Era Digital dan Tantangannya. https://core.ac.uk/reader/87779963

Zeithamal, V. A. (1988). Consumer Perceptions of Price, Quality, and Value: A Means-End Model and Synthesis of Evidence. SageJournals. https://journals.sagepub.com/doi/10.1177/002224298805200302