Tantangan Pendidikan Karakter di Era Society 5.0
Main Article Content
Abstract
Keberhasilan seseorang 80% ditentukan oleh softskillnya hanya 20% dari kognitif. Artinya perilaku yang berkarakterlah yang memiliki peranan penting dalam keberhasilan individu. Pendidikan karakter pada dasarnya menitikberatkan pada sikap dan keterampilan dibandingkan ilmu pengetahuan. Melalui pendidikan karakter menjadikan pribadi yang lebih baik dalam menjalani kehidupan, dengan pondasi kuat yang tertanam sejak dini. Tujuan dalam penelitian ini mendeskripsikan hasil temuan dari analisis tantangan pendidikan karakter di era society 5.0. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif melalui riset (library research). Adapun instrument penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah adalah matrik jurnal dan dokumen. Prosedur Penelitian ada tiga tahapan yaitu planning, conducting dan reporting. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemudahan yang ada saat ini dalam mendapatkan berbagai informasi tidak semua memberikan dampak positif, tapi juga dengan pengaruh negatifnya. Perbedaan pandangan, budaya ditiap pribadu menjadi hal yang perlu mendapatkan perhatian khusus. Merangkul keberagaman keyakinan menjadi kekuatan perlu adanya generasi yang paham dan mau hidup berdampingan dalam keberangaman saat ini. Ketidak pedulian terhadap hak privasi dan perilaku yang tak pantas dapat dengan mudah merasuki pikiran anak-anak generasi yang belum cukup matang dalam membedakan mana baik dan mana buruk.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Ahmad, M. J., Adrian, H., & Arif, M. (2021). Pentingnya Menciptakan Pendidikan Karakter dalam Lingkungan Keluarga. 3(1).
Anisyah, N., Marwah, S., & Yumarni, V. (2023). Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Akhlak Anak Pra Sekolah. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 287–295. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.164
Devianti, R., Sari, S. L., & Bangsawan, I. (2020). Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini. 03(02).
Ismail, M. J. (2021). PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DAN MENJAGA KEBERSIHAN DI SEKOLAH. Guru Tua: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 59–68. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i1.67
Keban, Y. B. (2022). Pentingnya Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0. JURNAL REINHA, 13(1). https://doi.org/10.56358/ejr.v13i1.123
Khoirroni, I. A., Patinasarani, R., Hermayanti, N. I., & Santoso, G. (2023). Pendidikan Karakter: Tingkat Anak Sekolah Dasar di Era Digital. 02(02).
Kholilul Adzim, A. (2021). Konsep Pendidikan Karakter Anak Berbasis Keluarga Islami Era Society 5.0. JURNAL TA’LIMUNA, 10(01), 14–23.
Komara, E. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 2. Health Education, 4.
Mainuddin, M., Tobroni, T., & Nurhakim, Moh. (2023). Pemikiran Pendidikan Karakter AlGhazali, Lawrence Kolberg dan Thomas Lickona. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 283–290. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i2.563
Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital. ARRIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37. https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.439
Putri Sagala, K., Lamhot Naibaho, Djoys Anneke Rantung. (2024). Tantangan Pendidikan Karakter Di Era Digital. JURNAL KRIDATAMA SAINS DAN TEKNOLOGI, 6(1).
Robby dkk, S. K. I., Dina Abdilah2), Aiman Faiz3). (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Di Masa Pandemi Covid-19: Proses Pembelajaran Dan Hambatan. Jurnal Education and development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 10(1), 234–239.
Sapdi, R. M. (2023). Peran Guru dalam Membangun Pendidikan Karakter di Era Society 5.0. Jurnal Basicedu, 7(1), 993–1001. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4730
Triyanto, T. (2020). Peluang dan tantangan pendidikan karakter di era digital. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 17(2), 175–184. https://doi.org/10.21831/jc.v17i2.35476
Tuharea dkk, J., Maslan Abdin. (2021). Pembelajaran Nilai-Nilai Karakter: Tantangan Penanaman Nilai Karakter Melalui Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid 19. Untirta Civic Education Journal, 6(1), 28–39.
Widodo, H. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Di SD Muhammadiyah Macanan Sleman Yogyakarta. 22(1).
Yuniarto, B., Rivo Panji Yudha. (2021). Literasi Digital Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Menuju Era Society 5.0. Jurnal Edueksos The Journal of Social and Economic Education, X (2), 176–194