Faktor Yang Dipertimbangkan Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Momoyo Di Aplikasi Tiktok (Studi Kasus Pada Outlet Mmomoyo Coyudan)
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian produk Momoyo di Aplikasi TikTok, dengan fokus pada variabel brand image, harga, promosi, dan keputusan pembelian. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus melaui wawancara mendalam terhadap beberapa narasumber, yaitu kepala toko, karyawan, serta konsumen dari generasi milenial dan generasi Z yang pernah melakukan pembelian produk Momoyo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image, harga, dan promosi menjadi faktor kuat yang memengaruhi keputusan pembelian konsumen di TikTok. Temuan ini memberikan rekomendasi bagi pelaku usaha untuk memperkuat strategi pemasaran digital di TikTok dengan memaksimalkan branding, harga kompetitif dan konten promosi yang menarik.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Agustina, Rennie, Hichmaed Tachta Hinggo, and Hammam Zaki. 2023. “Pengaruh Brand Ambassador, E-Wom, Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Erigo.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Merdeka EMBA 2(1):433–45.
Apriliani, Deta Putri, Sri Nuringwahyu, and Dadang Krisdianto. 2022. “Pengaruh Promosi, Citra Toko, Dan Potongan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (studi Pada Konsumen Bahrul Maghfiroh Mart).” JIAGABI (Jurnal Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis) 11(2):202–11.
Laisina, Nicholas Jeremias Matthew, and Edvin Fairliantina. 2022. “Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga Dan Brand Image Terhadap Keputusan Membeli Di Kopi Kenangan Pasar Minggu.” Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin 1(4):180–89.
Lestari, Ayu, and Nuri Aslami. 2022. “Perilaku Konsumen Asuransi terhadap Keputusan Pembelian.” Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan dan Agama Islam 21(1):34–42. doi:10.47467/mk.v21i1.873.
Megasari Manik, Cindy, and Onan Marakali Siregar. 2022. “Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian pada Konsumen Starbucks di Kota Medan.” Journal of Social Research 1(7):694–707. doi:10.55324/josr.v1i7.134.
Ridwan, Puja Pratama. 2023.“Pecinta Es Krim Indonesia Didominasi Wanita - GoodStats.” https://goodstats.id/article/pecinta-es-krim-indonesia-didominasi-wanita-0l0iI.
Sari, Ramla. 2022. “Pengaruh Harga, Kualitas, Brand Image dan Pelayanan Terhadap Minat Beli Alat Eletronik Rumah Tangga di Kecamatan Natal Kabupaten Mandailing Natal dalam Konsep Ekonomi Islam.” JOVISHE : Journal of Visionary Sharia Economy 1(2):88–97. doi:10.57255/jovishe.v1i2.168.
Septiani, Tiara Putri, and Fajar Ramadhan. 2024. “Pengaruh Brand Image, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Mixue.” 8.
Simamora, Novita Sari. 2024.“Cek Perbandingan Harga Kemitraan Mixue Dan Momoyo, Ini Rinciannya.” https://entrepreneur.bisnis.com/read/20240423/263/1759834/cek-perbandingan-harga-kemitraan-mixue-dan-momoyo-ini-rinciannya.
Sinaga, Ricka Putri Yani Br, and Joan Yuliana Hutapea. 2022. “Analisis Pengaruh Brand Image, Harga, Dan Review Productterhadap Keputusan Pembelian Skincare Wardah Pada Mahasiswa Unai.” urnal Ekonomi, Sosial & Humaniora 3(8):12–25.
Suariedewi, I. Gusti Agung Ayu Mas, and I. Gusti Ayu Athina Wulandari. 2023. “Impact of Social Media Quality and Brand Awareness on Purchase Decision Mediated by Role of Brand Image.” TIJAB (The International Journal of Applied Business) 7(2):217–30. doi:10.20473/tijab.v7.I2.2023.46718.
Ulva, Dania, Nur Hidayati, and Ita Athiaa. 2022. “Pengaruh Brand Image Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung (Studi Pada Masyarakat Kabupaten Pamekasan).” E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen 11(21):1–10.
Waruwu, W. (2023). Pendekatan penelitian pendidikan: metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai , 7(1), 2896-2910.