Pendampingan Program Tahsinul Qur’an Menggunakan Metode Baghdadi Di SMP Negeri 1 Padang Panjang
Main Article Content
Abstract
Tujuan pengabdian melalui pendampingan program tahsinul Qur’an ini adalah untuk meningkatkan kemampuan peserta didik di SMP Negeri 1 Padang Panjang dalam membaca dan memahami tajwid bacaan Al-Qur’an, sehingga dalam kesehariannya nanti peserta didik dapat menerapkan ilmu membaca Al-Qur’an yang baik dan benar, mencakup makharijul huruf, dan ahkamul huruf. Minimnya kesadaran dari peserta didik untuk bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar terlihat dari kemampuan dan hasil bacaan Al-Qur’an yang diucapkan oleh peserta didik. Berawal dari permasalahan ini, kemudian diberikan solusi berupa pendampingan program tahsinul Qur’an menggunakan metode baghdadi, sebagai upaya melatih peserta didik dalam membaca Al-Qur’an. Pelaksanaan pendampingan ini menggunakan metodologi ABCD (Asset Based Community Development) yang berorientasi pada pemberdayaan kemampuan dari peserta didik agar mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Pada program tahsinul Qur’an ini diterapkan metode baghdadi yang didukung dengan teknik pengulangan agar lebih fasih dalam membaca Al-Qur’an. Dalam penerapannya metode baghdadi memberikan hasil yang signifikan terhadap kemampuan memabaca Al-Qur’an peserta didik. Hasil dari pendampingan tahsin ini dari sebelumnya peserta didik belum tepat dan benar dalam membaca Al-Qur’an sekarang sudah dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai kaidah ilmu tajwid yang mencakup ahkamul huruf, dan makharijul huruf.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Afandi, A., dkk. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat (p.228). Surabaya: DPTKI Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama.
Assya’bani, R., Sari, A., Hafizah, E., Hasanah, F., & Marniyah, M. (2021). Pembelajaran Tajwid dan Tahsin Al-Qur’an dengan Metode Qira’ati di Rumah Belajar Mahasiswa KKN Desa Hambuku Hulu. Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1-12.
Fakhrurrozi., Rafli, A. F., Nazrian, A., Wijaksono, A., Saragih, F. A., & Shalihin, M. (2022). The Contribution of Tahsin to Increase Quality of Reading Al-Qur’an. Al-Arkhabiil: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 25-38. https://doi.org/10.51590/jpm_assunnah.v2i3.270.
Halimah, A., Adriansah, A., & Supendi, D. (2023). Pendampingan Belajar Tahsin Al-Qur’an untuk Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an pada Anak Usia SMP di Kampung Cihanjawar Kolot. PEDAMAS (Pengabdian kepada Masyarakat), 1(1), 32-41. https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/5.
Khoir, Z. Z., Karo, T. K., & Riyadi, S. (2021). Perbaikan Bacaan Al-Qur’an Melalui Kegiatan Tahsin Al-Qira’ah. WARAQAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 6(2), 19-26.
Qawi, Abdul. (2017). Peningkatan Prestasi Belajar Hafalan Al-Qur’an Melalui Metode Talaqqi di MTSN Gampong Teungoh Aceh Utara. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 16(2), 265-283. http://dx.doi.org/10.22373/jiif.v16i2.1327
Rizky, I., Lubis, K., & Harahap, H. S. (2022). Pelaksanaan Program Tahsin dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Membaca Tajwid di MTs Islamiyah. Tajribiyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 53-62. https://univamedan.ac.id/ejurnal/index.php/Tajribiyah/article/view/207.
Tumanggor, I., Ramadani, H., & Gunawan, C. (2022). Talaqqi and Takrir Methods in Improving the Quality of Reading & Memorizing the Qur’an. Al-Arkhabiil: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 19-27. https://doi.org/10.51590/jpm_assunnah.v2i2.284.
Putri, S. A. A., & Pasaribu, M. (2022). Cara Meningkatkan Kemampuan Bacaan Al Qur’an Melalui Metode Baghdadiyah di Kelas VIII-1 SMP Al Washliyah 30 Medan. Jurnal Masyarakat Indonesia (Jumas), 1(1), 1-8. https://doi.org/10.54209/jumas.v1i01.7
Al Mujib, A.N. (2024). METODE AL-BAGHDADI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL QUR’AN. Al Mujib: Jurnal Multidisipliner, 1(1), 39-51. https://doi.org/10.47902/almujib.v1i1.87.
Asfahani, A., & Hajar, I. (2023). Efektifitas Metode Bagdadiyah dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Siswa SMP : The Effectiveness of the Bagdadiyah Method in Reading Learning Al-Qur’an Students of SMP. Global Education Journal, 1(1), 15-26. https://doi.org/10.59525/gej.v1i1.137.
Fitriani & Rahmayana. (2024). Fenomenologi Proses Pembelajaran Program BTQ Melalui Metode Al-Baghdadi di Madrasah Tsanawiyah Swasta Bustanul Huda Langsa. QATHRUNA: Jurnal Keilmuan dan Pendidikan, 11(1), 34-43.
Muhammad. (2018). Metode Al Baghdadiyah: Metode Pembelajaran yang Efektif dalam Menanamkan Sikap Religius Siswa dan Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Al-Fatih: Jurnal Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 96-122. https://doi.org/10.30821/alfatih.v1i1.6.
Maman., Muhajir., & Syafe’I, Z. (2021). The Effectiveness of The Al Baghdadi Method in Reciting The Muqatha’ah Letters at The Beginning of The Surah With The Ahkamus Shaut Approach. International Journal of Nusantara Muslim, 9(2), 394-402. https://doi.org/10.15575/ijni.v9i2.16509.
Samsi, S. (2021). Perbandingan Metode Iqro’ dan Bagdadiyah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Peserta Didik Kelas VII di SMPN 5 Duampanua Kabupaten Pinrang. (Doctoral Dissertation). IAIN Parepare.