Pendampingan Program Tahsinul Qur’an Menggunakan Metode Baghdadi Di SMP Negeri 1 Padang Panjang

Main Article Content

Nurfadhilah
Martin Kustati
Gusmirawati
Rezki Amelia

Abstract

Tujuan pengabdian melalui pendampingan program tahsinul Qur’an ini adalah untuk meningkatkan kemampuan peserta didik di SMP Negeri 1 Padang Panjang dalam membaca dan memahami tajwid bacaan Al-Qur’an, sehingga dalam kesehariannya nanti peserta didik dapat menerapkan ilmu membaca Al-Qur’an yang baik dan benar, mencakup makharijul huruf, dan ahkamul huruf. Minimnya kesadaran dari peserta didik untuk bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar terlihat dari kemampuan dan hasil bacaan Al-Qur’an yang diucapkan oleh peserta didik. Berawal dari permasalahan ini, kemudian diberikan solusi berupa pendampingan program tahsinul Qur’an menggunakan metode baghdadi, sebagai upaya melatih peserta didik dalam membaca Al-Qur’an. Pelaksanaan pendampingan ini menggunakan metodologi ABCD (Asset Based Community Development) yang berorientasi pada pemberdayaan kemampuan dari peserta didik agar mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Pada program tahsinul Qur’an ini diterapkan metode baghdadi yang didukung dengan teknik pengulangan agar lebih fasih dalam membaca Al-Qur’an. Dalam penerapannya metode baghdadi memberikan hasil yang signifikan terhadap kemampuan memabaca Al-Qur’an peserta didik. Hasil dari pendampingan tahsin ini dari sebelumnya peserta didik belum tepat dan benar dalam membaca Al-Qur’an sekarang sudah dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai kaidah ilmu tajwid yang mencakup ahkamul huruf, dan makharijul huruf.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nurfadhilah, Martin Kustati, Gusmirawati, & Rezki Amelia. (2024). Pendampingan Program Tahsinul Qur’an Menggunakan Metode Baghdadi Di SMP Negeri 1 Padang Panjang . ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(12), 78–85. https://doi.org/10.56799/jim.v3i12.5998
Section
Articles

References

Afandi, A., dkk. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat (p.228). Surabaya: DPTKI Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama.

Assya’bani, R., Sari, A., Hafizah, E., Hasanah, F., & Marniyah, M. (2021). Pembelajaran Tajwid dan Tahsin Al-Qur’an dengan Metode Qira’ati di Rumah Belajar Mahasiswa KKN Desa Hambuku Hulu. Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1-12.

Fakhrurrozi., Rafli, A. F., Nazrian, A., Wijaksono, A., Saragih, F. A., & Shalihin, M. (2022). The Contribution of Tahsin to Increase Quality of Reading Al-Qur’an. Al-Arkhabiil: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 25-38. https://doi.org/10.51590/jpm_assunnah.v2i3.270.

Halimah, A., Adriansah, A., & Supendi, D. (2023). Pendampingan Belajar Tahsin Al-Qur’an untuk Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an pada Anak Usia SMP di Kampung Cihanjawar Kolot. PEDAMAS (Pengabdian kepada Masyarakat), 1(1), 32-41. https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/5.

Khoir, Z. Z., Karo, T. K., & Riyadi, S. (2021). Perbaikan Bacaan Al-Qur’an Melalui Kegiatan Tahsin Al-Qira’ah. WARAQAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 6(2), 19-26.

Qawi, Abdul. (2017). Peningkatan Prestasi Belajar Hafalan Al-Qur’an Melalui Metode Talaqqi di MTSN Gampong Teungoh Aceh Utara. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 16(2), 265-283. http://dx.doi.org/10.22373/jiif.v16i2.1327

Rizky, I., Lubis, K., & Harahap, H. S. (2022). Pelaksanaan Program Tahsin dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Membaca Tajwid di MTs Islamiyah. Tajribiyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 53-62. https://univamedan.ac.id/ejurnal/index.php/Tajribiyah/article/view/207.

Tumanggor, I., Ramadani, H., & Gunawan, C. (2022). Talaqqi and Takrir Methods in Improving the Quality of Reading & Memorizing the Qur’an. Al-Arkhabiil: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 19-27. https://doi.org/10.51590/jpm_assunnah.v2i2.284.

Putri, S. A. A., & Pasaribu, M. (2022). Cara Meningkatkan Kemampuan Bacaan Al Qur’an Melalui Metode Baghdadiyah di Kelas VIII-1 SMP Al Washliyah 30 Medan. Jurnal Masyarakat Indonesia (Jumas), 1(1), 1-8. https://doi.org/10.54209/jumas.v1i01.7

Al Mujib, A.N. (2024). METODE AL-BAGHDADI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL QUR’AN. Al Mujib: Jurnal Multidisipliner, 1(1), 39-51. https://doi.org/10.47902/almujib.v1i1.87.

Asfahani, A., & Hajar, I. (2023). Efektifitas Metode Bagdadiyah dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Siswa SMP : The Effectiveness of the Bagdadiyah Method in Reading Learning Al-Qur’an Students of SMP. Global Education Journal, 1(1), 15-26. https://doi.org/10.59525/gej.v1i1.137.

Fitriani & Rahmayana. (2024). Fenomenologi Proses Pembelajaran Program BTQ Melalui Metode Al-Baghdadi di Madrasah Tsanawiyah Swasta Bustanul Huda Langsa. QATHRUNA: Jurnal Keilmuan dan Pendidikan, 11(1), 34-43.

Muhammad. (2018). Metode Al Baghdadiyah: Metode Pembelajaran yang Efektif dalam Menanamkan Sikap Religius Siswa dan Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Al-Fatih: Jurnal Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 96-122. https://doi.org/10.30821/alfatih.v1i1.6.

Maman., Muhajir., & Syafe’I, Z. (2021). The Effectiveness of The Al Baghdadi Method in Reciting The Muqatha’ah Letters at The Beginning of The Surah With The Ahkamus Shaut Approach. International Journal of Nusantara Muslim, 9(2), 394-402. https://doi.org/10.15575/ijni.v9i2.16509.

Samsi, S. (2021). Perbandingan Metode Iqro’ dan Bagdadiyah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Peserta Didik Kelas VII di SMPN 5 Duampanua Kabupaten Pinrang. (Doctoral Dissertation). IAIN Parepare.