Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMK Negeri 1 Palopo
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa di SMK Negeri 1 Palopo. PjBL merupakan pendekatan pembelajaran yang menekankan pada penyelesaian proyek nyata sebagai sarana untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, dan pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, yang melibatkan siswa dan guru yang terlibat dalam penerapan PjBL. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen yang terkait dengan pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PjBL berhasil meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, dengan adanya peningkatan dalam kemampuan siswa untuk menganalisis, mengevaluasi, dan menyusun argumen yang logis. Siswa juga lebih aktif berpartisipasi dalam diskusi dan kolaborasi kelompok, serta lebih percaya diri dalam menyampaikan pendapat dan ide. Selain itu, tantangan yang dihadapi selama penerapan PjBL meliputi pengelolaan waktu dan keterbatasan sumber daya. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan metode pembelajaran yang lebih efektif dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SMK, serta dapat dijadikan acuan bagi sekolah-sekolah lain dalam mengimplementasikan PjBL untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Elder, Linda, and Richard Paul. Critical thinking: Tools for taking charge of your learning and your life. Foundation for Critical Thinking, 2020.
Blumenfeld, Phyllis C., et al. "Motivating project-based learning: Sustaining the doing, supporting the learning." Educational psychologist 26.3-4 (1991): 369-398.
Khuwayrah, Safa. Elementary Students’ Perceptions Of Use Of Project-Based Learning In Germany. Diss. The British University In Dubai (Buid), 2018.
Pusparini, Septiwi Tri, Tonih Feronika, and Evi Sapinatul Bahriah. "Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem koloid." Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK) 8.1 (2018): 35-42.
Daniel, Farida. "kemampuan berpikir kritis siswa pada implementasi Project Based Learning (PJBL) berpendekatan saintifik." JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) 1.1 (2017): 7-13.
Patton, Michael Quinn. Qualitative research & evaluation methods: Integrating theory and practice. Sage publications, 2014.
Lestari, Siti, and Reni Permata Sari. "Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP." Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) 7.1 (2024): 2004-2011.
Ramadhan, Emira Hayatina, and Hindun Hindun. "Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Membantu Siswa Berpikir Kreatif." Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya 2.2 (2023): 43- 54.
Nababan, Damayanti, Alisia Klara Marpaung, and Angeli Koresy. "Strategi Pembelajaran Project Based Learning (PjBL)." Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora 2.2 (2023): 706-719.
Krajcik, Joseph S., and Phyllis C. Blumenfeld. Project-based learning. na, 2006.
Anggreni, Yosi Dwi, Festiyed Festiyed, and Asrizal Asrizal. "Meta-analisis pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik SMA." Pillar Of Physics Education 12.4 (2019).